Moore River, Sebuah Cinta yang Hanya di Pelupuk Mata



Photo credit: Redaksi Travelxism

Moore River, sebuah sungai yang terletak 90 km di utara kota Perth ini memiliki keindahan yang memukau. Sungai yang sangat bersih ini bisa membuat para wisatawan menghela nafas panjang dan merasakan kedamaian yang merasuk jiwa melalui siluet permukaan air sungai yang indah. Siluet yang bisa berwarna mulai dari biru laut, ungu, oranye, dan pink berubah tergantung dari pancaran sinar matahari di jam yang berbeda. Angin laut yang berhembus pun menyejukkan hati dan menghilangkan kepenatan sejenak. Moore River ini sangat unik. Sebuah sungai seharusnya selalu mengalir ke laut, tetapi tidak untuk Moore River. Sungai yang bisa dicapai dengan 1,5 jam dengan berkendara ini sangatlah berbeda dengan sungai kebanyakan. Sungai yang membentang sepanjang 193 kilometer ini, di hilir sungainya terpisahkan oleh gundukan pasir pantai di bibir pantai samudera Hindia. Moore River "ditakdirkan" untuk bersatu dengan Samudera Hindia hanya beberapa kali setahun. Seperti cinta yang hanya berada di pelupuk mata. Moore River dan Samudera Hindia hanya terpisahkan beberapa meter saja.


Photo credit: Redaksi Travelxism

Berwisata ke Moore River tidaklah sulit. Para wisatawan dapat berkendara selama kurang lebih 1,5 jam ke arah utara dari Perth CBD melalui Great Northern Highway. Sepanjang perjalanan, para wisatawan akan disuguhkan bermacam-macam keindahan vegetasi alam berupa hutan dan semak-semak (bush) sebelum sampai ke Moore River. Selain itu, jangan kaget ya jika di sebelah kiri dan kanan banyak ditemui kangguru yang mati. Memang, kangguru yang merupakan hewan asli Australia ini masih hidup dengan liar, dan biasanya menyeberang jalan raya. Ada sebuah pesan dari penduduk Australia, bahwa jika kita mengendarai mobil sejenis citycar yang kecil dan jika memungkinkan untuk berhenti mendadak, kita sebaiknya berhenti menginjak rem. Tentu saja kita juga harus perhatikan keadaan di belakang mobil. Jika ada mobil di belakang kita atau mobil kita berukuran cukup besar, tentu akan sangat membayakan jika kita berhenti mendadak dari kecepatan yang cukup tinggi yang dapat menyebabkan kendaraan kita terguling. Oleh karena itu, kangguru yang mendadak menyeberang biasanya akan langsung tertabrak terutama di malam hari karena minimnya penerangan di jalan raya.


Photo credit: Redaksi Travelxism

Sepanjang perjalanan menuju Moore River yang terletak di Desa Guilderton ini, wisatawan juga akan melewati gundukan padang pasir putih di Lancelin yang biasanya bisa untuk sandboarding. Sanddunes ini terlihat sangat jelas berada di sebelah kanan dan biasanya banyak wisatawan yang berkunjung baik sebelum atau sesudah mengunjungi Moore River ini. Di Moore River, para wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan wisata air mulai dari memancing, kayaking, bermain jetski, maupun sekedar berkeliling menelusuri sungai dengan kapal. Banyak juga wisatawan keluarga yang sekedar berkumpul dengan sanak saudara lainnya sekaligus barbequean yang merupakan kegiatan yang sangat sering ditemukan di Australia. Barbequean ini selain sudah menjadi tradisi, fasilitas pemanggang untuk dipakai untuk publikpun juga sudah disediakan oleh pemerintah Australia.

Jika berkunjung ke Australia Barat, tidak ada salahnya juga mengunjungi Moore River yang memang sudah takdirnya untuk jarang bertemu dengan Samudera Hindia. Mereka sudah ditakdirkan terpisah. Ibaratnya, cinta mereka hanya berada di pelupuk mata saja karena terpisah hanya beberapa meter. /Gilang Fauzi/

#MooreRiver #Lancelin #IndianOcean #River

65 views