Perkembangan Tercepat, Kesuksesan Nagari Sungai Nyalo Painan


Masih berkutat di daerah pesisir ya travelovers. Kali ini Travelxism akan mengajak kalian seinggah sejenak di Pulau Sumatera. Kali ini kita akan berkunjung ke Desa Wisata di Sumatera Selatan yang pada 2016 lalu mendapat penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, sebagai kategori “Desa Wisata Dengan Perkembangan Tercepat”. Wah keren kan travelovers. Nah desa tersebut adalah Desa Wisata Sungai Nyalo.


Desa tersbut terletak di Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (PesSel), Provinsi Sumatera Barat. Pada umumnya, sebuah desa di Sumatera disebut dengan Nagari karena dipimpin wakil nagari (pemimpin adat). Mulanya Desa Wisata Sungai Nyalao adalah sebuah desa biasa di pesisir selatan pulau sumatera. Namun, letaknya yang berada di daerah pesisir membuat desa ini memiliki banyak potensi wisata yang bisa diexplore. Termasuk menjadikan desa wisata ini sebagai salah satu destinasi wisata berkelanjutan/sustainable tourism.


Berawal dari Mandeh Joy Sailing


Kegiatan Mandeh Joy Sailing 2015

Foto: Spirit Sumbar

Travelovers, bagi kalian yang suka berlayar, Sungai Nyalo dan pantainya bisa menjadi pilihan tepat. Biasanya setiap tahun akan diadakan festival berlayar yakni Mandeh Joy Sailing. Festival tersebut pertama kali dilakukan pada 2014. Berawal dari festival tersebutlah Nagari Sungai Nyalo menjadi. Keindahan alam dan pantai yang ditawarkan membuat nagari tersebut mulai dikunjungi oleh wisatawan. Semenjak festival tersebut berlangsung, para wisatawan mulai berdatangan. Hal tersebut lantas mendatangkan pundi-pundi uang bagi masyarakat sekitar tentunya. Secara berangsur perekonomian masyarakat nagari menjadi lebih baik.


Gotong Royong Membangun Fasilitas Pariwisata


Pesisir Selatan Nagari Sungai Nyalo

Foto: Kemlagi Desa

Bersama dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang, fasilitas pariwisata pun mulai dikembangkan. Nah travelovers salah satu kekhasan yang dimiliki Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie ini adalah kerukunan dan gotong royong yang dijunjung tinggi. Dalam pembangunan dan pengelolaan desa wisata yang ada, para pemuka adat mempercayakan semuanya kepada masyarakat nigari sehingga hasil pendapatan dari pariwisata juga bisa mereka nikmati bersama.


Sebagai salah satu destinasi wisata berkelanjutan/sustainable tourism, Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie juga membangun penginapan dan menyediakan persewaan perahu bagi para wisatawan yang ingin berlayar ke laut, untuk sekedar belayar atau malakukan kegiatan lain seperti diving atau snorkeling. Tentu saja dengan warga lokal yang diberdayakan sebagai pemandu dan pengemudi perahu. Benar-benar wisata berkelanjutan/sustainable tourism ya travelovers.


Peran Badan Kerapatan Adat Nagari


Suasana Nagari Sungai Nyalo

Foto: Travel Today

Nah travelovers, selain menerapkan pembangunan partisipasif dan memberdayakan warganya, Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie juga punya lembaga adat yang bernama Kerapatan Adat Sakoto (KAS). Karena nagari tersebut dipimpin oleh banyak pemimpin adat, maka wakil nagari membuat lembaga tersebut untuk menyatukan mereka. KAS bertugas untuk menyelesaikan setiap permasalahan dan memberikan solusi terkait kebaikan nagari. Selain itu, keberadaan KAS tersebut juga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penggunaan dana desa.


Alhasil jalan sepanjang 1,3 kilometer bisa dibangun melalui swadaya masyarakat dan pemanfaatan dana desa. Pembangunan jalan tersebut tentu mempermudah akses dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Wisatawan bisa dengan mudah keluar masuk Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie sehingga taraf hidup masyarakat juga ikut meningkat. Masyarakat Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie kini tidak lagi bergantung pada hasil laut, namun juga pariwisata yang ada.


Nah travelovers, tiga hal tersebut merupakan kunci kesuksesan Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie sebagai salah satu destinasi pariwisata berkelanjutan/sustainable tourism. Selain kepemimpinan yang baik, masyarakat yang terberdayakan juga mendukung Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan/sustainable tourism. Ajak teman yang banyak ya travelovers saat berlibur. Karena dengan begitu kalian bisa mendukung wisata berkelanjutan/sustainable tourism ini dalam hal kesejahteraan masyarakat. Selamat berwisata! /Ajeng/


#Desawisata #PesisirSelatan #NagariSungaiNyalo #Desawisatasungainyalo #SumateraBarat #Perkembangantercepat #Desawisataperkembangantercepat #Wisatapesisir #WisataIndonesia #ExploreSumatera #Travelingkepesisir #Travelingkepantai #Badankerapatanadatnagari #MandeJoySailing #EventMandeJoySailing #FestivalSailing #Sustainabletourism #Wisataberkelanjutan #Pariwisataberkelanjutan #PesonaIndonesia #Travelxism #Travelxismdotcom #Infotravelxism #Indonesia #WisataIndonesia #PesisirIndonesia #PantaiIndonesia #TravelingIndonesia #Infotravelindonesia #AlamIndonesia #VisitIndonesia

586 views