• Travelxism

Starter Pack Host Virtual Tour DifaTravelX


Salah Satu Host sedang Rehearsel Virtual Tour DifaTravel

Sumber: Dokumentasi Travelxism


Gak kerasa Virtual Tour DifaTravelX akan launching sebentar lagi nih, Travelovers. Kamu udah siap belum? Mimin sih udah gak sabar banget. Kapan lagi ya kan bisa mengunjungi berbagai macam destinasi di Jogja tanpa harus jauh-jauh ke Jogja-nya langsung. Buat Mimin sih jadi wisata 3M. Murah, meriah, mantap. Hahaha.

By the way, ngomongin soal Virtual Tour DifaTravelX. Travelovers kepo gak sih apa aja yang perlu dipersiapkan sama host saat Virtual Tour? Secara, Virtual Tour ini kan trend baru ya di industri pariwisata. Kalau kamu kepo, nih Mimin kasih tau starter pack host Virtual Tour DifaTravelX. Baca artikel ini sampai tuntas ya!


1. Tongsis (Tongkat Narsis)

Travelovers pasti gak asing ya kan sama barang satu ini. Pernah eksis lho di zamannya. Buat yang belum tau atau lupa-lupa ingat, tongsis itu alat yang berbentuk tongkat untuk digunakan di kamera digital atau perangkat handphone. Biasanya tongsis digunakan untuk memudahkan seseorang mendokumentasikan diri tanpa harus meminta bantuan orang lain.

Tapi tapi nih. Para host Virtual Tour menggunakannya bukan untuk narsis selfie with bestie ya, melainkan sebagai alat yang membantu mereka untuk menjaga kestabilan handphone. Selain itu, dengan tongsis juga memudahkan host Virtual Tour ketika mereka menjelaskan destinasi maupun objek wisata tertentu lho, Travelovers.


2. Earphone

Si kecil ini menjadi alat utama yang membantu host Virtual Tour untuk mendengarkan audio dari perangkatnya. Tidak hanya untuk mendengar saja, earphone yang digunakan oleh host Virtual Tour juga harus memiliki fitur microphone. Hal ini untuk membantu host Virtual Tour menghasilkan suara yang jernih ketika berbicara dan berinteraksi dengan penonton di ruang virtual.

Kenapa gak pakai headset atau headphone aja sih, Min? Bentuknya yang kecil, membuat earphone jadi pilihan karena nyaman dan praktis dibawa ke mana saja. Selain itu, earphone ini mudah ditemui di toko mana pun. Jadi kalau rusak atau hilang, cari penggantinya mudah dan gak lama. Gak kaya kamu cari pengganti doi, upss.


3. Masker

Barang satu ini kayanya jadi starter pack yang wajib dibawa semua orang, deh. Tak terkecuali host Virtual Tour. Meskipun tour-nya secara virtual, tapi host akan langsung datang ke lokasi destinasi wisata lho Travelovers untuk jadi pemandu wisata kamu. Jadi, wajib banget pakai masker untuk mengurangi risiko penularan Covid-19. Masker membuat host Virtual Tour tetap aman meski memandu kamu jalan-jalan.


4. Handphone

Kalau Captain Amerika punya tameng dan Thor punya palu sebagai senjata. Nah, host Virtual Tour punya handphone nih sebagai ‘alat tempur’ mereka. Barang satu ini wajib banget disiapkan oleh host Virtual Tour DifaTravelX. Pasalnya, dengan handphone-lah para host dapat terhubung dengan penonton Virtual Tour DifaTravelX. Virtual Tour nanti dapat diakses melalui platform meeting virtual sehingga handphone menjadi ‘alat tempur’ agar para host sukses membawakan Virtual Tour kepada para penonton.


5. Kuota dan Jaringan Stabil

Lagi asik-asik dengerin Virtual Tour, eh malah nge-lag. Pasti Travelovers sebel banget kan kalau kejadian kaya gitu. Nah, makanya host Virtual Tour DifaTravelX juga mengantisipasinya dengan menyiapkan kuota yang cukup serta jaringan yang stabil. Tujuannya agar penonton dapat menikmati Virtual Tour tanpa khawatir di tengah-tengah terputus jaringan. Para host pasti selalu mengusahakan yang terbaik kok Travelovers agar para penonton lancar menikmati Virtual Tour. Kalau tiba-tiba jaringannya terputus, ya berarti sinyalnya lagi mode susah ditebak kaya doi. Awalnya lancar, eh tiba-tiba ngilang. Huhuhu.


Nah, itu tadi starterpack para host ketika melaksanakan Virtual Tour. Pastinya para host mempersiapkan semuanya dengan matang demi kelancaran Virtual Tour DifaTravelX ini. Biar gak dengar dari cerita Mimin aja soal host Virtual Tour, Travelovers wajib nonton sendiri deh keseruan para host di Virtual Tour DifaTravelX ini. Jangan lupa daftar dan tentukan destinasi favoritmu. Apalagi program ini disponsori oleh Pemerintah Australia melalui Alumni Grant Scheme (AGS) dan dikelola oleh Australia Awards di Indonesia, lho. Pasti kamu gak akan nyesel deh ikutan Virtual Tour DifaTravelX ini. Mimin tunggu ya partisipasi Travelovers!



/Safiratul Khodijah – Peserta STIP Travelxism Batch 2 – Universitas Negeri Yogyakarta/


15 views0 comments