Tenang nan Damai di Pura Taman Ayun Bali


Hening dan tenang. Begitulah suasana yang terasa ketika memasuki kompleks Pura Taman Ayun Bali.

Pura Taman Ayun ini terletak ini di desa Mengwi Kabupaten Badung, kurang lebih 18 kilometer Barat Laut dari Denpasar dan 8 kilometer sebelah Barat Daya dari Ubud. Pura ini terlihat mengapung dari kejauhan karena dikelilingi kolam. Pura Taman Ayun Bali ini menyuguhkan kemegahan kompleks pura dengan pahatan-pahatan seni yang berasal dari jaman kerajaan.


Photo: Suasana Pura Taman Ayun yang desainnya dibantu oleh Ing Khang Ghoew

Source: Bali-Indonesia

Pura Taman Ayun ini memiliki makna taman yang indah atau tempat suci yang dikelilingi taman yang indah. Pura ini dibangun pada tahun 1632 selama dua tahun dan diresmikan dengan upacara adat pada tahun 1634 oleh seorang Raja Kerajaan Mengwi yang bernama I Gusti Agung Putu. Pura ini didesain dengan bantuan seorang rekan raja Mengwi, yakni Ing Khang Ghoew atau I Kaco. I Kaco juga merupakan seorang arsitek keturunan Cina yang berasal dari Banyuwangi.

Dikutip tim Travelxism dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dulunya Pura yang disebut sebagai Pura Kawiten atau Pura Keluarga ini dibangun oleh Raja Mengwi untuk menghormati para leluhur. Selain itu, pura ini juga dipakai sebagai taman dan tempat berekreasi dan beristirahat untuk para keluarga Raja Mengwi. Oleh karena itu, kompleks Pura Taman Ayun seluas sekitar 4 hektar ini ditumbuhi berbagai macam bunga dan pohon buah-buahan. Kompleks Pura ini menyuguhkan desain arsitektur tradisional yang memukau. Selain itu, Pura yang memiliki 10 bangunan Meru ini memiliki desain dengan konsep Tri Mandala seperti bangunan Pura di Bali pada umumnya. Konsep tersebut terdiri dari Nista Mandala (halaman luar), Madya Mandala (halaman tengah) dan Utama Mandaya (halaman suci). Utama Mandala ini berfungsi sebagai tempat peribadatan atau tempat untuk melaksanakan sembahyang.

Pura Taman Ayun ini menjadi salah satu tempat wisata yang dikunjungi oleh turis baik domestik maupun mancanegara. Selain keindahan yang ditonjolkan oleh Pura yang terletak di ketinggian 180-240 meter diatas permukaan laut ini, Pura Taman Ayun ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Bali pada tahun 2002 mengusulkan kepada UNESCO agar Pura ini dimasukkan dalam salah satu World Heritage List.

Dengan membayar sekitar Rp. 30,000, Travelovers bias menikmati keagungan dan keindahan yang terpancar oleh Pura yang menjadi salah satu destinasi favorit di Bali selain Pura Besakih lho!

Jadi, ingin mengunjungi Pura yang berbeda ketika di Bali? Datang saja ke Pura Taman Ayun ini! /Gilang Fauzi/

#Pura #Temple #PuraTamanAyun #Bali #TamanAyun #Mengwi

0 views