Terbongkar, Ini Kunci Sukses Desa Waturaka, Ende



Travelovers mungkin tidak terlalu familiar dengan Desa Waturaka. Tapi bagaimana dengan Danau Tiga Warna di Gunung Kalimutu? Pasti tahu kan? Sajian danau yang selalu berganti warna tersebut memang tidak bisa dipungkiri lagi keindahannya. Nah, travelovers, untuk sampai pada Gunung Kelimutu, sejatinya kalian pasti melewati Desa Waturaka. Jadi seharusnya kalian tahu, hanya saja kurang memperhatikan.


Desa Waturaka terletak persis di kaki Gunung Kalimutu, Ende, Flores travelovers. Lokasinya yang berada satu kawasan dengan Taman Nasional Kelimutu seharusnya membuat desa ini makmur. Tapi nyatanya tidak begitu travelovers, sebab wisatawan hanya numpang lewat saja di desa tersebut. Baru beberapa tahun belakangan ini, para penduduk desa mulai berinovasi sehingga berhasil menyabet gelar Desa Wisata Terbaik se-kabupaten Ende dua kali berturut-turut, yakni 2014 dan 2015. Tidak sampai di situ saja travelovers, pada 2017 Desa Waturaka juga masuk ke dalam 10 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia. Luar biasa bukan. Penasaran ngga rahasianya apa? Berikut ini akan TRAVELXISM ungkap kunci sukses Desa Waturaka. Kali ini kunci suksesnya versi TRAVELXISM ya travelovers.


Mandiri, Tidak Bergantung Pada Wisata Alam


Guest House yang dibangun oleh warga

foto: Mongabay

Sebagai bagian dari Taman Nasional Kelimutu, tentu banyak potensi alam yang dimiliki. Selain danau tiga warna dan hamparan flora dan fauna, dekat Desa Waturaka juga masih terdapat wisata alam seperti sumber air panas dan air terjun yang tidak kalah indah. Hanya saja, harga tiket masuk taman nasional yang cukup murah tidak dapat memberikan keuntungan lebih pada warga masyarakat atau bahkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Oleh sebab itu masyarakat desa harus berinovasi dengan menjadikan Desa Waturaka sebagai salah satu destinasi wisata berkelanjutan atau sustainable tourism yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat desa. Sehingga mereka mulai membangun penginapan dan menawarkan wisata yang memberdayakan masyarakat desa.


Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat


Desa Watukara ini jaraknya kurang lebih 54 kilometer, sekitar 2 jam dari Kota Ende. Sedangkan para wisatawan yang datang ke Danau Tiga Warna hanya sekedar datang lalu pergi, sebab dulu tidak ada penginapan atau pariwisata yang bisa ditawarkan kepada wisatawan untuk barang sekedar mampir ke Desa Waturaka. Kemudian pada sekitar tahun 2013 sebuah Yayasan Swasta bernama Swisscontact WISATA menggandeng Ende, termasuk Desa Waturaka untuk megembangan Community Based Tourism atau Pariwisata Berbasis Komunitas/Masyarakat. Tujuan program tersebut selain untuk mengembangkan potensi wisata juga meningkatkan ekonomi warga masyarakat.


Kegiatan kerjabakti warga lokal bersama para wisatawan

foto: Mongabay

Program ini hampir sama dengan konsep pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism. Jadi, ketika travelovers berkunjung ke Desa Watukara, kalian juga bisa merasakan wisata masyarakat dengan menginap di penginapan warga, melakukan kegiatan sosial, berbaur bersama warga dalam keseharian, menikmnati budaya dan adat istiadat warga setempat, dan masih banyak lagi. Nah, kalau ini baru yang namanya paket lengkap destinasi wisata berkelanjutan atau sustainable tourism.


Optimalisasi Pokdarwis


Wisatawan berfoto di Air Terjun, salah satu potensi wisata Ende

foto: Nusa Flores Tour

Pembentukan Pokdarwis (kelompok sadar wisata) di desa ini tidak hanya sekedar pemenuhan syarat desa wisata ya travelovers. Pemerintah desa setempat sebisa mungkin melakukan pembekalan dan edukasi tentang wisata bagi masyarakat desa agar mereka sadar akan potensi wisata yang dimiliki. Alam sudah sangat mendukung di Desa Waturaka ini, hanya manusianya yang perlu dibentuk dan dilatih agar dapat memanfaatkan dan mengelola potensi wisata yang mereka miliki. Bersama dengan fasilitator lokal dari yayasan tadi, penduduk mulai belajar bagaimana berbaur dengan wisatawan dan memperlakukan wisatawan dengan baik dan benar. Sehingga mereka bisa siap dengan kedatangan wisatawan dan, pada akhirnya wisatawan dapat merasakan pengalaman berwisata yang tidak akan terlupakan. Bahkan tidak jarang penduduk setempat juga melibatkan para wisatawan untuk bekerja bersama di ladang atau melakukan kegiatan kerjabakti, sehingga mereka bisa merasakan kental dan akrabnya suasana pedesaan di Indonesia.


Menawarkan Pengalaman Agrowisata


Pengalaman bercocok tanam bersama warga setempat

foto: Flobamora

Pencipta memang telah memberikan berkat berupa alam yang berlimpah pada Desa Waturaka. Selain gugusan gunung dengan keindahan danaunya, udara dan tanah di Desa Waturaka juga berkualitas sangat baik, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai potensi agrikultural. Di mana potensi tersebut tidak hanya dimanfaatkan sebagai alat bertahan hidup tapi juga potensi wisata. Selain menawarkan wisata berbasis masyarakat, Desa Waturaka yang memiliki hamparan ladang pertanian yang luas juga menawarkan pengalaman bertani, berladang, dan berkebun di area pertanian tersebut. Sehingga para wisatawan dapat merasakan bagaimana rasanya masakan yang lansung dipetik dari ladang, dan mereka sendiri pula yang memetik. Pengalama tersebutlah yang kemudian dijual oleh Desa Waturaka sebagai salah sat destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism.


Dan begitulah bagaimana Desa Waturaka bisa membangun kesuksesannya sebagai desa wisata sekaligus ladang ekonomi bagi masyarakatnya. Desa Waturaka sebelumnya hanya desa perlintasan menuju Gunung Kalimutu, namun sekarang desa tersebut telah menjelama menjadi destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism yang memberdayakan warganya untuk meningkatkan ekonomi warga setempat. Jadi travelovers, kalau kalian berkunjung ke Danau Tiga Warna, jangan lupa singgah di Desa Waturaka ya. Selamat berwisata dan salam pariwisata dari tim TRAVELXISM! /Ajeng/



#DesaWisata #DesaWisataWaturaka #DesaWisataWaturakaEnde #DesaWaturaka #Ende #Flores #Indonesia #Asia #SustainableTourism #PariwisataBerkelanjutan #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #KunciSukses #KunciSuksesEnde #PesonaEnde #PesonaFlores #EcotourismEnde #Agrowisata #Waturaka #GunungKalimutu #DanauTigaWarna #TamanNasionalKalimutu #CommunityBasedTourism #WisataBerbasisMasyarakat #WisataalamWaturaka #KelilingIndonesia #ExploreIndonesia #ExploreFlores #AroundIndonesia #JelajahIndonesia #ExploreEnde #WisataIndonesia #TravellingIndonesia #Destination #Tourism #IndonesianTourism #VacationIndonesia #LiveInIndonesia #Travelblog #Instatravel #Travel #TravelIndonesia #Traveller #TravelBloger #Travelovers #Travelxism #Infotravelxism #Travelxismdotcom

0 views