Potensi Pulau Koon sebagai Destinasi Pariwisata Berkelanjutan



Sebagai negara kepulauan Indonesia memiliki banyak sekali gugusan pulau. Nah, setiap gugusan pulau di Indonesai ini masing-masing memiliki kekayaan alam yang berbeda-beda, meski terkadang sumber kekayaannya sama, yakni laut. Salah satunya adalah Pulau Koon yang memiliki kekayaan bawah laut yang menjanjikan.


Pulau Koon terlatak di Kepulauan Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku. Pulau kecil berpasir putih ini tidak berpenghuni sehingga nampak tidak terurus. Namun, meski begitu pulau ini memiliki kekayaan yang bahkan sudah diverifikasi oleh World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia. Penasaran bagaimana Pulau Koon yang dikelilingi air laut ini bisa memiliki potensi yang mendunia? Berikut ulasan Tim Travelxism untuk Travelovers semua.


Kunci Kemenangan Tidore dari Belanda


Welcome to Pulau Koon

Foto: WWF


Travelovers, siapa sangka pulau kecil tidak berpenghuni ini dulunya memegang kunci sukses saat jaman kolonial Belanda lho. Pulau Koon ini masuk ke dalam wilayah kekuasaan Negeri Kataloka bersama dengan Pulau Nukus, sebagian Pulau Gorom dan keseluruhan Pulau Grogos. Nah, menurut catatan sejarah, negeri Kataloka inilah yang menjadi kunci sukses kemenangan Sultan Tidore melawan Belanda lho. Wah ternyata bersejarah juga ya pulau ini!


Dapur Ikan


Para warga sedang melakukan patroli

Foto: WWF


Selain bersejarah, Pulau Koon ini juga merupakan magnet yang menarik para spesies ikan. Konon, berbagai ikan dari berbagai penjuru kebanyakan datang ke pulau ini untuk bertelur dan berkembang biak sebelum bermigrasi ke perairan lain. WWF Indonesia pun sudah mengonfirmasi bahwa Perairan Pulau Koon ini merupakan pusat perkembangbiakan dan perkawinan bagi ikan sunu, kakap merah, kerapu macan dan ikan bobara mata besar yang memiliki nilai jual tinggi. Wah menarik sekali ya travelovers. Konon bahwa Pulau Koon ini merupakan lokasi perkembangbiakan ikan sudah ada sejak lama. Sejak dulu para leluhur Gorom menyebut Pulau Koon sebagai dapur ikan. Wah keren kan!


Surga Terumbu Karang


Terumbu Karang di bawah perairan Koon

Foto: WWF


Layaknya wilayah perairan Indonesia yang lain, Pulau Koon juga memiliki potensi wisata bawah laut yang luar menakjubkan. Terumbu karang yang tumbuh di bawah perairan Koon tumbuh dengan sangat baik dan cantik. Banyak ikan dan spot diving yang bisa di eksplore di Pulau Koon ini. Ada juga barrier reef atau atau terumbu karang keras yang menjadi jembatan penghubung antar pulau saat air laut surut terendah. Karena keindahan bawah laut inilah, pemerintah mulai mengusulkan Pulau Koon sebagai salah satu destinasi pariwisata berkenajutan atau sustainable tourism mengingat potensi luat biasa yang dimiliki.


Komitmen Penduduk Setempat


Raja Kataloka setelah meresmikan titahnya di perairan Koon

Foto: WWF


Nah Travelovers, yang menjadikan pemerintah yakin untuk menjadikan Pulau Koon ini sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism ini bisa jadi adalah karena komitmen penduduk yang bersedia menjaga alam. Bahkan, penduduk yang masih menganut hukum adat ini melarang penggunaan alat-alat berbahaya seperti pukat atau bom yang dapat merusak alam. Raja Kataloka dan para tetua adat bahkan tidak segan-segan memberikan sanksi adat kepada “penjahat alam.” Untuk memajukan kesadaran masyarakat akan pariwisata, pemerintah sudah membangun 20 homestay dan akan mengembangkan eco-diving di Pulau Koon dan sekitarnya.


Nah Travelovers, begitulah Pulau Koon yang memiliki potensi wisata alam yang sedang dikembangkan menjadi potensi destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism. Dengan adanya masyarakat yang memiliki komitmen tinggi untuk menjaga keseimbangan alam dan manusia, maka bisa dipastikan destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism di Pulau Koon ini akan berlangsung dengan sangat baik. Jadi, mari menyelam sambil menjaga lingkungan! /Ajeng/



#PulauKoon #Maluku #IndonesiaTimur #NagariKataloka #Indonesia #KoonIsland #VisitIndonesia #VisitKoonIsland #VisitMaluku #VisitNagariKataloka #Ecotourism #Ecodiving #Tourism #Sustainabletourism #DestinasiPariwisataBerkelanjutan #PariwisataBerkelanjutan #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #PesonaPulauKoon #WisataPulauKoon #WWF #TerumbuKarang #AmazingKoonIsland #Travelovers #Travellers #Traveler #Travel #Traveling #TourismMaluku #TourismKoonIsland #BeachKoonIsland #PantaiPulauKoon #PantaiKoon #Travelovers #InfoWisataMaluku #InfowisataIndonesia #PantaiIndonesia #Travelxism #InfoTravelxism #TravelxismDotCom

152 views