Mengintip Eksotisme Mandalika, Tuan Rumah MotoGP 2021



Nuansa eksotis dan tropis memang tidak bisa lepas dari kawasan Indonesia Timur. Apalagi setelah beberapa waktu lalu Presiden Jokowi sempat membuat sebuah video blog tentang Indonesia Timur, yakni Mandalika. Sejak video itu muncul, nama Mandalika sempat naik daun.


Mandalika sejatinya merupakan kawasan yang sedang diperhitungkan travelovers. Usai pembangunan Sirkuit Mandalika yang akan menjadi tuan rumah GP 2021, kawasan ini juga ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata. Artinya, Mandalika akan menjadi pusat pengembangan pariwisata di Lombok. Tapi, apa saja sebenarnya destinasi pariwisata di Mandalika ini? Nah, berikut ulasan TRAVELXISM mengenai eksotisme Mandalika.


Terbenam Bersama Sunset di Bukit Merese


Pesona Sunset di Bukit Merese

Foto: Mongabay

Bukan rahasia lagi kalau kawasan Indonesia Timur memiliki banyak perbukitan dan padang savana yang keren. Mandalika juga punya nih travelovers, namanya Bukit Merese. Bukit yang terletak di Jalan Kuta Lombok ini merupakan salah tempat terbaik menikmati matahari terbenam travelovers. Kalian bisa menikmati indahnya sinar jingga sore di ufuk barat dengan paduan pemandangan pantai yang luar biasa. Hembusan angin laut dan suara debur ombak menjadi bonus tak terhingga. Bayangin travelovers, betapa kerennya suasana di sana.


Menyusuri Goa Kotak


Pemandangan dari Gua Kotak

Foto: Tripzilla

Ini yang unik di Mandalika travelovers. Ada gua yang unik. Biasanya kalau biasanya gua berbentuk setengah lingkaran, di Mandalika bentuknya menjadi kotak atau persegi. Bukannya menghadirkan bentuk gua dengan lorong panjang yang lebar atau sempit, gua kotak ini malah menghadirkan gua dengan lorong berbentuk kubus travelovers. Unik bukan. Nah, di ujung lorong gua, kalian bisa mengintip atau duduk dengan pemandangan hamparan laut lepas yang bagusnya bukan main.


Bertabur Bintang di Batu Payung


Sky full of star in Batu Payung, Mandalika

Foto: Instagram Towzonglin

Bentuknya memang tidak seperti payung pada umumnya travelovers. Batu alami ini merupakan sebuah batu karang yang terdampar dipingir laut. Batu ini memiliki celah yang bisa digunakan untuk berteduh layaknya fungsi payung. Sehingga orang menyebutnya batu payung.


Keindahan batu ini sudah terkenal sampai ke mancanegara lho travelovers. Tidak jarang banyak yang menjadikan batu ini latar belakang untuk berfoto. Nah, waktu yang tepat untuk menikmati batu ini sebenarnya tidak ada, kapanpun kalian datang berkunjung batu ini akan selalu memukau. Namun, TRAVELXISM lebih menyarankan untuk datang pada malam hari. Sebab kalian bisa menyaksikan taburan bintang dan galaksi lainnya berpadu dengan batu payung ini. Sungguh malam kalian akan sangat indah di sana travelovers.


Jelajah Pantai


Pemdangan Pantai Seger dari atas bukit

Foto: Felgra Fotografi

Eksotis tidak hanya karena perbukitan, ada pantai yang juga menjadikan Mandalika semakin eksotis sebagai destinasi pariwisata. Setidaknya ada tiga pantai yang bisa TRAVELXISM rekomendasikan untuk menikmati birunya laut dan lembutnya pasir pantai.

Mereka adalah Pantai Kuta Mandalika yang terkenal dengan airnya yang bening dan biru serta pasir putinya yang lembut. Lalu bergeser ke Pantai Seger, dimana para wisatawan dapat melakukan kegiatan selancar dan menikmati pemandangan pantai dan perbukitan yang luar biasa. Di Pantai Seger ini biasanya juga diadakan Festival Bau Nyale setiap tahunnya. Terakhir, Pantai Tanjung Aan tempat Batu Payung bertengger. Pantai ini relatif lebih sepi dan masih sangat alami. Pemandangan pantai tentu tidak usah diragukan lagi. Indah sekali!


Melebur Bersama Warga Desa Adat Sade


Atraksi Budaya Masyarakat Suku Sasak

Foto: Janjalan Trip

Puas bermain bersama alam, saatnya berkunjung dan berbaur bersama warga setempat nih travelovers. Lombok memiliki suku asli yakni Suku Sasak. Nah Suku Sasak ini mendiami sebuah desa adat yakni Desa Adat Sade yang masih sarat akan tradisi. Travelovers bisa berjalan keliling desa dan melihat bangunan-bangunan tradisional di sana. Selain itu kalian juga bisa menyaksikan keseeharian warga desa dan menyatu bersama keramahan warga. Kalau ada kesempatan kalian juga bisa belajar tarian, permainan bahkan menenun kain khas Lombok, yakni songket. Kalian juga bisa belajar atau hanya sekedar mengintip proses pembuatan mulai dari awal hingga akhir. Menarik bukan!


Mandalika ini menurut TRAVELXISM merupakan tempat wisata yang sangat lengkap. Semuanya ada. Mulai dari wisata alam sampai budaya semuanya tersedia. Makanya, tidak heran pariwisata di sini digenjot habis-habisan. Ditambah pada 2021 nanti Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan MotoGP, maka pasti akan banyak wisatawan dari luar Indonesia yang datang dan berkunjung. Oleh karena itu, pemerintah gencar memperbaiki fasislitas dan infrastruktur pariwisata. Wah jadi tidak sabar untuk berkunjung ke Mandalika ya travelovers!/Ajeng/


#Mandalika #Lombok #NusaTenggaraBarat #IndonesiaTimur #EasternIndonesia #PantaiSeger #PantaiKutaMandalika #PantaiTanjungAan #BatuPayung #BukitMerese #GuaKotak #GuaKotakMandalika #SukuSasak #DesaAdatSade #TuanRumahGP2021 #MandalikaTuanRumahGP2021 #GP2021 #MotorGP2021 #MotorGP2021inMandalika #VisitMandalika #VisitIndonesia #VisitNusaTenggaraBarat #KEK #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #InfoWisataIndonesia #InfoWisataMandalika #InfoWisataNusaTenggaraBarat #InfoWisataNTB #Travelovers #Travelling #Travellers #Traveler #Traveller #KelilingIndonesia #Travelxism #InfoTravelxism #TravelxismDotCom

134 views