Pesat! Pertumbuhan Ecotourism di Timur Indonesia


Paham akan besarnya potensi alam yang dimiliki oleh Indonesia Timur, membuat semua pihak bahu membahu menggali dan memanfaatkan potensi yang ada. Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia Timur menyimpan segudang potensi yang bisa dikembangkan, salah satunya adalah dari sektor Pariwisata.


Beberapa tahun belakangan, pemerintah Indonesia sedang mengembangkan wisata di kawasan Indonesia Timur. Pengembangan wisata ini berbasis pada pariwisata ecotourism/ekowisata yang belakangan juga populer. Ecotourism/ekowisata sendiri merupakan konsep pariwisata yang berwasan lingkungan. Konsep ecotourism/ekowisata ini lebih mengutamakan aspek konservasi alam, pemberdayaan sosial masyarakat setempat, dan pembelajaran pendidikan. Lantas bagaimana ecotourism/ekowisata bisa berkembang pesat?


Surga Wisata Sesungguhnya


Pantai di Togean Island yang menggoda

Foto: Agoda

Menurut TRAVELXISM, Indonesia Timur adalah gudang wisata alam, baik laut atau darat semua ada di sana. Pariwisata yang ditawarkan oleh kawasan yang terkenal gersang tersebut merupakan paket lengkap bagi para wisatawan. Hamparan laut biru yang luas dan Padang Savana yang memukau menjadi andalan yang bisa ditawarkan. Belum lagi keramahan masyarakat yang ditawaran, pasti semakin menambah kenyamanan berwisata.


Kesadaran Tinggi


Pantai di Labuan Bajo terlihat bersih dan terjaga

Foto: Pesona Travel

Nah travelovers, kenapa konsep ecotourism/ekowisata ini berkembang pesat di sana, salah satu faktor utama selain pemandangan alam yang menjual, kesadaran masyarakat untuk menjaga keseimbangan antara alam dan pariwisata juga tinggi. Sehingga sangat mungkin terjalin kerjasama yang baik antara pengembang pariwisata dan warga setempat. Apalagi dengan tren wisata kembali ke alam yang semakin populer dan kesadaran wisatawan akan menjaga keberlangsungan destinasi pariwisata cukup tinggi, maka tidak heran jika ecotourism/ekowisata menjadi semakin sukses. Maka selain masyarakat, wisatawan pun turut mengembangkan ecotourism/ekowisata dengan baik.


Menaikkan Perekonomian Masyarakat


Penginapan yang menjadi sumber penghasilan penduduk setempat

Foto: Pesona Travel

Travelovers, dengan semakin pesatnya laju perkembangan ecotourism/ekowisata, maka perekonomian masyarakat juga turut berkembang. Sejalan dengan pengertiannya tentang pengembangan sosial masyarakat, maka ecotourism/ekowisata sejatinya juga turut mengembangan perekonomian masyarakat dan meningkatkan taraf hidup mereka. Dengan melibatkan langsung masyarakat dalam mengelola dan mengembangkan pariwisata tentu memberikan dampak baik tidak hanya bagi pariwisata tapi juga bagi perekonomian. Dengan semakin membaiknya perekonomian masyarakat, maka dukungan masyarakat akan pengembangan ecotourism/ekowisata lain juga akan semakin lancar.


Maka, kunci utama kesuksesan pengembangan ecotourism/ekowisata di kawasan Indonesia Timur adalah dukungan masyarakat dan sinergi pemangku kepentingan. Indonesia timur memang memiliki alam yang menjual, namun jika tidak ada niatan untuk mengeksplorasi tempat tersebut menjadi destinasi pariwisata, maka sama saja. Pariwisata tidak akan berjalan dan perekonomian hanya berhenti sampai di situ.


Labuhan Bajo, Togean, Pulau Cinta Gorontalo, Ora Beach Ecotourism, Desa Sawingrai, dan Pulau Komodo merupakan sebagain kecil Ecotourism yang berjaya di Indonesia Timur. Masih banyak destinasi lain yang mungkin belum dijelajahi atau bahkan ditemukan. Jadi, mari mendukung ecotourism/ekowisata dengan cara berkunjung dan turut mempromosikannya. Selamat Berlibur! /Ajeng/



#AmazingIndonesia #Ecotourism #Wisataalam #AmazingPapua #AmazingNusaTengara #AmazingSulawesi #TogeanIsland #Unaunabeach #LabuanBajo #RajaAmpat #VisitIndonesia #VisitIndonesiaTimur #PantaiIndonesia #SavanaIndonesia #IndonesianBeach #PesonaalamIndonesia #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #travelxism #travelxismdotcom #travelxismdotcom #traveler #traveler #travelersnotebook #travelersnotebook #travelovers #travelovers #travelingram #travelingram #traveltheworld #traveltheworld #travelphotography #travelblogging #travelvlog #travelvlog #travelvlogger #travelvlogger #traveling #traveling #travelling #traveller #travelers #travelers #travellers #travellers #instatravel #instatravel #instatraveling #instatraveler #instatravelgram #instatravelgram #instatravelblogger #instatravelblogger #travelbloggers #travelbloggers #travelblog #travelblog #travel

134 views