MUST TRY! Tracking Seru Di Gunung Api Purba Yogyakarta

Sudah menjadi rahasia umum, kalau Indonesia merupakan surga bagi gugusan pegunungan. Pendaki sejati pasti sudah hafal betul bagaimana sensasi menjelajah gunung di Indonesia. Nah, bagi Travelovers yang ingin mencoba naik gunung tapi masih takut ketinggian, Travelxism akan beri saran nih. Travelovers bisa banget coba mendaki Gunung Api Purba di Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta. Gunung ini tidak terlalu tinggi kok travelovers, hanya 700 meter di atas permukaan laut.


Gunung Api Purba terletak di Desa Nglanggeran, Yogyakarta. Mengusung konsep geopark, Gunung Api Purba merupakan salah satu detinasi pariwisata berkelanjutan/sustainable tourism, sebab objek periwisata ini berusaha memberdayakan sumber daya alam dan manusia yang dimiliki. Dengan track yang aman, Gunung Api Purba sangat cocok sebagai wahana pelatihan bagi pendaki pemula.


Jalur dan Peralatan yang Aman

Saat hendak melakukan pendakian, masalah perlengkapan biasanya paling ribet. Butuh persiapan teliti agar tidak terjadi kesalahan. Tapi, bagi kalian yang ingin mencoba track Gunung Api Purba, tidak perlu khawatir. Kalian tidak harus membawa banyak perlengkapan, sebab gunung yang satu ini memiliki jalur pendakian yang tergolong mudah. Di setiap tracking pendakian, sudah disiapkan tali tambang dan anak tangga yang kokoh oleh pihak pengelola, untuk membantu para pendaki melewati setiap jalur yang ada. Mudah sekali kan travelovers. Kalau tim Travelxism bisa, tentu kalian juga bisa.

Foto: Fenta Fellana

Tangga kayu untuk membantu pendaki


Lorong Sempit Grand Canyon

Nah, saat travelovers sudah mulai mendaki, di 15 menit awal pendakian, Travelovers akan melewati lorong yang menarik. Konon, lorong ini mirip dengan Grand Canyon loh travelovers. Tim Travelxism sangat tertarik mencoba mendakinya! Keduanya sama sama merupakan lorong yang berasal dari bebatuan besar yang mengapit satu batu kecil. Bagi kalian yang pernah nonton film 127 Hour, gambaran lorong sempit Grand Canyon yang di lewati Aron si pemeran utama, mungkin bisa kalian rasakan di sana. Tapi, tetap harus hati-hati ya, sebab lorong ini hanya bisa dilewati oleh satu orang saja.

Foto: Fenta Fellana


Grand Canyon-nya Gunung Api Purba


Hamparan Hijau Di Atas Gunung

Total waktu yang diperlukan untuk mendaki gunung ini kurang lebih 50 – 60 menit travelovers. Dan, saat sudah sampai di puncak, dijamin lelah yang travelovers rasakan akan terbayar. Hamparan hijau pegunungan dan pepohonan terbentang luas sejauh mata memandang. Benar-benar pemandangan yang luar biasa travelovers. Selain hamparan hijau, travelovers juga bisa melihat Embung Nglanggeran, salah satu ekowisata/ecotourism dan pariwisata berkelanjutan/sustainable tourism Nglanggeran yang tidak kalah indah.

Foto: Njogja


Pemandangan dari atas Gunung Api Purba



Berburu Sunset

Nah, travelovers, biasanya para pendaki yang sudah sampai puncak juga tidak akan melewatkan kesempatan untuk menikmati sunset dari atas Gunung Api Purba. Sunset di Gunung Api Purba ini tidak kalah cantik lho dari tempat lain. Oleh karena itu, banyak juga yang datang untuk berburu sunset. Nah, sambil menunggu travelovers bisa melepas penat dengan istirahat di gazebo yang sudah disediakan.

Foto: Blog Reservasi


Senja di Puncak Gunung Api Purba


Suka Yang Menantang? Coba Ini

Satu hal yang juga khas dari Gunung Api Purba Yogyakarta adalah cliff swing. Bagi travelovers yang belum puas dengan tantangan tracking jalur pendakian, kalian bisa memacu adrenalin dengan bermain cliff swing. Dalam permainan ini, kalian akan dibawa menyebrang dan berayun di antara dua tebing Gunung Api Purba. Tentunya segala peralatan sudah aman dan bagi travelovers yang ingin bermain, kondisi badan harus fit ya. Yuk pacu adrenalin.

Foto: Jogja Adventure


Wahana Cliff Swing

Travelovers, itu tadi beberapa hal menarik tentang Gunung Api Purba Nglanggeran versi Travelxism. Travelovers tahu ngga sih, sebagai salah satu bagian dari Desa Wisata Nglangeran, Gunung Api Purba ini juga turut berkonribusi dalam peningkatan kesejahteraan hidup penduduk setempat lho. Tidak hanya itu, tempat wisata alam ini juga merupakan salah satu destinasi pariwisata berkelanjutan/sustainable tourism yang dijaga dengan sangat baik. Sehingga alam tetap terjaga dan kegiatan pariwisata tetap berlangsung. Nah, itu dia beberapa kegiatan yang bisa Travelxism sarankan saat Travelovers singgah di Gunung Api Purba Yogyakarta. Menarik bukan? Tunggu apa lagi, yuk mendaki!



#GunungApiPurba #Nglanggeran #GunungKidul #Yogyakarta #KotaJogja #Jogja #Indonesia #Asia #GunungIndonesia #Gunung #MendakiGunung #WonderfulIndonesia #PesonaIndonesia #AyoMendaki #WisataIndonesia #TravelIndonesia #Travelxism #TravelIndonesia #Traveldotcom #InfoTravel #InfoTravelxism

140 views