Staycation! Strategi Melepas Penat di Masa Pandemi Covid-19

“Staycation yuk!” Pasti Travelovers udah sering banget mendengar temannya mengatakan kalimat tersebut. Ya pandemi covid-19 masih menyerang Indonesia bahkan dunia sampai saat ini, namun ternyata hal tersebut tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk tetap bisa berwisata. Berbagai upaya dan inovasi pun turut dihadirkan untuk mendukung kebutuhan masyarakat agar tetap bisa berwisata dengan aman dan nyaman selama pandemi serta menjadi salah satu strategi untuk melepas penat di masa pandemi.



Inovasi tersebut salah satunya dihadirkan oleh TRAVELXISM, sebuah startup di bidang pariwisata yang mengembangkan sustainable tourism, melalui salah satu produknya yakni TRAVELXISM Virtual Tour atau jalan-jalan ke sebuah destinasi secara virtual.

Nahh tidak hanya melalui virtual tour, ternyata ada cara berwisata lain yang saat ini tengah digandrungi masyarakat lho, yakni staycation. Jadi apa sih staycation itu? Berikut ulasan Tim TRAVELXISM mengenai staycation.


Staycation merupakan singkatan dari kata stay (tetap) dan vacation (liburan), ada pula masyarakat yang menyebutnya holistay yang merupakan singkatan dari kata holiday (liburan) dan stay (tetap). Staycation adalah sebuah konsep liburan di dalam kota atau di negara sendiri. Identik dengan tinggal di hotel, ternyata staycation tidak melulu soal itu lho, Travelovers juga bisa melakukan staycation dengan tetap tinggal di rumah.


Melalui konsep staycation ini, para pelancong dapat menghemat biaya untuk transportasi, namun tetap bisa menghilangkan kejenuhan akibat di rumah saja selama berbulan-bulan. Nahh biar staycation kamu tetap asik walaupun cuma di rumah aja atau di kotamu atau tidak ke luar negeri, TRAVELXISM mau bagi-bagi tips nih, ini dia tipsnya:


1. Rencanakan Staycationmu dengan Matang!



Yang pertama, walaupun staycationmu tidak jauh dari rumah atau bahkan di rumah saja, tapi kamu tetap perlu membuat rencana staycation dengan matang, tapi tidak perlu berlebihan ya Travelovers. Buat staycationmu kali ini terencana namun tetap santai dan menyenangkan.


2. Pilih kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan budget kamu.


Contoh kegitan yang bisa kamu lakukan selama staycation adalah bersepeda, berbelanja, berenang di pantai atau kolam renang, membaca buku, beristirahat/ tidur, pergi ke kebun binatang, dan mengunjungi museum. Staycation dengan sekedar menikmati fasilitas yang ada di hotel tempat tinggal kamu juga bisa lho.


3. Cari Nuansa Baru!


Jika kamu memutuskan untuk staycation di luar rumah atau memilih hotel sebagai tempat menginap, Travelxism menyarankan untuk memilih hotel yang bernuansa alam, seperti di pedesaan dengan pemandangan sawah, di area pantai, atau di daerah pegunungan. Pemilihan tempat yang nyaman dan tenang juga bisa membantumu lebih rileks Travelovers. Pilih juga hotel yang pas dengan budget kamu, sekarang juga lagi banyak banget nihh hotel-hotel yang menawarkan biaya terjangkau untuk staycation.





4. Kurangi Penggunaan Gadget!



Saat kamu menjalani staycation, sebisa mungkin kurangi penggunaan telepon genggam dan laptop. Waktumu mungkin tidak terlalu banyak untuk staycation ini, jadi lebih baik manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk menikmati apa yang ada di sekitarmu, telepon genggam dan laptop kadang membuatmu jadi memikirkan pekerjaan atau yang ada di dunia maya. Enjoy your time!


Nahhh gimana Travelovers, menarik banget ya staycation ini. Eitsss tapi jangan lupa ya, untuk saat ini kesehatan adalah yang utama, kalau kamu belum bisa untuk staycation di hotel atau di luar kota, jangan memaksakan diri ya! Tim TRAVELXISM selalu berpesan hindari kerumunan dan patuhilah protokol kesehatan demi kebaikan kita. Staycation di rumah dengan aktivitas-aktivitas menarik yang sudah Tim TRAVELXISM bagikan juga nggak kalah asik kan. Yang terpenting adalah Travelovers bisa rileks sejenak, tetap sehat dan bahagia.

Stay safe and Stay healthy yaa Travelovers! /LISA/


*Travelxism adalah sebuah startup yang mendukung pariwisata berkelanjutan melalui consultant services berupa penyelenggaraan pelatihan dan workshop, produksi media promosi (cetak dan digital), sustainable tour package, dan virtual tour.*