• Travelxism

Mitos dan Sejarah di Balik Bukit Tidar, yang Terakhir Bikin Tercengang!

Konnichiwa, Travelovers! Setelah Mimin bahas wisata yang ada di Jogja, sekarang Mimin akan membahas cerita unik wisata Magelang yang tempatnya tepat di tengah Kota Magelang. Wisata tersebut menawarkan pesona alam dan wisata religi yang letaknya berada di ketinggian 503 Mdpl. Selain itu, Mimin akan mengajak kamu untuk membahas sejarah unik yang ada di wisata tersebut. Wisata itu ialah Bukit Tidar.


Nah, gimana? Kamu sudah mulai tertarik belum tentang sejarah di balik Bukit Tidar? Bukit Tidar merupakan wisata religi akulturasi antara makam Cina yang berada di lereng Bukit Tidar dan makam Islam berada di puncak Bukit Tidar. Kamu baru tahu, kan fakta tersebut? Mimin bakal bagikan beberapa fakta mengenai Bukit Tidar. Kuy, simak artikel ini sampai tuntas ya, Travelovers!


Nama Bukit Tidar yang Cukup Menyeramkan


Pemandangan Bukit Tidar dari Jauh

Sumber: Detikcom

Di balik pesona Bukit Tidar yang memukau, ternyata ada fakta yang menyeramkan, lho Travelovers! Fakta tersebut ialah kata tidar yang diambil dari penamaan bukit tersebut merupakan penggabungan antara 2 kata, yaitu mati dan modar. Kok bisa sih, diartikan mati dan modar? Hal ini karena terdapat kepercayaan yang berkembang di antara masyarakat setempat bahwa jika orang-orang berkunjung ke Bukit Tidar maka orang-orang tersebut tidak akan kembali dengan selamat.


Mengingat hal tersebut dan berdasarkan pengalaman ketika Mimin berkunjung ke Bukit Tidar, jarak tempuh dari kaki bukit menuju puncak bukit sangat jauh. Mimin dihadapkan oleh ratusan tangga yang bikin Mimin ngos-ngosan. Melihat keadaan sekarang dengan adanya tangga saja bikin ngos-ngosan apalagi zaman dahulu yang nggak ada tangga, ya Travelovers.


Selain itu, terdapat hal mistis yang dipercayai masyarakat, yaitu mereka percaya bahwa orang-orang yang tidak selamat tersebut karena diculik oleh makhluk ghaib. Tetapi Travelovers nggak perlu khawatir jika ingin berkunjung ke Bukit Tidar karena tempat tersebut sudah dikelola dengan baik dan dipastikan aman asal Kamu tetap mematuhi peraturan yang ada dan tetap jaga sikap.


Tempat Latihan AKMIL, Shaap!



Tugu yang Dibangun oleh AKMIL Magelang

Sumber: Magelangonline.com

Siapa di sini yang cita-citanya jadi Abdi Negara, hayo? Selain wisata religi ternyata Bukit Tidar merupakan sarang latihan para siswa Akademi Militer. Keberadaan Akademi Militer ini berada persis di sisi barat kaki Bukit Tidar. Dilansir dari Lipi.go.id, sebagian lahan di Gunung Tidar dimanfaatkan untuk kepentingan militer. Bahkan untuk menunjukkan betapa berartinya keberadaan gunung tersebut terhadap kegiatan militer di Kota Magelang, para taruna militer di sana dijuluki Macan Lembah Tidar.

Menurut Mimin wisata Bukit Tidar ini sangat cocok untuk Travelovers yang ingin olahraga. Selain itu, Mimin juga buat konten Tiktok di tempat Latihan Akmil tersebut, lho. Disarankan untuk Travelovers yang ingin datang ke sini, sebaiknya berangkat lebih pagi untuk mengejar hawa sejuk di Bukit Tidar tersebut.


Terpusatnya Tanah Jawa



Tugu SA-SA-SA di Puncak Tidar sebagai Simbol Paku Jawa

Sumber: change.org

Travelovers tahu nggak sih? Menurut mitos masyarakat setempat yang beredar, konon, dulu Pulau Jawa terbentuk seperti perahu yang selalu terombang-ambing oleh gelombang laut. Selain itu, dipercaya Bukit Tidar menjadi pusat kerajaan gaib di Pulau Jawa, karena begitu kuatnya kepercayaan masyarakat Jawa akan mitos tersebut saat itu, banyak ulama-ulama Agama Islam yang gagal untuk menyebarkan dakwah Islam di Pulau Jawa. Hingga akhirnya datang seorang ulama dari Persia yang hendak mensucikan Pulau Jawa dari kemusyrikan bangsa jin dan menyebarkan dakwah Islam di Pulau Jawa.

Ulama tersebut bernama Syekh Subakir. Saking saktinya beliau, Syekh Subakir hanya menancapkan tombak ke Bukit Tidar untuk mengusir para jin dari tanah Jawa dan mengungsi ke pulau selatan Jawa. Pindahnya para jin tersebut menyebabkan Sabda Palon yang merupakan pengasuh tanah jawa menampakkan diri dan menantang Syekh Subakir bertanding. Namun pertarungan berakhir seri hingga perjanjian damai terjadi saat Syekh Subakir menjelaskan niatnya kepada Sabda Palon untuk menyebarkan dakwah Islam di tanah Jawa. Niat ini pun akhirnya diterima baik oleh Sabda Palon.



Makam Syekh Subakir di Bukit Tidar

Sumber: jatengprov.go.id

Jika kamu pergi ke puncak Bukit Tidar, kamu akan menemukan tugu dengan simbol ‘Sa’ dalam huruf aksara Jawa di ketiga sisi yang menurut juru kunci setempat bermakna “Sapa, Salah, Seleh” yang artinya siapa yang salah akan ketahuan. Nah, tugu inilah Travelovers, yang dipercaya sebagai tombak yang ditancapkan oleh Syekh Subakir untuk mengusir bangsa jin dari tanah Jawa. Menarik nggak sih? Wisata yang memiliki sejarah unik selalu bisa memberikan sensasi berbeda dari liburan kamu. Sejarah tentu saja punya daya tariknya sendiri yang bisa membuat pengunjung takjub.


Piye lur? Seru, kan? Selain kamu berlibur melepas penat, kamu juga mendapatkan ilmu baru terkait sejarah di Bukit Tidar. Jika kamu berlibur di tempat wisata religi, Mimin sarankan untuk selalu taat terhadap aturan yang ada dan selalu menjaga sikap terhadap benda-benda bersejarah. Jadi, gimana? Travelovers udah kepikiran belum nih, akan berkunjung ke wisata sejarah mana?


Sumber:

Komunitaskotatoeamagelang. (2013, Januari 13). Pemakaman Tionghoa di Kota Magelang Jaman Belanda. https://kotatoeamagelang.wordpress.com/2013/01/27/pemakaman-tionghoa-di-kota-magelang-jaman-belanda/

Chelin Indra Sushmita. (2022, Maret 2015). Sejarah Nama Bukit Tidar Pakunya Tanah Jawa dari Mati lan Modar. https://www.solopos.com/sejarah-nama-gunung-tidar-pakunya-tanah-jawa-dari-mati-lan-modar/


/Iqbal Kurriana Putra - Peserta STIP Batch 2 - Universitas Jember/


141 views1 comment