Rasakan Sensasi Berbeda Menginap di Salah Satu dari 5 Hotel Kapsul di Jepang


Bermimpi ke travelling ke Jepang? Mengapa tidak? Travelxism bahkan menyarankan kamu yang kurang atau jarang travelling untuk mencoba pergi ke Jepang menikmati indahnya negeri sakura ini. Beberapa tim Travelxism pun sudah pernah berwisata ke beberapa daerah di Jepang seperti Kyoto, Osaka, dan Okayama. Sekarang ini travelling keluar negeri terutama ke Jepang sudah bukanlah hal yang sulit karena selain harga sudah lebih affordable, travelling ke negeri Sakura ini menjadi semakin mudah dengan adanya kebijakan travelling tanpa visa dengan menggunakan E-passport yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia. Untuk bagaimana cara mendapatkan E-passport, kamu dapat mengunjungi situs Direktorat Jenderal Imigrasi pada tautan ini untuk informasi dan persyaratan yang dibutuhkan. Kemudian, kamu bisa memilih mau berkunjung ke kota-kota yang cukup terkenal seperti Tokyo, Osaka, Kyoto, dll. Setibanya di Jepang, jika kamu ingin menginap dan merasakan sensasi yang berbeda, Tim Travelxism menyarankan buat kamu untuk menginap di hotel kapsul yang unik yang ada di Jepang. Ya! Hotel Kapsul. Seusai dengan namanya hotel kapsul ini didesain minimalis dan sederhana. Harganya pun cukup murah. Namun, ada juga hotel kapsul unik di Tokyo, ibukota Jepang, yang cukup mewah. Berikut ini lima hotel kapsul yang unik ini di Tokyo yang bisa kamu coba ketika kamu travelling ke Jepang menurut penelusuran tim redaksi Travelxism dari beberapa situs travelling dan hotel di Jepang.

1. The Prime Pod Ginza Tokyo


Photo credit: The Prime Pod

Hotel yang terletak di akses langsung antara Tokyo-Haneda dan Narita International Airport ini memiliki konsep urban stay. Setiap lantai terdiri dari beberapa kapsul memanjang bertingkat dua. Walau terlihat kecil dan minimalis, namun konsep yang ditawarkan oleh The Prime Pod ini cukup mewah mulai dari pengunaan "Serta" mattress yaitu matras terbaik peringkat pertama dari segi penjualan se Amerika Serikat sampai televisi flatscreen di dalam kabin "kapsul"mu. Bermacam fasilitas seperti lounge, amenities, shower dan free wifi juga disediakan memanjakan para wisatawan yang menginap di hotel yang bertemakan active day time and relax night time ini. Lokasi hotel kapsul ini pun cukup strategis. Selain terletak antara Haneda dan Narita, The Prime Pod ini memiliki akses yang cukup mudah ke daerah-daerah yang memiliki karakter unik seperti Shinjuku, Akihabara, Odaiba, dan Shibuya. Selain itu, jarak antara The Prime Pod dan cultural towns seperti Asakusa, Ryogoku dan Yokohama pun juga cukup dekat. Jika kamu ingin mencobanya, bisa melakukan reservasi di tautan ini.

2. First Cabin


Photo credit: timeout.com

First cabin, sesuai namanya, menggunakan konsep yang sangat unik yakni konsep kabin pesawat mulai dari kelas first-class sampai kelas ekonomi. Jika biasanya konsep yang ditawarkan oleh konsep kabin sederhana, namun tidak untuk First Cabin. Konsep mewah nan megah jika dibandingkan dengan hotel kapsul lainnya, memang sangat memanjakan dan membuat wisatawan merasa nyaman. Dengan harga yang lebih murah dari budget hotel menurut Manajemen First Cabin, Kabin hotel kapsul yang terletak di beberapa daerah di Tokyo ini terbagi menjadi beberapa kelas seperti kelas di pesawat terbang yakni First Class Cabin, Business Class Cabin, Premium Class Cabin, dan Premium Economy Class Cabin. Jika dari penelusuran redaksi Travelxism pada website resmi First Cabin hotel ini, perbedaan yang paling jelas terlihat dari kelas ini adalah ukuran kabin. Kabin first-class berukuran 4,4 meter persegi sedangkan business class hanya 2,5 meter persegi. Kabin kelas Premium Economy juga mempunyai ukuran yang berbeda yakni tinggi sekitar 1,4 meter, lebar 1,2 meter dan kedalaman kabin sekitar 2,1. Bentuk kabin ini sangat unik karena sangat minimalis. Meskipun begitu, fasilitas yang diberikan cukup untuk memberikan kenyamanan dan hiburan bagi wisatawan yang beristirahat disana yaitu televisi layar datar 24 inchi, koneksi wifi, USB connection dan rak sepatu. Dari semua kelas yang tersedia, kabin Premium Class yang mempunya fasilitas sangat istimewa dan berukuran luar biasa. Ukuran kabin tipe ini kurang lebih 20 meter persegi bahkan seperti kamar hotel pada umumnya, dan fasilitas yang disediakan pun cukup luxurious untuk kategori hotel kapsul ini seperti refrigerator, espresso machine, private bathroom, televisi 40 inchi, koneksi wifi, USB power terminal, penghangat dan ukuran matras lebih besar dari double size. Dari penelusuran tim Travelxism, First Cabin ini terdapat di beberapa kota di Jepang seperti Tokyo, Aichi, Kyoto, Osaka dan Kyushu seperti pada tautan ini. Jika kamu ingin mencobanya, kunjungi tautan ini untuk informasi yang lebih jelas dan reservasi

3. Luxury Capsule Hotel Anshin Oyado



Apakah kamu baru pertama kali ke Jepang dan bingung bahkan khawatir untuk tinggal dimana? Jika jawabanmu "yes" maka kamu cocok mencoba Luxury Capsul Hotel Anshin Oyado ini. Letaknya yang sangat dekat dengan stasiun kereta menjadi kebanggaan hotel kapsul ini. Mereka bahkan membuat statement yang sangat jelas bahwa jarak dari stasiun kereta ke hotel ini hanya ditempuh dengan berjalan kaki dalam 120 detik. Ya, 120 detik saja! Tidak ada cukup informasi yang tersedia mengapa mereka lebih memilih menggunakan kata 120 detik dibandingkan kata 2 menit. Akan tetapi, tim Travelxism menduga bahwa mereka ingin lebih menunjukkan karakter yang kuat dari hotel ini dengan menggunakan sistem detik dalam ketepatan jarak yang dibutuhkan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa budaya tepat waktu di Jepang memang kental sekali bahkan di stasiun kereta, ketepatan waktu kedatangan kereta hanya berselisih seper sekian detik. Hotel ini juga dapat diakses dengan mudah dari Haneda airport, Narita airport, dan JR Tokyo station. Dengan mematok harga mulai dari 5.480 yen atau sekitar Rp. 550.000 per malamnya, wisatawan dapat beristirahat di hotel yang memiliki pemandian air panas buatan ini. Selain itu, wisatawan akan merasakan sensasi seperti berada di Bali ketika mulai memasuki bagian bangunan hotel ini karena interior dari hotel ini didekorasi dengan perabotan dan hiasan yang diimpor langsung dari Bali. Fasilitas yang ditawarpun tidak kalah menarik dengan hotel konvensional, bahkan cukup mewah yakni LCD TV, headphones berkualitas tinggi, ukuran kabin yang lebih besar dari hotel kapsul lainnya, dan koneksi wifi. Tidak hanya itu, hotel kapsul yang sangat dekat dari area sightseeing spots tersebut juga menawarkan bermacam items baik untuk dikonsumsi maupun digunakan berupa Guri tea, pickled plums, miso soup, peminjaman charger, 24 jenis free drinks, kursi pijat, deterjen laundry, pembersih muka, bahkan komik. Jika kamu berminat untuk menginapdi hotel yang terletak di 1-11-2, Kamiogi, Suginami-ku ini dapat melakukan reservasi melalui tautan ini.

4. The Global Cabin Tokyo Gotanda


Photo credit: Hotel Info

The Space Station for Traveller atau stasiun luar angkasa untuk para wisatawan. Itulah slogan yang terpampang jelas pada website resmi The Global Cabin Tokyo Gotanda yang berlokasi di 1-17-1 Higashi-Gotanda Shinagawa-ku Tokyo ini. Meskipun tidak ada hubungannya dengan stasiun luar angkasa, penggunaan slogan tersebut memang cukup menarik perhatian para internet surfer termasuk tim Travelxism ketika menelurusi website resmi hotel ini. Hotel ini didesain lebih cozy dan berbeda dari hotel kapsul lainnya terutama pintu masuk ke dalam kabin. Untuk tipe standar, biasanya wisatawan yang mendapat kabin di bagian atas atau upstairs harus menaiki tangga yang berada persis disebelah pintu masuk kabin bagian bawah atau downstairs. Akan tetapi, di Space Station ini, para wisatawan yang menginap memasuki kabin mereka melalui pintu konvensional seperti biasa. Kabin kecil yang berfungsi untuk tidur tetap tumpang tindih sebagaimana karakter khas hotel kapsul, namun ada tambahan ruang fungsional yang cukup untuk meletakkan barang bawaan. Di ruang tambahan ini pun terdapat kursi dan meja serta rak buku dan stop kontak listrik untuk ponsel, gadget dan alat-alat elektronik lainnya. Selain itu LCD TV juga tersedia di hotel kapsul yang mempunyai kabin sebanyak 90 kabin dengan bermacam tipe ini. Menurut penelusuran tim Travelxism, berbagai servis pun dapat dinikmati di jam tertentu seperti healthy smoothies antara jam 6.30 sampai jam 9.30 pagi, complimentary coffee service di lobby hotel pada jam 5 sore sampai jam 1 pagi. Dari The Global Cabin Tokyo Gotanda ini, kamu juga dapat mengunjungi beberapa major spots yang bagus seperti Shinjuku, Shibuya, Roppongi, Asakusa, Ryogoku, dan Gunung Takao. Akses dari hotel ini pun hanya membutuhkan maksimal 45-50 menit dari bandara Haneda, tetapi perlu sekitar 85 menit dari bandara Narita. Jika kamu ingin menikmati Space Station ini, kamu dapat mengakses website resmi hotel melalui tautan ini.

5. Bay Hotel Nihonbashi Muromachi


Photo credit: Bay Hotel

Hotel kapsul yang terletak di pusat Tokyo ini menawarkan pelayanan yang berbeda. Bay Hotel Nihonbashi Muromachi ini membagi paket menginap menjadi 3 yang terdiri dari Early Bird, Standard, dan Long Stay. Early bird adalah paket dimana wisatawan dapat memesan 14 hari sebelum kedatangan, sedangkan standard adalah paket dimana wisatawan dapat check in langsung tanpa reservasi terlebih dahulu jika masih tedapat kabin yang tersedia. Tipe Long Stay adalah paket yang untuk wisatawan yang ingin menginap lebih dari satu hari. Menurut penelusuran Travelxism melalui akun resmi Bay Hotel, wisatawan akan mendapat potongan harga jika mengambil paket ini. Yang menarik dari hotel ini adalah ada lantai yang didedikasikan khusus untuk pengunjung wanita sehingga mereka bisa memiliki ruang gerak, kenyamanan dan privasi yang cukup tanpa khawatir oleh pengunjung yang berlainan jenis. Kunci akses ke dalam kabin di desain khusus agar dapat dipakai sebagai gelang sehingga pengunjung tidak khawatir akan kehilangan kunci. Selain itu, hotel kapsul yang terletak di 2-4-7 NihonbashiHonmachi, Chuo-ku ini menawarkan berbagai fasilitas seperti koneksi wifi, lounge room, laundromat, shower room, amenitis, dan kasur yang nyaman dengan kedalaman kabin sekitar 206 cm, lebar 100 cm dan tinggi 100 m. Hotel ini dapat diakses dari Narita Airport ini dapat diakses dari Haneda airport dengan menempuh perjalanan selama kurang dari satu jam. Akan tetapi, hotel ini dapat diakses dari Narita aiport dengan menempuh perjalanan selama maksimal 7 menit. Jika kamu ingin mencoba tantangan menginap di hotel kapsul yang memiliki 4 selling point ini, klik saja di tautan berikut.

Dimana pun kamu pergi ke Jepang, dan dimanapun kamu stay selama perjalanan wisatamu ke Jepang, kamu harus mencoba menginap di salah satu hotel kapsul yang unik tersebut. At least, once in your lifetime. Dengan menginap di salah satu hotel tersebut, kamu dapat merasakan sensasi yang berbeda dari berwisata. Ingin mencobanya? Jadi, yang manakah kapsul pilihanmu? /Gilang Fauzi/

#hotel #capsulehotel #hotelkapsul #Jepang