SUKSES! Bersama Alam Desa Madobak Menjaga Tradisi



Nama Mentawai tidak hanya familiar bagi orang Indonesia saja, tapi juga mancanegara. Kepualauan tersebut menjadi terkenal karena gelombang lautnya yang tinggi. Sehingga banyak wisatawan, khususnya peselancar yang tertantang untuk bermain di sana. Berkat keganasan lautnya, Mentawai sempat menjadi langganan peselancar dunia lho travelovers. Namun, dibalik ombaknya yang terkenal, terdapat sebuah surga tersembunyi yang tersimpan di pedalaman mentawai.


Adalah Desa Madobak, salah satu desa adat di Mentawai yang terletak di wilayah Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatra Barat yang menyimpan banyak keindahan. Sudah bukan rahasia jika Indonesia memiliki adat dan tradisi yang menakjubkan. Nah, salah satunya adalah yang dimiliki oleh Desa Madobak ini travelovers. TRAVELXISM akan menguak alasan dibalik kesuksesan Desa Madobak ini. Berikut hasil penelusuran Travelxism, check this out.


Desa Wisata Terbaik


Warga Desa Madobak dalam keseharian bersama alam

foto: Sinar Harapan

Meski tergolong desa yang masih sangat sederhana, namun Desa Madobak pernah berkesempatan menyabet gelar Desa Terbaik se Indonesia kategori desa adat pada 2017. Gelar tersebut tentu bukan tanpa pertimbangan. Keadaan desa yang masih asli dan tradisional membuat desa ini malah memenangkan gelar tersebut. Tidak ada kantor, penginapan, atau fasiltas wisat lainnya di desa ini. Kalau travelovers ingin merasakan sensasi desa tradisional dengan adat yang masih kental, maka cobalah untuk tinggal di Uma, rumah tradisional warga setempat dan rasakan sensasi tradisional di dalamnya. Rasanya Desa Madobak ini tidak hanya berhak menyandang gelar desa wisata terbaik, namun juga sangat recommended untuk dimasukkan dalam destinasi wisata berkelanjutan atau sustainable tourism.


Hidup Dalam Tradisi


Adat dan tradisi adalah sebuah hal yang dijunjung tinggi di desa ini. Suasana dan sensasi adat di desa ini sungguh luar biasa. Kalian masih akan menemukan beberapa penduduk yang menggunakan pakaian tradisional setempat dalam keseharian. Beberapa upacara tradisional juga masih sering dilakukan di sini seperti upacara pindah rumah, perikahan dan pengusiran roh yang dipimpin oleh kepala suku dan dukun.


Tato Mentawai, Harta dan Bukti Kedewasaan

foto: Matteo Marrone

Dan tentu saja, yang paling terkenal adalah tradisi Tato Mentawai yang sakral. Tato tersebut tidak sembarang tato tentunya. Mereka yang bisa memiliki tato hanyalah yang sudah puber. Dan tentu saja, untuk melakukan proses penatoan, tidak sembarangan. Hari pembuatan tato harus dirundingkan bersama dengan warga dan kepala suku. Tato tersebut dibuat menggunakan paku atau pin dan dua potong kayu sebagai landasan dan palu. Sedangkan pewarnanya dibuat dari arang tebu dan kelapa. Katanya proses penatoan ini sangat menyakitkan lho travelovers.


Tato di lengan warga adalah sebuah harta yang paling berharga. Bagi mereka keindahan tato adalah sesuatu yang akan dibawa ke liang kubur dan akan kembali ke pangkuan Ilahi, sehingga segala detail harus dipertimbangkan. Makanya orang mentawai tidak sembarangan membuat tato, biasanya lukisan pasti menunjukkan simbol keseimbangan, keselarasan hidup dengan alam dan lingkungan sekitar. Sangat seimbang kan travelovers. Tim TRAVELXISM hanya bisa berdecak kagum.


Lebur Bersama Alam


Aktivitas berburu ikan di sungai oleh para ibu

foto: Mohd Irman Ismadi

Nah travelovers, alam adalah komponen penting dalam keseharian masyrakat mentawai. Hal ini karena makanan utama warga desa adalah sagu yang didapat dari hutan. Sedangkan untuk lauk biasanya mereka bergantung pada sungai dan ternak yang mereka miliki. Selain itu, beberapa laki-laki juga sering melakukan tradisi berburu yang masih ada sampai sekarang. Kalau kalian beruntung kalian bisa menyaksikan para ibu berburu di sungai menggunakan pakaian tradisional atau melihat para laki-laki berburu menggunakan peralatan tradisional. Cobalah untuk sehari menginap di Uma dan ikut dalam keseharian mereka, maka kalian akan merasakan betapa warga Desa Madoak sangat menghormati dan melindungi alam.


Dan begitulah Desa Madobak Mentawai dengan kekentalan tradisi yang dimiliki. Salah satu kunci sukses desa ini adalah pada masyarakatnya. Mereka dengan penuh komitmen tetap menjaga dan menghormati adat istiadat yang dibawa oleh leluhur mereka. Maka tidak salah jika desa ini juga merupakan salah satu destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism yang befokus pada pengembangan alam dan tradisi. Nah tunggu apa lagi, segera atur waktu ke sana ya travelovers. Pulang dari sana jangan lupa beli kalung, wadah atau tas yang terbuat dari batang sagu atau kerajinan lainnya ya. Selamat berwisata! /Ajeng/



#DesaMadobak #Madobak #Mentawai #Indonesia #MentawaiIdonesia #MentawaiIndonesiaAsia #Asia #DesaAdatMadobak #DesaAdatMentawai #MentawaiSumateraBarat #SukuMentawai #DesaWisataAdatMentawai #DesaWisataAdat #DesaWisataAdatIndonesia #TatoMentawai #Tatto #Tato #DesaWisataTerbaik #SUKSES #SuksesBersamaAlamDesaMadobakMenjagaRadisi #DesaMadobakMenjagaTradisi #AlamDesaMadobak #WisataDesaMadobal #TradisiDesaMadobak #AdatDesaMadobak #WisataAlam #WisataAdat #WisataTradisi #AdatMentawai #TradisiMentawai #AlamMentawai #LautMentawai #OmbakMentawai #MentawaiOcean #SurfingMentawai #SelancarMentawai #BerselancardiMentawai #Surfing #SustainableTourism #DestinasiWisata #DestinasiWisataBerkelanjutan #DestinasiSelancar #MentawaiSurgaPeselancar #SelancardiMentawai #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #Travelxism #Travelxismdotcom #Infotravelxism

0 views