Tips Ampuh Hidup Hemat di Perth


Jika kalian pernah bermimpi untuk pergi ke Australia, kalian dapat mewujudkannya dengan tiga hal ini. Pertama, kalian dapat berkunjung ke Australia sebagai turis dengan visa turis tentunya. Ada berbagai syarat yang harus dipenuhi dan kalian dapat mendapatkan informasi serta cara mengajukan aplikasi visa turis di tautan ini. Visa turis ini dapat berlaku sampai 3 tahun, jadi kalian bisa keluar masuk Australia (Multiple Re-Entry Permit) selama tiga tahun dengan jangka waktu maksimal kunjungan yang bervariasi. Tentunya persyaratan yang dibutuhkan dan prosesnya juga lebih ketat. Dengan visa ini, kalian dilarang bekerja dan akan dideportasi jika tertangkap petugas keimigrasian. Yang kedua dengan mengajukan aplikasi Working Holiday Visa. Dengan visa WHV subclass 462 ini, kalian diperbolehkan berlibur sambil bekerja di Australia selama satu tahun. Untuk informasi, persyaratan dan cara pengajuan, dapat dilihat pada tautan ini. Sedangkan yang terakhir, kalian bisa mengajukan aplikasi untuk mendapatkan beasiswa untuk studi lanjut di Australia. Universitas di Australia biasanya akan memberikan beasiswa tergantung dari prestasi kalian. Beberapa mahasiswa yang kami wawancara disini pun mendapatkan beasiswa baik dari pemerintah Australia melalui Australia Awards Scholarship maupun dari pemerintah Indonesia berupa beasiswa LPDP. Lalu bagaimana dengan kehidupan di Australia contohnya biaya hidup ketika kalian ternyata berhasil mendapatkan salah satu visa dan tinggal di Australia, salah satunya di Perth. Ya! Kita memang harus cerdas dalam urusan berhemat. Berikut ini beberapa tips ampuh untuk hidup hemat di Perth.


Photo Credit: Redaksi Travelxism

1. Tempat Tinggal


Photo Credit: Redaksi Travelxism

Untuk urusan tempat tinggal, biasanya banyak mahasiswa Indonesia atau orang Indonesia tinggal di sekitar universitas. Alasannya cukup sederhana, yakni mereka dapat tinggal dalam satu rumah dengan menyewa salah satu kamar dari beberapa kamar yang tersedia. Rumah Australia, terutama di kawasan sekitar universitas biasanya besar dan memiliki lebih dari 3 kamar. Untuk biaya sewa rumah beragam antara 300-450 Australian Dollars per minggu. Akan tetapi, dengan menyewakan kamar-kamar yang tidak terpakai (shared room), mereka bisa sharing cost untuk biaya sewa rumah jadi lebih murah. Untuk urusan bills atau biaya-biaya itu didiskusikan secara kekeluargaan dan masing-masing penyewa mendapatkan beban biaya yang sama. Cara mendapatkan informasinya memang harus meiliki usaha yang lebih, yaitu mencari group-group asosiasi mahasiswa Indonesia di Perth. Setiap universitas biasanya memang memiliki asosiasi mahasiswa Indonesia. Kalian bisa menghubungi mereka lewan akun-akun sosial media yang mereka miliki. Cara lainnya adalah kalian dapat mencari akomodasi sementara lewat beberapa website akomodasi online seperti Airbnb khusus area Perth yang harganya juga relatif lebih murah dari harga hotel per malamnya.

2. Makanan


Photo Credit: Redaksi Travelxism

Untuk perihal makanan, biaya yang dikeluarkan jika kita memasak sendiri akan jauh lebih kecil dibandingkan jika kita makan diluar (eat out). Bayangkan saja! Satu kali makan di luar, kita harus merogoh kocek sekitar 15-25 dolar yang mana terkadang itu hanya makan saja tanpa minum. Kita memang bisa meminta minum air putih yang mana berasal dari air keran (tap water). Benar! Tap water! Tidak seperti di Indonesia, tap water di Australia itu bisa diminum lho! Menurut beberapa pengalaman mahasiswa yang studi lanjut di Perth ini, mereka biasanya menghabiskan uang belanja antara 100-150 dolar untuk satu sampai dua minggu. Angka ini jauh lebih murah! Banyak pasar-pasar murah yang juga menyediakan bahan makanan murah. Kesempatan ini, tentu tidak disia-siakan baik oleh para mahasiswa maupun warga negara Indonesia yang tinggal disini untuk menghemat pengeluaran. Bahkan beberapa supermarket pun juga sering mengeluarkan diskon besar-besaran untuk beberapa bahan makanan. Akan tetapi ada satu hal unik yang diutarakan beberapa mahasiswa disini. Biasanya mereka selalu menyimpan mie instant dari Indonesia yang sudah mendunia! Alasannya cukup sederhana, yaitu selain instant dan ingin hemat, menyantap mie instant baik rebus maupun goreng dicampur telur merk yang ini dapat mengobati kerinduan mereka akan Indonesia!

3. Transportasi


Photo Credit: Redaksi Travelxism

Sistem transportasi di Perth menurut pengamatan tim redaksi sudah sangat bagus. Transperth mempunyai 3 jenis moda transportasi massal, bus, kereta, dan perahu cepat. Walaupun berbeda-beda tergantung jenis penumpangnya, tarif Transperth cukup affordable bagi berbagai kalangan. Yang menarik dari Transperth ini, mereka memiliki Transperth Ferry, yakni kapal Ferry yang beroperasi membawa penumpang menyeberangi Swan River dari Elizabeth Quay Ferry Terminal menuju South Perth. Biasanya banyak baik penduduk lokal maupun wisatawan yang menggunakan fasilitas ini. Kebanyakan para wisatawan menggunakan Transperth Ferry untuk berkunjung ke Perth Zoo. Selain itu, Transperth juga sangat handy karena baik jadwal maupun lokasi bus stop atau terminal dapat diakses lewat aplikasi Transperth melalui ponsel pintar! Untuk wisatawan dengan itinerary yang hanya beberapa hari bisa mengkombinasikan penggunaan transportasi massal ini dengan menyewa mobil. Di Perth, banyak tempat penyewaan mobil yang murah. Harganya berkisar mulai dari 49-99 dolar Australia sehari tergantung jenis mobil. Harga tersebut juga terkadang ada yang sudah termasuk asuransi atau tidak. Memang benar bahwa menyewa mobil bisa membuat itinerary menjadi lebih fleksibel dan lebih worth terutama jika ingin mengunjungi tempat-tempat yang lumayan jauh. Namun, jika memang kamu ingin menyewa mobil, kami sangat menyarankan anda juga harus membayar biaya asuransi di tempat penyewaan mobil tersebut karena anda tidak perlu "susah" jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan mobil sewaannya.

4. Hiburan/Entertainment/Rekreasi


Photo Credit: Redaksi Travelxism

Banyak hiburan tersedia di Perth baik dari yang berbayar maupun yang gratis. Tempat-tempat di pusat keramaian biasanya juga tersedia sarana hiburan. Namun, untuk hal hiburan, tergantung dari hiburan apa yang kamu inginkan. Jika bosan, kamu bisa berkeliling di Fremantle dengan desain arsitektur bangunan klasiknya. Disana juga terdapat berbagai fasilitas gratis yang bisa digunakan para wisatawan maupun penduduk lokal seperti sarana rekreasi yang menjadi fasilitas umum. Meja pingpong warna-warni dan catur seukuran anak kecil adalah "salah dua" sarana hiburan yang dapat digunakan. Memang terlihat sangat sederhana, namun fasilitas ini cukup memberikan hiburan yang seru nan gratis bagi para pengunjung. Di Perth CBD, para wisatawan maupun penduduk lokal biasanya pergi ke restauran, bar, cafe ataupun shopping center baik hanya untuk sekedar window shopping maupun untuk bertemu dan hang out dengan kerabat dan teman-teman. Banyak tempat-tempat di sekitar CBD yang dapat dikunjungi di Perth. Silahkan kunjungi juga tautan ini. Untuk hiburan keluarga, pemerintah Australia membangun banyak fasilitas taman bermain ramah anak yang dapat dipergunakan secara cuma-cuma! Hampir di setiap suburb pasti taman bermain dapat ditemukan dengan mudah. Selain ramah anak, taman bermain ini dilengkapi dengan arena bermain anak. /Gilang Fauzi/

#hemat #Perth #tempattinggal #hiduphemat #makanan