Petualangan Zaman Purba di Galapagos

Travelovers sudah pernah nonton Jurasic Park belum?, Kalau belum pernah menonton film tersebut, TRAVELXISM akan beri tahu nih kalau di Jusrasic Park ada pulau yang isinya hewan purba lho. Nah kali ini bersama dengan TRAVELXISM, kita akan menelusuri kepulauan yang memiliki hewan purbanya! Kepulauan Galapagos merupakan kepulauan yang terkenal karena adanya teori evolusi Darwin. Ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia beserta dengan samudera seluas 70 ribu kilometer persegi yang mengelilingi Galapagos, Galapagos mempunyai berbagai spesies flora dan fauna yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Satwa yang ada disana diperkirakan merupakan hewan-hewan purba yang telah mengalami proses evolusi. Wah! Keren banget ya Travelovers! Yuk kita ngulik lebih dalam tentang Galapagos.


1. Pulau yang menciptakan sebuah Teori Ilmiah


Teori evolusi milik Charles Darwin seorang ilmuan biologi, merupakan teori yang diciptakan karena terinspirasi dari satwa yang ada di Galapagos. Galapagos, pulau yang didatangi Darwin pada tahun 1835 ini rupanya membawa dampak yang sangat besar bagi ilmu biologi. Hingga saat ini teori evolusi telah mengubah ilmu biologi dan dunia.


foto : ratahan


2. Galapagos ada dimana sih?


Terletak di kepulauan sekitar 1.000 km sebelah barat pesisir Amerika Selatan, Galapagos merupakan bagian dari Negara Ekuador. Galapagos adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari 13 pulau berapi dan bebatuan yang terisolasi dan terletak di Samudra Pasifik. Pulau tertua di Galapagos diperkirakan berusia 4 juta tahun, kondisi unik dari kepulauan ini menciptakan beragam jenis binatang yang berbeda dengan kerabatnya di belahan dunia lainnya.


foto: rushkult



3. Ditemukan Hewan Purba!


Seperti yang diutarakan sebelumnya kalau kondisi dan umur pulau ini menjadikan Galapagos memiliki spesies-spesies hewan purba. Diantaranya ada kura-kura raksasa Galapagos diperkirakan merupakan hewan purba yang telah berusia ratusan tahun, yang dikonservasi di pusat penangkaran kura-kura raksasa di Pulau Santa Cruz, Galapagos. ada juga iguana laut (Amblyrhynchus cristatus) Galapagos, mereka hanya bisa ditemukan di kepulauan Galapagos. Memakan ganggang besar dan rumput membuat mereka harus menyelam ke laut. Hebatnya Iguana laut ini dapat menyelam 10 meter di bawah permukaan air dan bertahan sekitar 30 menit. Kalau Travelovers berkunjung ke Galapagos ada beberapa hewan unik lainnya yang bisa ditemukan lho!



hewan endemik Galapagos


4. Pulau dengan masa lalu yg menyedihkan


Galapagos juga memiliki sejarah yang menyedihkan, lebih tepatnya di Pulau Isabela. Di Pulau ini ada tembok yang dinamakan “Wall of Tears” atau Tembok Air Mata. Mempunyai tinggi sekitar 25 m dengan lebar 3 m dan panjang 91,4 m, pembuatannya pun memiliki cerita yang sangat menyedihkan. Tembok ini dibangun oleh para tahanan yang dulunya tinggal di Pulau Isabela yang menjadi koloni tahanan. Tembok Air Mata dibangun sejak tahun 1944, dan dibangun atas dasar untuk menghukum para tahanan sebagai pertanggungjawaban atas tindakan kriminal yang telah mereka perbuat. Dengan peralatan yang minim para tahanan harus berjalan jauh untuk mengambil batuan vulkanik yang membangunnya untuk dijadikan tembok itu. banyak para tahanan yang meninggal selama pembuatan tembok ini. Tembok batu ini bisa dilihat di Pulau Isabela sebagai bukti masa kekejaman dan penyiksaan ada jaman itu.


foto: charismaticplanet


Travelovers itu dia edisi TRAVELXISM ngulik kali ini di Kepulauan Galapagos. Kalau belum masih ada kesempatan untuk mengunjungi kepulauan ini! Sekalian berlibur, sekalian mencari tahu lebih banyak lagi tentang Kepulauan yang katanya kepulauan tertua di dunia ini loh. Jangan lupa nanti Titipkan salam TRAVELXISM ke kura-kura raksasa ya Travelovers! /Amorita/.


#Galapagos #GalapagosIslands #Equator #Ekuador #AmerikaSelatan #NorthAmerica #KelilingGalapagos #HewanPurba #CharlesDarwin #TeoriDarwin #TeoriEvolusi #SitusWarisanDunia #ExploreGalapago #KurakuraRaksasa #GiantTortoise #KurakuraGalapagos #IguanaLautGalapagos #SamudraPasifik #PulauSantaCruz #hewanunik #PulauIsabela #Walloftears #TembokAirmata #SejarahGalapagos #WisataFaluraFauna #wisataSejarah #Travelblog #Instatravel #Travel #TravelIndonesia #Traveller #TravelBloger#Travelovers #Travelxism #Infotravelxism #Travelxismdotcom

418 views