Sukses Kampung Wisata Mural Joho, Solo



Travelovers, kita mampir ke tetangga dulu yuk. Terlalu sering traveling jauh, yang dekat jadi lupa belum dikunjungi. Nah, sekarang TRAVELXISM mau berkunjung ke Solo nih tetangga Jogjakarta. Kabarnya di sana sedang ada kampung wisata hits yang banyak dibicarakan di media massa.


Solo memang memiliki akar budaya yang tidak jauh dari Yogyakarta. Solo juga didaulat sebagai salah satu kota wisata budaya, sama seperti Yogyakarta. Tapi, untuk mempertahankan gelar wisata, pemerintah setempat tidak hanya menggantungkan diri pada aset pariwisata budaya dan sejarah. Pemerintah Solo juga mulai berekspansi memperkenalan urban tourism seperti Kampung Mural Joho.


Kampung Mural Joho ini terletak di Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah travelovers. Kalau dari Jogja kalian cukup naik Pramex (Kereta Solo-Jogja) dengan ongkos 8000 rupiah. Belakangan Kampung Mural Joho sukses memikat perhatian wisatawan Solo karena tempatnya yang unik dan istagramable.


Dukungan Penuh Warga


Warga sedang melakukan perawatan

foto: Pemerintah Surakarta

Usut punya usut Tim TRAVELXISM nih travelovers, kampung ini dulunya hanya kampung biasa saja hingga salah seorang warga kampung, yakni Marjanto yang memiliki gagasan agar kampungnya terkenal. Berbekal bakat sebagai seorang seniman, dirinya berinisiatif membuat mural di sepanjang dinding perumahan Kampung Joho. Usaha Marjanto tentu tidak mulus, awalnya warga sempat menolak pembuatan mural tersebut. Namun tanpa lelah dia memberikan pengertian kepada warga, dan akhirya usahanya membuahkan hasil. Kesabaran bapak Marjanto berbuah dukungan dari warga nih travelovers. Bahkan sekarang warga sudah turut membantu merawat dan mempromosikan Kampung Mural. Keren dan kompak kan travelovers.


Dukungan Penuh Pemerintah


Wali Kota Solo FX Hadi Rudytamo saat meninjau Kampung Joho Solo

foto: Tribunnews Solo

Selain warga, pemerintah juga memberikan dukungan penuh kepada masyarakat setempat terkait usaha pengembangan Kampung Mural ini. Hal ini dikarenakan pemerintah Solo memang sedang gencar mempromosikan dan membuat kampung wisata tematik yang dipersiapkan sebagai destinasi wisata di Solo. Dengan adanya kampung wisata ini tentu pemerintah berharap Solo bisa menjadi salah satu destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism yang dapat memajukan perekonomian warga dan turut merawat keindahan dan keadaan Kampung agar selalu bersih dan rapi.


Jam Bermain Mainan Tradisional


Jam Bermain, Anak-Anak Kampung Joho sedang melakukan pementasan wayang

foto: Koran Jakarta

Nah, untuk semakin mengukuhkan kesuksesan Kampung Mural Joho, maka tidak hanya mural yang ditawarkan. Dalam rangka pelestarian kebudayaan, maka pada saat hari Sabtu – Minggu mulai pukul 15.00 – 17.00 akan ada kegiatan permainan tradisional yang diperuntukkan bagi anak-anak. Pada hari tersebut pintu masuk kampung sengaja di tutup dan anak-anak dibebaskan dari gatget dan peralatan elektronik lainnya. Mereka mulai bermain tali, dakon, jilungan, dan permainan tradisional lainnya. Hal ini merupakan salah satu usaha warga kampung untuk melestarikan dan memperkanlakn permainan tradisional kepada anak-anak. Keren kan travelovers!


Menumbuhkan Perekonomian Warga


Salah satu Spot Foto Kampung Joho Solo

foto: Pemerintah Surakarta

Nah, terkenalnya Kampung Wisata Mural tersebut turut membawa perubahan bagi warga setempat. Perekonomian warga pun juga mulai meningkat dengan adanya usaha kuliner kampung. Dengan adanya usaha kuliner dan pendapatan dari wisatawan yang datang, pendapatan kas kampung pun semakin meningkat dan warga pun mendapatkan pembagian yang lumayan. Dengan adanya hal ini maka Kampung Wisata memang sejatinya layak dijadikan sebagai destinasi pariwisata atau sustainable tourism yang tidak hanya digunakan sebagai sarana menjaga lingkungan tapi juga menaikkan perekonomian warga setempat.


Nah travelovers, suksesnya Kampung Wisata Mural juga membawa sukses bagi warga setempat. Kampung Wisata Mural ini merupakan satu dari sekian banyak desa wisata yang mulai digalakan di Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism. Jadi, ayo kita berwisata di kampung! /Ajeng/


#KampungWisata #Solo #JawaTengah #Surakarta #SpiritofJateng #KampungWisataSolo #KampungWisataJawaTengah #KampungWisataMural #KampungWisataMuralJohoSolo #DestinasiWisata #Sustainabletourims #Destinasiwisataberkelanjutan #VisitSolo #VisitJawaTengah #KampungMuralSolo #KampungMuralJoho #VisitJoho #VisitSurakara #VisitIndonesia #ExploreSolo #JalanJalanSolo #KampungUnik #KampungWisataUnik #KampungWisataMenarik #ObjekwisataSolo #TempatWisataSolo #PemkabSolo #PariwisataSolo #SoloTheSpiritofJava #Traveling #TravelingSolo #Solotraveler #VisitIndonesia #PesonaIndonesia #WonderfulInfonesia #infowisatasolo #infowisata #infopariwisataindonesia #Traveler #Travelxism #InfoTravelxism #TravelxismDotCom


0 views