TANGKAHAN, PARADISE TERSEMBUNYI INDONESIA



Travelovers pernah nonton acara Planet Earth yang edisi Rain Forrest belum? Sayang banget kalau belum karena di sana ada salah satu hutan hujan tropis dari Indonesia lho. Hutan Hujan tropis ini terletak di Tangkahan, Sumatera Utara lho travelovers.


Tangkahan ini sendiri sebenarnya merupakan sebuah desa kecil yang berada di perbatasan Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara. Karena keindahan hutan dan alam yang dimiliki, Tangkahan kini menjadi salah satu destinasi wisata yang dikenal dunia. TRAVELXISM sudah merangkum beberapa kegiatan yang bisa travelovers lakukan di sana, berikut list kegiatannya.


Hidden Paradise-nya Indonesia


Hijau Asri Pepohonan dan Air Sungai Tangkahan yang segar

foto: Steemit

Tangkahan ini juga dikenal sebagai surga tersembunyinya Indonesia khususnya Sumatera. Disebut demikian karena lokasinya yang tersembunyi dan terpencil. Tidak banyak orang tahu keberadaan surga wisata ini. Berlatarbelakang hutan hujan tropis yang sejuk, Tangkahan ini benar-benar terlihat seperti surga. Gemercik air sungai yang jernih, suara khas hewan rimba dan deru air terjun semakin menambah alami suasana di Tangkahan. Benar-benar surga yang tersembunyi bukan travelovers?


Patroli Bersama Gajah


Petugas Patroli Hutan bersama gajah Tangkahan

foto: Jelajah Pulau

Selain menyuguhkan wisata alam, di Tangkahan ini juga terdapat sebuah tempat penangkaran gajah lho travelovers. Kurang lebih ada tujuh gajah di sana. Konon gajah-gajah tersebut dulunya merupakan gajah liar yang bermasalah dan mengganggu perkebunan warga. Namun, oleh Lembaga Pariwisata Tangkahan (LPT) gajah-gajah ini kemudian dilatih dan dirawat. Sekarang, gajah-gajah ini bahkan menjadi teman bagi warga dan para wisatawan yang datang.


Kalau travelovers ke Tangkahan jangan lewatkan kesempatan untuk berpatroli bersama gajah ini di Hutan ya. Bersama dengan petugas LPT gajah-gajah ini biasanya partoli di hutan untuk melindungi taman nasional dari Aktivitas Ilegal. Nah, bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan patroli bersama gajah ini, kalian cukup membayar biaya kontribusi sebesar 700 ribu rupiah.


Bermain Air dengan Gajah


Kegiatan Memandikan Gajah Tangkahan

foto: Kemenpar

Habis patroli berjam-jam di hutan pasti kotor dong travelovers. Nah, saatnya mandi. Di sungai-sungai Tangkahan ini biasanya disuguhkan atraksi mandi bersama gajah. Jadi, kalau misal travelovers tidak berani patroli naik gajah, kalian bisa ikut memandikan gajah di sungai. Nah kalau untuk ini, kalian cukup hanya membayar untuk biaya konservasi sebesar 100 ribu rupiah saja dan kalian bisa bermain sepuasnya bersama gajah. Atraksi mandi bersama gajah ini selalu ada setiap hari. Biasanya petugas akan memandikan gajah setiap pukul 9 pagi dan 4 sore.


Fun Tubing


Fun Tubbing di Sungai Tangkahan

foto: Kemenpar

Satu lagi yang tidak boleh travelovers lewatkan adalah fun Tubing manual yang dibuat oleh warga setempat. Fun tubing adalah kegiatan seperti berarung jeram di sungai dengan menggunakan ban mobil besar. Karena kondisi sungai yang kecil maka tidak memungkinkan menggenggunakan perahu arum jeram kan, jadi pihak pariwisata akan menyiapkan fun tubing dari susunan perahu yang terbuat dari ban dalam mobil. Satu orang bisa menaiki satu ban. Dan ini sangat menyenangkan sekali travelovers.


Oh ya travelovers, Tangkahan ini juga merupakan salah satu destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism lho. Hal ini karena desa ini selalu memberdayakan warga setempat untuk melayani wisatawan. Ada penerjemah dan pemandu yang berasal dari warga setempat. Selain itu, terdapat juga penginapan yang disediakan dengan suasana alami. Sehingga pariwisata secara tidak langsung juga menyokong perekonomian warga. Satu lagi yang membuat desa ini menjadi salah satu destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism adalah karena totalitas mereka dalam menjaga alam agar selalu terawat.


Nah, itu dia Tangkahan travelovers. Hidden Paradise yang berada di pedalaman Sumatera Utara. Letaknya hanya 3 sampai 4 jam dari Kota Medan, jadi akses ke sana masih terbilang mudah. Menurut TRAVELXISM, Tangkahan merupakan salah satu destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism yang cukup berkontribusi dalam menjaga alam dan pemberdayaan masyarakat setempat. Panorama dan atraksi bersama gajah yang unik ini juga semakin menjadi daya tarik tersendiri bagi Tangkanan. Jadi, tunggu apa lagi? Gajah di Tangkahan sudah menunggu kita untuk berlibur. /Ajeng/



#HutanIndonesia #Hutan #HutanHujan #HutanHujanTropis #HutanHujanTropisIndonesia #Rainforest #Indonesia #SumateraUtara #Tangkahan #TamanwisataTangkahan #GajahTangkahan #GajahIndonesia #Gajah #Forest #HiddenParadiseIndonesia #TamanNasionalGunungLeuser #TamanNasionalIndonesia #AtraksiGajah #PatroliHutanBersamaGajah #PatrolibersamaGajah #MandibersamaGajah #SustainableTourism #PariwisataBerkelanjutan #VisitIndonesia #PesonaIndonesia #Travelxism #Travelovers #TravelIndonesia #TravelxismDotCom #InfoTravel #InfoTravelIndonesia #Travelbloger #Traveler #Traveller #TravellingIndonesia #infoTravelxism



349 views