• Travelxism

Proses Menuju Digitalisasi: Simak Rangkaian Pelatihan Website untuk Brand Awareness Butik Daur Ulang



Potret Anggota Butik Daur Ulang Project B Indonesia bersama Peserta STIP Batch 2 (Socio & Digital)

Sumber: Dokumentasi Travelxism


Travelovers tahu kan, kalau era sekarang ini serba digital? Pada era ini seluruh lapisan masyarakat maupun bidang usaha dituntut bisa memanfaatkan teknologi dengan optimal. Kemajuan teknologi merupakan sesuatu yang akan terus berkembang dan tidak dapat dihindari. Sebagai salah satu bentuk realisasi proyek kerja sama antara Travelxism dan Butik Daur Ulang Project B Indonesia (TRAPO-X), maka Tourism Sociopreneur 2 dibantu Junior Digital Trainer & Mentor memberikan pelatihan khusus kepada 3 orang anggota Butik Daur Ulang Project B Indonesia. Pelatihan ini diberi judul “Pelatihan Pembuatan & Pengelolaan Website untuk Brand Awareness”.


Pelatihan ini telah terlaksana pada Jum’at, 27 Mei 2022 pukul 09.00 s.d. 11.00 bertempat di Eplus.Co Coffee & Coworking. Dibuka dengan sambutan dari penanggung jawab kegiatan, yaitu Michael Owen James Mayau (Peserta STIP Travelxism Batch 2 – Socio). Tujuan dan output dari pelatihan ini, yakni peserta mampu memahami tools yang ada dalam website dan terciptanya satu website yang bisa digunakan Butik Daur Ulang Project B Indonesia untuk brand awareness. Selain itu, peserta diharapkan mampu mengelola website dengan membuat konten, khususnya artikel yang menarik agar dapat dimuat dalam website Butik Daur Ulang Project B Indonesia. Apa saja sih rangkaian kegiatan dari pelatihan ini? Let’s check it out!


Potret Penyampaian Materi & Sesi Diskusi

Sumber: Dokumentasi Travelxism


Penyampaian Materi

Materi yang dibahas dalam kegiatan ini berjudul “Website sebagai Platform Marketing” yang disampaikan secara langsung oleh Filardi Amal Ahsani dan Safiratul Khodijah (Peserta STIP Travelxism Batch 2 – Digital). Hal yang dibahas mulai dari digital marketing, apa itu website, jenis-jenis website builder, tips meningkatkan traffic website, hingga tips membuat artikel sebagai konten yang menarik di website.


Sesi Diskusi

Pada sesi ini, peserta pelatihan sangat antusias menanyakan dan berdiskusi apa yang ingin mereka ketahui lebih dalam mengenai website dan artikel. Pemateri juga memberikan jawaban dan respon yang sangat baik.


Potret Praktik Pembuatan & Pengelolaan Website

Sumber: Dokumentasi Travelxism


Praktik Pembuatan Website

Selama 1 jam, peserta secara langsung diajarkan dari proses awal pembuatan website di TokoTalk hingga cara membuat berbagai konten untuk di-upload di website mereka. Selama praktik, para peserta pelatihan diajarkan satu persatu sehingga dapat merasakan mentoring secara langsung dan mendiskusikan kendala selama proses pembuatan website. Menurut Amal dan Safira, TokoTalk dipilih sebagai website karena merupakan platform yang simpel dan dapat dengan mudah digunakan para pemula karena memiliki template yang bervariasi sehingga dapat menghasilkan konten yang menarik.



Salah Satu Testimoni Dari Peserta Butik Daur Ulang Project B Indonesia

Sumber Dokumentasi Travelxism


Testimoni

Setelah mendengarkan materi dan melakukan praktik para peserta diminta menyampaikan pendapat mereka mengenai pelatihan tersebut. Salah satu peserta, Anjani Mediana Sari menuturkan pendapatnya mengenai pelatihan tersebut. “Keren banget, soalnya kami diajari dari basic. Mulai dari enggak tahu website jadi tahu seluk-beluk website. Pokoknya terima kasih banget kepada teman-teman Travelxism yang sudah mengajari kami soal pembuatan website, praktiknya, dan trik-triknya juga. Sukses buat Travelxism!”, jelas Anjani.


Wahhhhhh…. Seru banget ya Travelovers kegiatannya, jangan lupa pantengin terus Instagram @travelxism dan @projectbindonesia untuk melihat keseruan kegiatan berikutnya!!!!


/Ditta Meidya Putri - Peserta STIP Travelxism Batch 2 - Universitas Muhammadiyah Surakarta/

/Nur Zahrun Al Jannah - Peserta STIP Travelxism Batch 2 - Universitas Jember/


7 views0 comments