TERBANYAK, 1800 Lampion Terbang di Malam Waisak 2019


Penerbangan Lampion di Taman Lumbini, Kawasan Candi Agung Borobudur

Travelovers, kalian pasti tahu kan kalau Indonesia ini tempatnya satu dari tujuh keajaiban dunia. Yap benar sekali travelovers. Kita punya Candi Borobudur yang diakui oleh dunia sebagai salah satu situs warisan dibawah naungan UNESCO lho.


Nah, travelovers, tepat pada 19 Mei lalu, Tim Travelxism sempat berkunjung ke Candi Borobudur untuk turut mengikuti serangkaian kegiatan Waisak 2019. Moment Waisak di Candi Borobudur ini merupakan moment setahun sekali yang tidak boleh dilewatkan travelovers. Semua umat budha tumpah ruah di bangunan bersejarah itu untuk turut merayakan malam waisak. Tidak hanya dari Indonesia, beberapa juga datang jauh-jauh dari Thailand, Taiwan, Australia, Singapura, dan Eropa.


Bertajuk Pahami Hati, Tampakkan Kesejatian Diri, serangkaian acara waisak 2019 ini dilakukan di Taman Lumbini, kawasan Candi Agung Borobudur. Apa saja sih serangkaian acaranya travelovers? berikut Travelxism sudah merangkumnya untuk kalian.


Pindapatha di Candi Mendut


Prosesi di Candi Mendut

Pemandangan tidak bisa akan kalian lihat di area Candi Mendut, Magelang pada 18 Mei 2019 pagi. Ratusan bisku dari berbagai belahan dunia berkumpul di kawasan Candi Mendut untuk melakukan serangkaian acara Waisak 2019 yang diawali tradisi Pindapatha di candi tersebut. Barisan biksu dengan baju keagamaanya, oranye dan merah akan memanjatkan doa-doa di sana. Sungguh suasana yang menakjubkan, sampai merinding travelovers.


Setelah menyelesaikan serangkaian doa-doa, selanjutkan mereka akan bergerak ke halaman candi untuk melakukan Pindapatha. Di luar area doa, ribuan umat sudah menyambut sang guru yang membawa semacam cawan perak sampil baris berjalan. Pindapatha sendiri merupakan proses di mana umat memberikan persembahan kepada sang guru atas jasanya. Melalui tradisi Pindapatha ini para biksu atau bante belajar melatih diri untuk mengalahkan ego yang sombong, supaya mereka bisa hidup menghargai dari dana umat. Sedangkan bagi umat, persembahan mereka merupakan kesempatan untuk menanam pahala dari ladang subur Pindapata.


Meditasi Bersama Biksu


Prosesi penyalaan api sebelum penerbangan lampion

Nah, setelah melakukan serangkaian acara di pagi hari. Malam harinya Tim Travelxism segera meluncur ke Candi Agung Borobudur untuk melakukan acara selanjutnya. Di candi ini sebenarnya akan dilaksanakan acara pelepasan lampion yang selalu dinanti itu, tapi sebelum melepas lampion akan ada acara meditasi.


Meditasi sebelum pelepasan lampion ini bermaksud untuk melepaskan amarah jahat yang ada dalam diri umat dan pengunjung. Meditasi ini boleh dilakukan oleh semua orang lho travelovers, tidak terbatas hanya umat Budha saja. Kebetulan Tim Travelxism berada di lokasi, jadi kita turut ikut melakukan meditasi untuk melepas amarah dan mencari kedamaian dalam diri. Selesai melakukan meditasi rasanya lepas banget travelovers, bolehlah sesekali di coba di rumah ya. Supaya hati tenang dan pikiran jernih.


Penerbanan Lampion


CEO Travelxism menerbangkan lampion bersama pengunjung lain

Acara yang paling dinanti oleh semua orang selain berdoa adalah pelepasan lampion travelovers. Saking banyaknya pengunjung yang ingin berpartisipasi, tahun ini pelepasan lampion bahkan sampai dilakukan dalam dua kloter. Kloter pertama pukul 9 malam, sedangkan kloter kedua dilakukan pukul 11 malam. Berdasarkan penuturan panitia, tahun ini ada sekitar 1800 lampion yang diterbangkan lho travelovers. Dan perlu diketahui bahwa penerbangan lampion di Candi Agung Borobudur ini merupakan yang terbesar dan selalu dinanti.


Bagi kepercayaan orang Budha, lampion merupakan simbol kebijaksanaan yang dapat memberikan cahaya terang di dunia. Penerbangan lampion biasanya diawali dengan pemanjatan doa-doa dan keinginan supaya tahun selanjutnya terjadi perubahan yang lebih baik lagi. Travelxism juga turut meletakkan harapan lho di lampion kami.

Acara penerbangan lampion ini terbuka bagi seluruh umat ya travelovers, sehingga siapa saja boleh datang untuk turut menerbangkan lampion. Untuk ikut menerbangkan lampion kalian cukup menghubungi Walubi (Perwakilan Umat Budha di Indonesia) atau datang di loket yang berada di kawasan Candi Mendut. Dengan membayar 100 ribu rupiah, nanti kalian akan dapat karu identitas peserta penerbang lampion dan akses penerbangan. Tertarik?


Pradiksina di Candi Agung Borobudur


Candi Agung Borobudur dalam cahaya malam

Prosesi detik-detik Waisak 2019 ini sebenarnya berakhir pada pukul 4 pagi travelovers. Setelah penerbangan lampion pertama, para Biksu akan menuju ke altar utama untuk menerbangkan lampion. Setelah penerbangan lampion ke dua, prosesi selanjutnya akan dilakukan di Zona 1 Candi Borobudur. Di sana para Biksu dan umat Budha akan melakukan meditasi yang dilakukan dengan pemukulan gong sebanyak tiga akali dan pemercikan air suci yang diakhiri dengan tradisi Pradiksina.


Pradiksina sendiri merupakan tradisi pemberian hormat kepada para dewa yang telah tiada. Di Waisak 2019 ini Pradiksina dilakukan dengan mengelilingi Candi Agung Borobudur sebanyak 3 kali dan searah jarum jam. Kegiatan ini dilakukan di detik-detik akhir malam suci waisak.


Persiapan penerbangan lampion

Gimana travelovers? menarik sekali bukan perayaan Waisak di Candi Agung Borobudur? Acara tahunan ini memang sangat sayang untuk dilewatkan memang. Kapan lagi kan kalian bisa menerbangkan lampion di Candi Agung Borobudur dan merasakan sensasi Waisak yang hening dan khidmad. Jadi, tunggu apa lagi? Segera tandai kalender travelovers supaya tahun depan bisa ke Candi Agung Borobudur untuk menyaksikan event lampion terbesar di Indonesia. Perginya bersama Tim Travelxims ya tentunya. Sampai jumpa tahun depan!/Ajeng/


#waisak #waisak2019 #harirayawaisak2019 #trisuciwaisak2019 #candiborobudur #borobudurtemple #candimendut #menduttemple #waisakinborobudurtemple2019 #magelang #jawatengah #indonesia #lampion #lampionterbanyak #1800lampionterbang #langitborobudurpenuhlampion #lampion2019 #harirayaumatbudha #harirayaumatbudha2019 #malamwaisak #malamwaisak2019 #biksu #bikku #tradisipindapatha #pindapatha #meditasi #meditasiwaisak #penerbanganlampion2019 #penerbanganlampionwaisak2019 #penerbanganlampionwaisakdiborobudur #tradisipradiksina #pradiksina #travelxism #travelovers #timtravelxism #infotravelxism #travelxismdotcom #travelindonesia #lampionindonesia #travelinginindonesia #waisakinIndonesia #waisakindonesia2019 #visitindonesia #wonderfulindonesia #pesonaindonesia

0 views