Menjaga Produtivitas Selama Work From Home

Diam di rumah selama masa isolasi diri dan harus mengerjakan segala pekerjaan di rumah, harus dilakukan saat ini. Pegawai swasta dan pegawai negeri sedang menjalankan kebijakan work from home (WFH). Kebijakan work from home merupakan salah satu langkah yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Kebijakan ini juga mendukung kebijakan social distancing yang sedang diberlakukan di Indonesia.

Travelovers yang sedang bekerja di rumah pasti juga merasakan bagaimana bekerja dari rumah memiliki tantangannya tersendiri. Kadang kita malah mulai kurang produktif atau terganggu dengan anggota keluarga atau tetangga yang bising. Travelovers, bisa banget nih baca artikel yang Travelxism buatkan untuk kamu supaya bisa kerja dengan nyaman dan efektif:


1. Miliki tempat Kerja khusus


Memiliki tempat kerja sendiri merupakan salah satu langkah yang bisa diikuti. Memiliki tempat kerja sendiri bukan berarti kamu harus membangun baru bangunan baru untuk menjadi tempat kerja kamu. Kamu bisa merubah kamar kamu menjadi tempat yang lebih nyaman untuk dijadikan tempat kerjamu. Bagi kamu yang tinggal di sebuah rumah yang memiliki ruangan yang banyak, bisa lho menjadikan salah satu ruanganmu menjadi tempat kerja pribadi.

Tempat kerja khusus mu pastikan nyaman ya, agar bisa membuatmu menjadi lebih efektif dalam bekerja. Oh iya! Yang terpenting ruang kerjamu bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan rekan atau tim kerja. Apalagi kalau di ruang kerja kamu bisa tidak menangkap suara keras dari luar.

2. Disiplin Waktu


Travelovers, ini penting sekali untuk disiplin waktu. Travelovers yang bekerja di rumah pasti mulai tergoda dengan menunda-nunda waktu untuk memulai bekerja. Ini adalah tantangan dan godaan yang paling besar lho. Maka, kamu harus displin waktu. Usahakan untuk memulai bekerja pada waktu yang sering kamu lakukan saat bekerja di kantor. Sama halnya ketika sedang istirahat makan siang, kamu juga bisa melakukan itu di rumah. Walaupun susah tetapi hal ini dipastikan dapat membuat kamu bekerja produktif dan efektif di rumah karena merasa seperti kerja di kantor.

3. Harus Tetap Rajin Mandi


Menjaga kebersihan tubuh itu penting lho Travelovers. Ketika kamu menjaga kebersihan dengan mandi, kamu akan merasa segar dan secara psikologis kamu juga merasa lebih siap untuk bekerja. Apalagi dengan menggunakan perfume dan berpakaian rapi seperti saat kerja, kamu akan lebih siap dan merasa seperti sedang bekerja.

Keuntungan lain saat kamu sudah segar dan menjaga kebersihan serta kerapian dirimu adalah kamu siap di segala waktu saat ada meeting atau harus berkomunikasi dengan tim atau kepala divisimu face-to-face melalui video call.

4. Jangan Terlentang, Please!


Tantangan terbesar satu lagi nih kalau work for home, terlentang atau rebahan!. Rebahan adalah awal dari kurangnya produktivitas kamu lho. Bila bekerja di kamar, kasur kamu serasa sedang memanggil-manggil kamu untuk rebahan. Kalau kamu tergoda, sangat memungkinan kamu tidak akan melanjutkan pekerjaan kamu.

Bukan hanya menjadi malas melanjutkan pekerjaan, rebahan juga bisa membuat tulang dan otot kamu sakit dan nyeri lho. Tulang punggung kamu juga bisa mnejadi sakit apalagi bagian leher, bisa-bisa menjadi ototnya menjadi tegang. Maka karena itu lebih baik saat bekerja duduk di meja kerja kamu.

Selama krisis Covid-19 ini terjadi, semoga Travelovers yang work from home selalu diberikan kesehatan dan bisa bekerja dengan produktivitas yang sama ketika sedang bekerja di kantor. Sedangkan kamu yang harus bekerja di luar rumah harus selalu jaga kesehatan dan kebersihan ya! Semoga kondisi dunia lebih membaik, dan Travelovers bisa kembali traveling dan bersosialisasi lagi. /Amor/


#MencegahCoronavirus #mencegahCovid19 #socialdistancing #Coronavirus #Covid19 #staysafe #Viruscorona #GodBless #travelxism #travelovers #keepsafe #keepsafeTraveling #quaratine #activities#kegiatanProduktif#workfromhome

20 views