Pantai Sorake yang Tak Mudah Ditaklukan


Suara desiran ombak merupakan alunan lagu surgawi bagi para penikmat wisata pantai juga para peselancar. Sebagai negara kepulauan, Indonesia, yang mempunyai garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada yakni sepanjang lebih dari 54.716 kilometer tentunya memiliki banyak pantai yang indah baik untuk dinikmati maupun untuk berselancar. Pantai Sorake salah satunya. Pantai ini terletak di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan. Pantai yang juga terletak di Pulau Nias ini langsung menghadap Samudera Indonesia karena posisi pulau Nias terletak di sebelah barat Pulau Sumatera.


Source: Halal Lifestyle

Pantai ini menjadi surganya pecinta olahraga air yaitu selancar. Para surfers datang berasal baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Mereka ingin mencoba menaklukan ombak di pantai yang masuk dalam 10 besar tempat surfing terbaik di dunia. Pantai Sorake ini bahkan disebut-sebut sebagai tempat selancar terbaik kedua setelah Hawai di Amerika Serikat. Pantai ini pun termasuk unik sebab terdapat sebaran batu karang di sepanjang pantai, bukannya pasir landai sebagai mana pantai semestinya.

Gulungan ombak yang bisa mencapai 15 meter ini ramai menjadi daya tarik tersendiri untuk para peselancar. Pemerintah baik Pemerintah Daerah maupun Pusat selalu berusaha mempromosikan Pantai ini di level nasional maupun Internasional dengan mengadakan event tahunan seperti Nias Selatan Open Surfing Contest (NSOSC) pada bulan Juli saat ombak bisa mencapai ketinggian maksimal. Kegiatan surfing ini diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan sebanyak-banyaknya baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Untuk ke Pantai Sorake ini, para wisatawan dapat melalui jalur laut yang menempuh jarak kurang lebih 85 mil atau sekitar 12 jam perjalanan laut. Perjalanan laut ini menggunakan kapal feri dari Kota Sibolga menuju dermaga kapal Gunung Sitoli yang merupakan kota terbesar di Nias. Lalu perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan roda empat selama kurang lebih empat jam dari Gunung Sitoli menuju Kota Teluk. /Gilang Fauzi/

#PantaiSorake #Pantai #Beach #Surfing #Nias #TelukDalam

0 views