TERKUAK! Desa Terbersih Ke Tiga di Dunia

Travelovers, apakah kalian tahu dimana desa terbersih di dunia? Apakah kalian tahu kalau salah satu dari tiga Desa terbersih di dunia ternyata berada di Bali. Desa tersebut adalah Desa Panglipuran, terletak di Bangli, Kintamani. Menurut Boombastis Global, desa ini layak menyandang gelar sebagai desa terbersih ketiga di dunia, setelah Desa Giethoorn, Overijssel, Belanda dan Desa Mawlynnong, Meghalaya, India. Berkat predikat itu, Desa Panglipuran kini mulai dilirik banyak wisatawan. Bahkan kabarnya, pendapatan desa ini sampai mencapai 3 Miliar pertahun. Bagi travelovers yang belum tahu tentang Desa Panglipuran, Travelxism akan mengupasnya untuk travelovers.


Nah, Desa Panglipuran ini tergolong sebagai salah satu destinasi pariwisata berkelanjutan/sustainable tourism lho travelovers. Hal ini karena selain menyeimbangkan antara alam dan manusia, desa ini juga turut mensejahterahkan penduduk setempat melalui wisata yang ditawarkan. Di desa ini setiap rumah diperbolehkan untuk berjualan dan menarik wisatawan. Sehingga masing-masing penduduk dapat mendapatkan pemasukan dari setiap wisatawan yang berkunjung ke rumah mereka. Wah memang sesuai sekali dengan kriteria pariwisata berkelanjutan/sustainable tourism ya travelovers.


Berawal dari Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Konon, Desa Panglipuran adalah desa adat biasa di Bali. Hanya saja memang desa ini terkenal sebagai desa yang masih sangat menjunjung tinggi nilai-nilai adat. Desa ini berubah menjadi wisata saat ada inisiatif dari mahasiswa Universitas Udayana yang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Para mahasiswa tersebut kemudian menata dan membangun taman bunga yang rapi di setiap pekarangan rumah warga. Jadilah sekarang Desa Panglinpuran ini sebagai salah satu destinasi wisata. Bukan seperti wisata umum yang lain, melainkan destinasi pariwisata berkelanjutan/sustainable tourism yang memajukan taraf hidup warganya.

Foto: Pesona Indonesia


Suasana Desa Panglipuran Bali


Aman dari Sampah

Sekilas jika diamati, Desa Panglipuran ini terlihat sama dengan desa lainnya. Hijau dan asri. Tapi, saat dilihat lebih dekat, ternyata tidak hanya hijau nih travelovers, tapi juga bersih. Tidak ada satupun sampah di sepanjang jalan. Desa ini tidak hanya bersih lingkungannya, tapi juga bersih udaranya. Ini salah satu destinasi pariwisata berkelanjutan/sustainable tourism yang cocok banget dikunjungi bagi travelovers yang lelah dengan debu jalanan kota. Jadi boleh lah istirahat sejenak dengan menghirup udara segar.

Foto: Sinar Harapan


Terlihat Bersih Tanpa Sampah


Tidak Menerima Polusi

Selain sampah, desa ini ini juga bersih dari asap. Segala macam jenis asap tidak diterima di Desa Panglipuran. Bahkan, penduduk yang memiliki kendaraan bermotor disediakan jalur sendiri agar asap kendaraan tidak masuk ke desa. Selain itu, para penduduk juga melarang asap rokok. Namun, bagi mereka yang ingin merokok, penduduk setempat sudah menyediakan ruangan tersendiri.

Foto: Indonesia Heritage


Desa Cerah Tanpa Polusi Udara


Wisata dalam Rumah

Mungkin ini adalah salah satu alasan kuat kenapa desa ini bisa bersih dari sampah, yakni wisata rumahan. Jadi travelovers, penduduk panglipuran sangat mandiri dalam mengelola wisata, sebab semua niaga dan kunjungan terjadi di dalam rumah. Tidak boleh ada yang berjualan di area luar rumah. Sehingga segala macam sampah wisata yang ada menjadi tanggung jawab pemilik rumah. Benar benar destinasi pariwisata berkelanjutan/sustainable tourism juga mandiri ya travelovers.

Foto: Bali Hello Travel


Suasana perumahan di Desa Wisata Panglipuran


Wisata Upacara Adat

Terkenal sebagai desa adat yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai budaya, pemandangan lain yang tidak boleh terlewat adalah upacara adat setempat. Selain meriah dan menarik, kesan harmonis dan sakral yang ditinggalkan membuat hati adem. Kalau travelovers penasaran, baiknya berkunjung ke Desa Panglipuran ini saat hari-hari besar seperti Galungan, Kuningan, dan Ngaben.

Foto: Tripadvisor


Pemandangan Penduduk Usai Beribadah


Pesona Alami Yang Asri

Selain menawarkan wisata, tradisi, dan upacara adat, hal terpenting yang tidak boleh dilewatkan dari desa ini adalah pemandangan alami pedesaan khas desa adat Bali. Tata letak desa yang bertingkat membuat para wisatawan selalu tertarik untuk mengabadikan momen wisata dengan latar suasana desa ini. Pokoknya, cocok banget untuk konten feeds intagram nih travelovers.

Foto: Bali Smart


Pemandangan Khas Alam Desa Adat


Nah itu dia Travelovers sekilas informasi dari Travelxism tentang Desa Wisata Panglipuran Bali yang sedang ramai diperbincangkan. Karena lokasinya yang cukup jauh yaitu kurang lebih 2 jam perjalanan, maka travelovers bisa menyewa jasa travel atau paket pariwisata. Banyak jasa yang tersedia, jadi travelovers tinggal memilih saja sesuai kebutuhan dan keinginan. Selamat berlibur travelovers./Ajeng/


#DesaWisata #Panglipuran #Bali #Indonesia #Asia #DesaAdatBali #PariwisataIndonesia #TravelIndonesia #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #PariwisataIndonesia #Travelxism #InfoTravelxism #Travelxismdotcom #PariwisataBerkelanjutan #Sustainabletourism

0 views