• Travelxism

Respon Anggota JPSM Sehati Sleman Usai Mengikuti Pelatihan Public Speaking & Tour Guiding




Potret Anggota JPSM Sehati Sleman dan Peserta STIP Batch 2 (Socio & CBT)

Sumber: Dokumentasi Travelxism


Pada Senin, 23 Mei 2022 berlokasi di PSM Kasturi Sleman, teman-teman dari Tourism Sociopreneur 2 dibantu dengan Junior Trainers & Mentors for CBT sukses melaksanakan kegiatan pelatihan. Kegiatan ini berjudul “Pelatihan Public Speaking & Tour Guiding dalam Potensi Wisata Daur Ulang Sampah Bagi Anggota Kelompok Pengelola Sampah Mandiri JPSM Sehati Sleman”. Pelatihan tersebut termasuk dalam proyek kolaborasi Travelxism dan Butik Daur Ulang Project B Indonesia (TRAPO-X).


Kegiatan ini dihadiri oleh kelompok Jejaring Pengelola Sampah Mandiri (JPSM) Sehati. Kelompok ini merupakan komunitas para pengelola sampah, baik bank sampah, sedekah sampah, maupun TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reduce Reuse Recycle) yang ada di Kabupaten Sleman. Selain itu, turut hadir, Bapak Yebi Yuriandara, ST., M.Eng., selaku Co-Founder Project B Indonesia dan Bapak Gilang Ahmad Fauzi S.S., MDS., (Founder & CEO Travelxism) yang hadir melalui virtual zoom. Pak Yebi berharap “dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi baru berbasis wisata pengelolaan sampah”. Hal yang serupa juga disampaikan oleh Pak Gilang “Semoga kegiatan pelatihan ini memberikan manfaat kepada pengelola sampah dan pariwisata Kabupaten Sleman”.







Potret Praktik Pembuatan Paket Wisata & Menjadi Pramuwisata

Sumber: Dokumentasi Travelxism


Public speaking dan tour guiding merupakan sebuah kemampuan yang penting untuk dimiliki setiap orang khususnya di dalam dunia pariwisata. Maka dari itu terdapat dua materi yang dipelajari guna mendukung softskill anggota JPSM Sehati. Materi pertama, yakni “Seni Berbicara di Depan Umum” yang disampaikan oleh Anindya Prasasti (Peserta STIP Travelxism Batch 2 - CBT). Kemudian dilanjutkan dengan materi “Guiding & Promoting Paket Wisata” oleh Desi Putri Romadhoni (Peserta STIP Travelxism Batch 2 - CBT). Terdapat 19 peserta yang mendengarkan dan langsung mempraktikkan materi yang sudah dipelajari dengan membuat konsep paket wisata daur ulang sampah dan bermain peran menjadi pramuwisata. Kegiatan praktik ini dipandu langsung oleh Yoga Hermawardana dan Farah Nabila Adriyanni (Peserta STIP Travelxism Batch 2 - CBT).



Hasil Survei Pendapat Peserta Mengenai Pelatihan Public Speaking & Tour Guiding

Sumber: Data Travelxism


Kedua materi di atas menuai antusiasme tinggi dari para peserta. Selain itu, kegiatan praktik pembuatan paket wisata daur ulang sampah dan menjadi pramuwisata juga disambut dengan meriah oleh para peserta. Hal ini terbukti dari hasil survei yang diberikan kepada para peserta pasca acara, tampak seluruh peserta tertarik meningkatkan skill public speaking, guiding & promoting.


Lantas, bagaimana sih tanggapan dari anggota JPSM Sehati setelah mengikuti serangkaian acara ini? Let’s watch & read their review!




Salah Satu Testimoni Dari Peserta JPSM Sehati

Sumber: Dokumentasi Travelxism


RR Belinda Wendry C, Anggota Butik Daur Ulang Project B Indonesia


“Kegiatan ini asik, seru banget. Diskusi bareng teman-teman gimana caranya untuk kita bikin paket wisata, seperti itu. Terus juga ada praktiknya langsung, gimana kita mempresentasikan. Keren banget dan asik, terima kasih dan sukses terus buat Travelxism.”


Rezky Kabira, anggota Butik Daur Ulang Project B Indonesia


“Saya rasa banyak manfaat yang bisa saya dapat di pelatihan public speaking dan tour guiding, apalagi public speaking itu sendiri. Sebelum tour guiding, kita harus mengerti tata cara berbicara di depan umum, tata cara mengajak seseorang, seperti itu. Jadi, pelatihannya itu bikin kita tuh lebih mengerti, seperti itu. Nantinya ketika kita pengin buat acara travel, atau gak kita mengajak seseorang, untuk mendukung produk, ataupun kita membuat produk segala macam itu lebih optimal, karena kita sudah mengerti apa itu public speaking. Selain itu, untuk tour guiding nya sendiri Alhamdulillah, kami mendapatkan gambaran yang cukup lumayan jelas terkait tour guiding nya karena dari teman-teman Travelxism menjelaskan cukup bagus dan juga pelatihannya juga sangat-sangat efisien.”


Suryaji Nugrahani, anggota BS Dahlia Maguwoharjo


“Kegiatan pelatihan ini menarik, baik atau perlu dikembangkan atau dipraktikkan di masyarakat, terutama ibu-ibu di Bank Sampah yang kini semarak menggugah masyarakat yang kurang atau sulit diarahkan.”


Tahir, anggota BSM Tlukan


“Kegiatan hari ini sangat menarik. Mudah-mudahan bisa berkelanjutan dan bisa terealisasi di masyarakat dengan baik.”


Itulah beberapa respon dari anggota JPSM Sehati Sleman yang merupakan para penggiat lingkungan di Sleman Yogyakarta. Respon yang sangat positif dan menarik yaaa, Travelovers!!!


/Ditta Meidya Putri - Peserta STIP Travelxism Batch 2 - Universitas Muhammadiyah Surakarta/

/Nur Zahrun Al Jannah - Peserta STIP Travelxism Batch 2 - Universitas Jember/


26 views0 comments