NYATA! Kastil Terbesar Jepang ada di Kumamoto

Berkunjung ke Jepang kurang afdol rasanya jika tidak mengunjungi wisata bersejarah. Meski terkenal dengan etos kerjanya yang tinggi, Jepang juga dikenal karena budayanya. Jepang memiliki banyak objek wisata bersejarah yang bisa dijadikan sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan/sustainable tourism. Salah satunya adalah kastil peninggalan kerajaan jepang nih travelovers.

Travelxism akan mengulik kastil terbesar di Jepang nih travelovers. Beberapa kastil yang ada di jepang itu tidak hanya terkenal karena sejarahnya saja travelovers, tapi juga karena ukurannya. Dan kali ini, pilihan Travelxism jatuh pada Kastil Kumamoto yang terletak di Kota Kumamoto, Pulau Kyushu.


Terbesar dan Terluas

Menurut Travelxism Kastil Kumamoto ini memang layak menyandang gelar kastil paling besar di Jepang. Terbukti, kastil ini memiliki tinggi 30,29 meter dengan luas area utara ke selatan sejauh 1,2 kilometer, dan luas dari barat ke timur sejauh 1,6 kilometer. Benar-benar luas dan besar ya travelovers. Kebayang kan capeknya kalau lari marathon di sana.

Foto: Japan Travel


Kastil Kumamoto

Saksi Sejarah Para Samurai

Bagian atas dari kastil ini difungsikan sebagai museum barang-barang peninggalaan kerajaan Jepang, termasuk salah satunya adalah samurai. Konon, Kastil Kamumoto ini katanya merupakan saksi sejarah bagi pertempuran para samurai di Jepang. Sehingga tidak heran kalau banyak pajangan samurai di dalam museumnya. Bagi kalian yang gemar menyaksikan film aksi Jepang, pasti familiar dengan film The Last Samurai. Nah, lokasi syuting film tersebut berada di sekitar area Kastil Kumamoto travelovers.

Foto: Kang Ale


Salah satu lokasi syuting The Last Samurai


Belajar Sejarah Prefektur Kumamoto

Selain jalan-jalan, travelovers juga bisa mendalami sejarah di Kastil Kumamoto. Tidak mengerti bahasa Jepang? Tidak usah khawatir. Banyak warga lokal Kumamoto yang akan dengan senang hati bersedia menjadi memandu perjalanan sejarah travelovers. Dan, mereka semua fasih menggunakan bahasa Inggris, jadi travelovers tidak usah risau. Pemerintah setempat sengaja menempatkan warga lokal sebagai pemandu karena selain lebih tahu, juga bisa meningkatkan pendapatan warga setempat. Disini peran masyarakat lokal ternyata begitu penting. Wah benar-benar cocok sebagai destinasi wisata berkelanjutan/sustainable tourism ya travelovers!

Foto: Kang Ale


Museum Kastil Kumamoto


Sakura no Baba

Lelah mengelilingi kastil, travelovers bisa istirahat sejenak di sekitar kastil. Untuk travelovers yang ingin berburu oleh-oleh, Sakura no Baba rasanya cukup untuk memuaskan nafsu belanja kalian. Sakura no Baba menyediakan berbagai oleh-oleh khas Jepang dan museum dengan harga yang masih cukup terjangkau. Penjualnya juga warga lokal lho. Selain menjual oleh-oleh, di sana juga menyediakan penyewaan Kimono dan Yukata khas Jepang, GRATIS!!! Udah disewain gratis jangan lupa beli oleh-oleh ya travelovers supaya warga setempat makmur, dan Kastil Kumamoto ini benar benar mewujudkan destinasi pariwista berkelanjutan/sustainable tourism.

Foto: Kumamoto Guide


Sakura n Baba di Sekitar Kastil Kumamoto


Festival Lentera

Kastil Kamumoto merupakan salah satu kastil yang yang dilewati oleh Sungai Shirakawa, salah satu sungai yang dianggap suci di Jepang. Di Sungai Shirikawa ini, saat musim panas rutin diadakan Festival Lentera. Dari Kastil Kumamoto, keindahan festival lentera akan lebih terpancar nyata. Jadi kalau travelovers mau menikmati indahnya festival lentera di Sungai Shirikawa, yuk ajak teman atau saudara menghabiskan musim panas di Jepang.

Foto: Facebook


Festival Lentera

Street Art-Plex Kumamoto

Selain Festival Lentera dan belajar sejarah di kastil, setiap akhir pekan biasanya ada Street Art-Plex Kumamoto yang lokasinya juga di sekitar kastil. Dalam acara tersebut akan banyak disuguhkan penampilan musisi jalanan dan jajanan khas Jepang yang dijual di sepanjang Jalan. Yang jualan dan yang perform tentu saja warga lokal Jepang travelovers. Street Art-Plex Kumamoto ini merupakan salah satu kita pemerintah Kumamoto untuk menjadikan wilayahnya sebagai destinasi pariwista berkelanjutan/sustainable tourism.

Foto: Street Art-Plex


Pawai seniman di Kumamoto


Nah itu dia ulasan tentang Kastil Kumamoto, kastil terbesar di Jepang versi Travelxism. Jepang tidak hanya merawat peninggalan budaya yang ada ya travelovers, tapi juga mulai menerapkan pedoman pariwista berkelanjutan/sustainable tourism, dengan memberikan kesejahteraan bagi warganya melalui berbagi festival dan kegiatan di area sekitar Kastil Kumamoto dan memberdayakan masyarakat untuk membantu di bidang pariwisata terutama di Kastil Kumamoto ini. Kapan kalian ke Kastil Sumamoto Travelovers? /Ajeng/


#KastilKumamoto #KumamotoCastle #Kumamoto #Japan #Asia #Asiatourism #Wistasejarah #TravelJapan #VisitJapan #Pariwisataberkelanjutan #Sustainabletourism #LiburankeJepang #Travelxism #Travelovers #Travelbloger #Travelaroundworld

0 views