Menyusuri Kebun Kopi Yang Bikin Gak Bisa Tidur!


Berbicara tentang kopi, Indonesia punya banyak perwakilan yang bisa menjelaskan kenikmatannya. Salah satu yang paling familiar adalah Kopi Gayo. Kopi yang dipetik langsung dari dataran tinggi Aceh ini memiliki aroma dan kenikmatan yang melegenda. Gayo adalah salah satu perwakilan arabika primadona Indonesia.


Takengon sudah lama menjadi jantung peradaban kopi gayo. Kopi adalah keluarga, sahabat, serta mata pencaharian bagi warga yang tinggal di Dataran Tinggi Gayo. Seluas mata menadang hanya ada hamparan hijau yang sesekali merah kala musim panen tiba. Dari Dataran Tinggi tersebut kita akan tahu bagaimana Arabika nikmat ini dibesarkan.


Menyibak Kebun Kopi Gayo


Datang ke Takengon kurang lengkap rasanya kalau tidak mampir ke dataran tinggi gayo untuk melihat kesegaran biji kopi langsung dari pohonnya. Kebun kopi seluas 100.000 hektar itu menghasilkan puluhan ton setiap tahunnya. Sejauh mata memandang hanya akan terlihat hijau dan merah dari buah kopi. Dingin dan sejuk hawa dataran tinggi semakin terasa saat memasuki kawasan kebun kopi. Tanah yang subur ini didukung dengan cuaca yang manis untuk bisa menghasilkan kopi yang melegenda. Di tanah seluas itu, kebun-kebun warga berhamburan di belakang rumah atau di pekarangan rumah.


Berjibaku dengan Petani Kopi


Pemandangan utama selain kopi yang bisa kalian temui di sini adalah petani kopi travelovers. Para petani kopi gayo ini kebanyakan adalah Suku Gayo, suku asli yang mendiami dataran tinggi gayo. Merekalah yang merawat dan membesarkan biji kopi gayo terbaik sehingga bisa disedu dengan nikmat. Kopi Gayo ini merupakan komoditas utama sekaligus sumber penghasilan utama warga dataran tinggi gayo. Sehingga sebisa mungkin mereka selalu bereksperimen menciptakan biji kopi terbaik. Para petani ini juga sangat ramah dan tidak pelit untuk berbagi ilmu. Jika kalian ingin belajar lebih jauh tentang kopi kalian mereka akan dengan senang hati untuk diajak berbincang.


Melihat Proses Pembuatan Kopi


Selain melihat senyum ramah para petani yang sedang merawat kebun kopi, kalian juga bisa ikut para petani ini pulang mengintip proses pembuatan kopi gayo lho Travelovers. Kalian bisa mampir ke pekarangan rumah warga untuk melihat proses pengeringan hingga proses seleksi biji kopi. Dengan keramahan khas Indonesia kalian akan dijamu dan diberikan ilmu yang sangat banyak tentang pengolahan kopi.


Mengintip Gudang Bersejarah


Yang menarik perhatian ketika datang ke dataran tinggi gayo bukan hanya kebun kopi dan kenikmatan biji kopi yang ditawarkan. Kalau sempat kalian juga harus singgah ke Gudang Kopi Aman Kuba yang sudah berusia hingga tiga generasi. Bangunan gudang kopi itu merupakan yang tertua di gayo. Di gudang bersejarah tersebut biasa dilakukan aktivitas penyimpanan dan penggilingan kopi. Bangunan ini bisa dikatakan adalah saksi mata kejayaan dan perjuangan kopi gayo travelovers.


Dulu Aman Kuba merupakan sosok pengusaha kopi gayo yang paling terkenal dan kaya-raya. Dia juga merupakan ekportir yang sukses, namuan seiring dengan perkembangan zaman, bisnis kopinya mulai redup karena tidak ada regenerasi dan beberapa gangguan lain. Hingga kini yang tersisa adalah gudang tua dan penggiling kopi buatan Jepang yang masih ada di dataran gayo.


Menikmati Seduhan Kopi Gayo


Dijamin kalian tidak akan merasakan lelah atau kantuk saat berkeliling di dataran tinggi gayo ini. Aroma dan kesegaran kopi dijamin akan membuat kalian semua terjaga travelovers. Kalau kurang puas mencium aroma kopi kalian bisa mencoba seduhan kopi gayo asli dari perkebunan gayo dan dinikmati di tengah rimbunya kebun kopi gayo. Wah asik ngga tuh? Di tengah perkebunan ini terdapat sebuah kedai kopi yang dibangun oleh pemuda gayo. Namanya Galeri Kopi dan berada di kawasan perkebunan kopi gayo milik keluarga. Rasa dan aroma kopinya tidak perlu diragukan, dibuat langsung oleh tangan si petani, sehingga rasanya menjadi lebih nikmat.


Nah travelovers, seperti yang TRAVELXISM bilang di awal, kopi gayo ini merupakan pusat penghidupan bagi warga dataran tinggi gayo. Menanam kopi adalah keahlian utama mereka. Maka saat kalian datang ke gayo, jangan lupa membeli biji kopi langsung dari tangan mereka. Bisa jadi kalian mampu menjadi penglaris kedai kopi di tengah kebun kopi gayo yang tenang dan nyaman. Di kebun gayo ini kalian dijamin tidak akan ngantuk, karena puas dengan aroma kopi, belum lagi ditambah seduhan kopi gayo yang nendang. Selamat Menikmati!/Ajeng/



#kopi #gayo #kopigayo #arabika #kopiaceh #perkebunankopi #kebunkopi #petanigayo #kebunkopigayo #galerikopi #takengon #takengongayo #arabicagayo #coffee #coffeegayo #kopiaceh #amazinfgayo #visitgayo #visitceh #datarantinggigayo #petanikopi #inodnesiancoffee #kopiindonesia #produksikopi #kopilokal #pesonagayo #pesonaIndonesia #wonderfulIndonesia #travelaceh #traveling #travelers #travellers #kelilinggayo #kelilingaceh #kelilingkebunkopigayo #travelovers #travelxism #travelxismdotcom #infotravelxism

75 views