MUST TRY, 5 Ecolodge Menyatu Dengan Alam

Bagi Travelovers yang gemar berpetualang di alam, kalian harus mencoba beberapa penginapan yang akan TRAVELXISM sajikan berikut ini. Memiliki konsep eco-friendy, sekarang beberapa pegiat pariwisata sudah mulai mengembangkan ecolodge yang ada di alam bebas. Jadi, para manusia rimba, kalian tidak perlu susah-susah mendirikan tenda lagi sekarang.


Ecolodge ini merupakan pondok-pondok inap yang dibangun di beberapa daerah konservasi atau di beberapa hutan rimba yang sangat dekat dengan alam. Di Indonesia bisnis ini mulai digemari. Hal ini terlihat dari mulai pesatnya beberapa pertumbuhan ecolodge di beberapa wilayah. Nah travelovers, keberadaan ecolodge ini sejatinya tidak hanya diharapkan dapat membawa keuntungan, namun juga dapat turut mendanai konservasi dan para wisatawan jadi bisa belajar bagaimana sebuah destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism bisa berlangsung. Berikut beberapa ecolodge yang menurut TRAVELXISM cocok untuk dikunjungi. Sesekali boleh lah mampir ke sana.


Rimba Orangutan Ecolodge


Rimba Orangutan Ecolodge berada di dekat Sekonyer, di tepi Taman Nasional Tanjung Puting. Lokasinya yang jauh dari peradaban membuat ecolodge satu ini hanya bisa diakses dengan perahu Klotok tradisional. Rimba Orangutan Ecolodge menawarkan pengalaman wisata langsung dengan primata asli Indonesia. Bangunanya terbuat dari kayu dan memiliki desain layaknya rumah pohon namun di tanah.


Dari kamar inap, kalian bisa menyaksikan Gibbons dan pasukan Macaque monyet memulai pagi. Alarm pagi kalian adalah kicau burung yang saling sambar menyambar. Kalian juga bisa melihat rombongan orang hutan yang bergelantung di pepohonan. Untuk menutup hari, kalian bisa menyaksikan keluarga Proboscis Monkeys menetap di atas pondok di pohon-pohon untuk tidur. Menarik bukan?


Kelimutu Crater Lakes Ecolodge


Nah travelovers, ecolodge selanjutnya adalah Kelimutu Crater Lakes Ecolodge yang berada di kawasan Danau Kalimutu. Ecolodge ini berada di bawah kaki Gunung Kalimutu, jadi suasananya masih sangat sejuk, indah dan ditambah bonus pemandangan alam pegunungan dan persawahan yang berpadu sangat epik. Bentuk ecolodge ini seperti rumah warga sehingga kalian bisa merasakan sensasi seperti menginap di rumah sendiri.


Begitu membuka mata dan pintu kamar, kalian akan disambut dengan hijau pemandangan gunung dan suara syahdu alam pedesaan. Selain itu di Kelimutu Crater Lakes Ecolodge ini juga terdapat perkebunan organic yang dikelola sendiri oleh pihak ecolodge. Tentu sana dengan warga sekitar sebagai pegawainya. Ecolodge ini benar-benar merupakan salah satu penginapan yang menerapkan sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan. Selain menjaga alam, mereka juga turut memberdayakan warga sekitar. Keren bukan?


Satwa Elephant Ecolodge


Satwa Sumatera Gajah Ecolodge merupakan penginapan eco-friendly yeng berada di Taman Nasional Way Kambas. Ecolodge satu ini merupakan penginapan yang tidak hanya digunakan untuk tempat istirahat namun juga fokus pada konservasi satwa liar.

Satwa Elephant Ecolodge ini didedikasikan untuk mendidik dan memberdayakan masyarakat lokal dalam konservasi jangka panjang dan pembangunan berkelanjutan. Ecolodge ini dijalankan sepenuhnya oleh penduduk desa setempat.


Mbeliling Mountain Ecolodge


Ecolodge yang satu ini juga berada di tengah hutan dan kawasan konservasi travelovers. Mbeliling Mountain Ecolodge berada di bahu Gunung Mbeliling dengan pemandangan barat adalah Kepulauan Komodo. Pondok inap yang satu ini memiliki bentuk seperti rumah panggung. Unik dan menarik.


Bagi pecinta satwa liar, ini adalah salah satu pondok-pondok birding terbaik. Dari tepat bermalam kalian, endemik Flores seperti Flores Hanging Bayan, Monarch Flores, Celepuk Flores dan Flores Crow adalah hal yang bisa kalian nikmati setiap hari.

Kalian akan memulai hari dengan kicau burung, pemandangan alam flores, berwisata dengan alam dan tracking, kemudian akan menutup hari dengan pemandangan senja di Labuan bajo. Wah menarik bukan.


Sarinbuana Ecolodge


Ecolodge yang satu ini terletak di Tabanan, Bali travelovers. Awalnya pondok ini hanya sebuah penginapan pribadi milik pasangan Selandia Baru. Letaknya di tengah rimbunan pohon kepala dan padang rumput jauh dari perkotaan. Tidak ada listrik mengalir di sana. Ecolodge ini dikelilingi oleh alam dan dipelihara oleh beberapa keluarga petani lokal. Namun pada tahun 2000 pembangunan bisnis ecolodge ini mulai berlangsung.


Bentuk bangunan ecolodge ini sangat unik. Menjulang tinggi sepadan dengan pohon kelapa. Sehingga jika berada di lantai atas kalian bisa meihat alam yang sangat luas. Menerapkan sistim berkelanjutan, organic dan eco-friendly, kalian bisa menemukan sensasi iburan yang berbeda di sini. Kalian akan menemukan sisi lain dari bali yang tenang dan nyaman. Menarik bukan?


Nah travelovers, itulah beberapa ecolodge yang sangat menerapkan sustainibilitas dalam pengelolaannya. Selain menjaga keselarasan lingkungan, melakukan perbaikan, dan konservasi, ecolodge ini juga sebisa mungkin mengurangi dampak limbah terhadap lingkungan. Selain itu mereka juga turut memberdayakan warga setempat dan mengangkat perekenomian mereka. Jadi tunggu apalagi, ayo rasakan sensasi liburan yang berbeda di ecolodge!



#Ecolodge #Ecohome #Homestay #Ecofriendly #EcoVilla #Penginapan #Penginapanramahlingkungan #MbelilingMountainEcolodge #SarinbuanaEcolodge #EcolodgeBali #EcolodgeSumatera #RimbaEcolodge #SatwaElephantEcolodge #Tourism #Destinations #Indonesia #Bali #Sumatera #Backtonature #Traveltonature #VisitIndonesia #WonderfulIndonesia #PesonaIndonesia #AmazingIndonesia #Travelovers #Travelxism #InfoTravelxism #TravelxismDotCom #InfoWisata #InfoPerjalanan #InfoPenginapan

84 views