Tetap Mempesona! 5 Kota Tua Indonesia yang harus masuk Traveling list

Halo Travelovers! Kali ini Travelxism ingin mengajak Travelovers mengunjungi kota-kota yang akan membawa Travelovers kembali pada masa-masa lampau bahkan sebelum Indonesia merdeka lho. Kota-kota ini walaupun sudah tua dan berumur lama tapi tetap sejarahnya yang tak pernah mati dan bangunan-bangunan tua di kota-kota ini tetap cantik dan terlihat gagah. Jelas! Berkunjung ke kota tua akan membuat Travelovers lebih bisa mengenal tentang sejarah-sejarah masa lampau, siapa tau bisa memperbaiki masa depan dengan melihat masa lampau dan mempelajarinya. Kali ini Tim TRAVELXISM akan memberikan informasi 5 kota tua yang harus masuk Traveling list kalian! Berikut kota tua yang wajib kalian kunjungi:


1. Kota Tua Jakarta

Kota tua Jakarta menjadi traveling list pertama yang Travelovers harus datangi. Walupun kota ini tua tapi pesona tidak pernah tua loh. Travelovers bisa mengunjungi museum di Kota tua ini karena memang terdapat ada banyak museum mengelilingi wilayah ini seperti Museum Bank Indonesia, Museum Fatahilah, hingga Museum Seni Rupa dan Keramik. Disini Travelovers juga bisa menikmati suasana kota dengan bersepeda dimana Travelovers mengendarai sepeda ontel sambil menikmati bangunan peninggalan Kolonial Belanda yang memiliki arsitektur yang indah serta nilai historis yang tinggi. Travelovers juga bisa bepergian ke Toko Merah, Jembatan Kota Intan, sambil merasakan sensasi menaiki sepeda ontel. Jelas disini Travelovers bisa berfoto ria!


foto: indonesia-holidays.com/


2. Kota Lama Semarang

Travelovers harus tahu kalau Kota Lama Semarang merupakan pusat perdagangan dan pemerintahan Kota Semarang di abad ke-19 sampai abad ke-20 lho. Di kota Lama ini Travelovers akan menemukan bangunan dengan gaya arsitektur Eropa tahun 1700-an, mulai dari pintu dan jendelanya yang luar biasa besar, kaca-kaca nya yang berwarna, bentuk atap yang unik, sampai adanya ruang bawah tanah, semuanya masih dipertahankan bentuk aslinya loh . Disini bangunan lamanya seperti Gereja Blenduk, Stasiun Tawang, dan Pabrik Rokok Praoe Layar masih masih beroperasi dan difungsikan hingga sekarang. Wah bakal seru banget nih mengunjungi Kota lama Semarang, apalagi disini Travelovers juga bisa membeli barang-barang antik seperti uang kuno, lukisan, dan barang-barang elektronik lama. Travelovers dapat menemukan barang-barang yang dipakai di masa lampau di Pasar Sriguting, Kota Lama Semarang.


foto: travelingyuk.com


3. Kota Tua Palembang

Kota Palembang merupakan kota tua yang menjadi saksi dari sejarah kerajaan Sriwijaya yang menganut agama Budha. Kota Palembang, dapat juga memberikan keindahan yang bersejarah untuk Travelovers loh. Di Palembang, Travelovers bisa berfoto di Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota Palembang serta mendengarkan cerita pajang dalam pembuatannya. Ada juga Museum Bala Putera Dewa yang mempunyai koleksi peninggalan Kerajaan Sriwijaya atau bisa juga mendatangi Pulau Kemaro, yakni sebuah delta kecil di Sungai Musi. Bangunan-bangunan tua lainnya banyak tersebar di Palembang seperti di Jalan Sekanak dan Jalan Merdeka.


foto: gpswisataindonesia.info



4. Kota Tua Bandung

Kota Kembang ini juga memiliki keindahaan peninggalan sejarahnya yang bisa Travelovers nikmati. Jalan Asia Afrika, Bandung yang memiliki bangunan-bangunan tempo dulunya dan menjadi pusat kota tuanya Bandung ini memiliki bangunan bersejarah yaitu Gedung Merdeka. Gedung Merdeka merupakan gedung yang menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika pertama. Travelovers juga bisa berjalan-jalan di Kawasan Braga, tepatnya di De Majestic dan menyaksikan berbagai konser musik, pementasan tari tradisional maupun modern, hingga pameran berskala nasional seperti lukisan hingga barang antik.


foto: yuniyuniwahyuni.wordpress.com


5. Kotagede, Yogyakarta

Yogyakarta yang dikenal dengan sejarah kebudayaan yang panjang dan sudah lama berperan sebagai pusat kebudayaan Jawa, memiliki kota tua yang harus didatangi lho Travelovers. Kota tua tersebut bernama Kotagede. Kotagede dikenal sebagai situs tempat pendiri Kerajaan Mataram baru, Panembahan Senopati yang mendirikan istananya pada tahun 1575. Nama Kotagede berasal dari Kota berarti kota dan Gede berarti Besar, jadi Kotagede adalah kota besar. Di Kotagede, Travelovers dapat menjelajahi situs bersejarah ini dengan menikmati tur Heritage Kotagede setengah hari yang meliputi Pasar Tradisional Kotagede, Makam Raja-Raja Mataram (Makam Panembahan Senopati), Gang-gang Tua, Antara Dua Gerbang, Watu Gilang, dan Masjid Kotagede yang dianggap sebagai masjid tertua di Yogyakarta. Kotagede juga menawarkan pengalaman bagi mereka yang menyukai arsitektur kuno dan antik. Selain itu, Kotagede juga merupakan pusat seni perak dan beberapa kerajinan perak. Jadi, Travelovers dapat membuat ataupun membeli pernak-pernik perak disini.


foto: panduanwisatajogja.com


Datang ke kota-kota yang menyimpan sejarah Indonesia akan memberikan sesansi yang berbeda loh Travelxism. Sejarah juga memang ada bukan untuk dilupakan, ini bisa jadi perjalanan liburan yang menyenangkan dan memberi pengetahuan akan sejarah-sejarah Indonesia./Amorita/


#KOtaTua #KotaTuaIndonesia #KOtaTuaJakarta #KelilingJakarta #VisitJakarta #MuseumKotaTua #KotaLamaSemarang #StasiunTawangSemarag #GerejaBlenduk #PasarSriuting #KelilingKotaLamaSemarang #KotaTUaPalembang #SaksiSejarang #MuseumBalaPutera #BangunanTua #PenuhSejarah #TempoDulu #KotaTuaBandung #DeMajestic #Tradisional #BarangAntik #KotaGedeYogyakarta #Budaya #ArsitekturKuno #KelilingYgyakarta #KelilingBandung #PesonaKotaTua #WisataTempoDulu #Travexism #Travelxismdotcom #Infotravelxism #Travel #Traveler #Instatravel #TravelBloger #Infowisata #PesonaIndonesia #TravelIndonesia #NapakTilasSejarah #Liburanseru #SejarahIndonesia #WisatasejarahIndonesia

139 views