• Travelxism

Tebing Banyunibo : Sebuah Tebing Mini yang Wajib Kamu Kunjungi


Photo by: Mifta Sholikatin - Peserta STIP Travelxism - Universitas Jember

Tebing Banyunibo, memanglah tidak sebesar objek Tebing Breksi namun semangat pengelolanya untuk membangun objek wisata ini sangatlah besar. Hampir sama dengan Breksi, Tebing Banyunibo juga bekas penggalian tambang. Penambang batu di Sleman sudah mulai sadar dengan pentingnya menjaga sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Kini Tebing Banyunibo hadir menjadi salah satu objek wisata yang wajib banget kamu kunjungi untuk mendukung masyarakat lokal.


Destinasi Tebing Banyunibo tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta, kurang dari 30 menit dengan menggunakan sepeda motor kamu sudah bisa menikmati panorama di lokasi wisata tebing. Taman bunganya yang asri membuat kamu nyaman bila sambil menyantap menu yang disediakan di sini. Tidak hanya itu, suasana makin hidup bila wisatawan yang menggunakan Jeep datang untuk berfoto dengan berbagai cengkerama di sela-sela ekspresi bahagia mereka.


Tempatnya yang bersih dan pengelola Tebing Banyunibo yang sangat ramah menjadi daya tarik objek wisata ini. Bekas penggalian penambang juga disulap menjadi tempat untuk beraneka jenis ikan warna-warni. Jarak dari Candi Banyunibo menuju tebing juga sangatlah dekat, sehingga kamu bisa mengunjungi kedua tempat sekaligus bila berkunjung di sini.


Ingin lebih mendapatkan good experience? Tenang, Tebing Banyunibo menjadi rute tujuan jeep. Sehingga kamu dapat menikmati berbagai view di kawasan Kecamatan Prambanan. Kamu bisa beristirahat di pendopo ataupun sekedar nongkrong. Jika ingin melakukan ibadah sholat bagi muslim juga tidak perlu khawatir, di sini menyediakan musala. Sehingga aktivitas wisata kamu dapat berjalan karena didukung dengan berbagai fasilitas yang ada.


Selain wisatanya yang cukup baru, untuk memasuki objek wisata, kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Apalagi lapangan parkir yang disediakan cukup luas dan tertata rapi. So, tempat wisata ini telah melakukan persiapan yang sangat matang untuk menyambut pengunjungnya dari berbagai daerah.


Di pagi hari Tebing Banyunibo sering dijadikan tempat persinggahan bagi pesepeda untuk sekadar istirahat maupun berfoto ria di sekitar kawasan tebing. Kawasannya cukup mudah diakses dan tidak terlalu menanjak karena objek wisata ini tepat berada di bawah Candi Ijo, Watu Payung, Watu Langit, dan Tebing Breksi.


Bila kamu berkunjung ke Tebing Banyunibo jangan lupa untuk mencoba aneka menu yang ada di sekitar warung bakmi dan pecelnya sangat recommended untuk kamu coba. Kamu yang suka nongkrong juga sangat cocok untuk datang ke Tebing Banyunibo karena menyediakan berbagai aneka kopi dan berbagai jenis minuman lainnya. Berwisata sendiri maupun bersama keluarga, let’s choose!


Spot berfoto? Jangan khawatir, latar belakang pemandangan Tebing Banyunibo tidak akan kalah dengan spot-spot wisata lain yang ada di Jogja. View langit beserta kolam yang ada di sekitar tebing akan mendukung kualitas pemandangan untuk tangkapan kamera smartphone kamu. Jangan lupa, bila kamu upload di social media khususnya Instagram, tag akun @tebingbanyunibo agar tempat-tempat wisata di Jogja semakin dikenal dan tentu saja kamu membantu semangat masyarakat lokal dalam bidang pariwisata. Selamat berwisata!


/Muh. Fernanda - Peserta STIP Travelxism - Universitas Hasanuddin/

85 views0 comments