Tips Super Praktis Traveling ke Jepang dengan Keluarga dan Balita

Updated: Jan 22, 2019


Travelovers! Kebayang ngga sih, pas traveling itu di bandara pasti selalu hectic, apalagi kalau kalian traveling dengan keluarga. Mikirin luggage, carry-on, belum lagi harus fokus mengawasi anak yang kadang suka lari kemana-mana. Ribet banget! Baik di bandara maupun di tempat tujuan traveling. Nah, berikut ini 8 tips super pas kamu traveling ke Jepang dengan keluarga dan membawa anak. Jika ternyata tips dari pengalaman kami ini bisa dipakai ketika traveling kemanapun, kami pun sangat senang. Kalau kalian punya tambahan tips, bisa share juga ya. Selengkapnya, tips ini juga bisa ditonton di youtube channel kami di Travelxism (jangan lupa subscribe ya Travelovers).



Berikut ini tips yang kami berikan jika kalian traveling ke Jepang dengan keluarga dengan membawa anak balita:

1. Stroller sangat membantu

Walaupun hectic berkurang setelah check-in dan drop luggage, tetap aja ribet apalagi kalau anakmu berumur kurang dari 5 tahun. Pastinya harus sering menggendong anak sekaligus bawa carry on. Nah, untuk mengatasinya, bawalah stroller. Stroller nya pun harus ringkas, mudah dilipat dan tidak terlalu besar. Kalau terlalu besar. Bukannya membantu, stroller ini malah akan lebih menyusahkanmu pas . Anakmu bisa dinaikkan ke stroller, jadi kamu tidak perlu repot lagi gendong anakmu. Kasian juga kan, kalau harus gendong apalagi kalau minta anakmu jalan. Belum lagi kalau gate nya jauh plus kalau anakmu lari kemana-mana. Stroller yang ringkas dan mudah dilipat akan memudahkan kamu bawa stroller nya ke kabin. Jadi ga perlu repot-repot minta untuk menyimpannya.

2. Cari Kids Zone di Bandara terutama ketika transit

Membawa anak balita yang diumurnya masih sangat aktif, sungguh menjadi tantangan sendiri untuk traveling bersama keluarga. Betul ga Travelovers? Nah, jika kalian sedang berada di bandara atau sedang transit di bandara sebelum terbang ke Jepang, carilah kids zone. Selain membawa stroller agar mereka bisa tetap terjaga, Kids Zone ini sangat membantu kita sebagai orang tua untuk sedikit beristirahat dan melepas lelah namun tetap membuat anak-anak senang karena bisa bermain!

3. Pesan makanan online kalau harga tiket yang kamu beli tidak termasuk meals on board

Perjalanan ke Jepang dari Jakarta ke Tokyo itu tidak sebentar lho Traveovers! Jadi di perjalanan pasti kita akan merasa lapar. Untuk memudahkan kita ketika traveling, pesanlah makanan untuk on board secara online. Keuntungannya adalah waktu istirahat kita di pesawat tidak terganggu untuk memilih makanan. Kemudian pilihannya pun terbatas dibandingkan dengan menu ketika memesan secara online. Selain itu, harga makananpun lebih murah jika kita memesan secara online dibandingkan jika membeli di atas pesawat dengan menu yang sama. Oh ya, hampir lupa! Untuk anak-anak, kita bisa pesan Kids menu juga lho!

4. BIG NO NO FOR HIGH HEELS

Travelovers, kita ini ingin traveling, bukan untuk pesta ataupun bekerja. Nah, apalagi kalau traveling dengan keluarga plus membawa anak, alangkah lebih bijak jika kita memakai footwear yang jauh lebih nyaman seperti sneakers. Janganlah waktu yang bagus untuk traveling dan liburan ini terganggu dengan sepatu atau alas kaki yang sangat tidak nyaman. High Heels juga sangat tidak cocok di medan-medan yang berpasir atau bertanah. Apalagi kalau harus berjaan di bebatuan, hal ini akan sangat menyusahkan kalian Travelovers! Jadi, NO for high heels.

5. Bawa Ransel instead of hand bag

Travelovers, kita bisa membayangkan jika kita traveling bersama dengan membawa anak, maka barang bawaan kita pasti banyak. Tidak hanya ketika kita di perjalanan pergi ke Jepang. Ribet di airport, bawa koper, stroller, minuman, belum lagi mainan anak/boneka, tas anak, dokumen, dan lain-lain. Nah, agar lebih ringkas dan efektik, sebaiknya kita membaga backpack atau tas punggung. Banyak barang yang akan bisa dimasukkan disana. Selain itu membawa backpack juga memudahkan kita untuk mobile tanpa harus ribet bawa ini itu. Dengan handbag akan lebih menyulitkan!

6. Bawa obat-obatan pribadi

Sakit adalah satu hal yang paling menyebalkan ketika traveling. Saat-saat keseruan kita hilang kalau kita sakit. Bawa obat-obatan pribadi baik untuk kita sebagai orang tua maupun untuk anak-anak akan sangat membantu sekali lho. Paling tidak, obat-obatan standar seperti yang biasa kita minum seperti obat batuk, masuk angin, sakit perut, sakit maag, sakit kepala, salep, minyak kayu putih,dan minyak tawon botol kecil. Nah semua obatnya jangan lupa dimasukkan kedalam sealed plastic atau plastik yang ada perekat diatasnya ya.

7. Kids Activity Kit

Travelovers, kami menyadari kalau barang bawaan sudah banyak walaupun kita berusaha tetap travel light. Tapi ada satu hal yang harus dibawa. Kid’s activity kid. Nah untuk kit nya ini tidak harus mainan lho. Kalian juga bisa membawa sesuatu yang menarik dan bisa membuat anak tetap sibuk. Nah, kalau kami akan membawa buku mewarnai dan buku sticker! They are very helpful! Terutama buku sticker! Kids love it so much! Dan buku ini tidak akan selesai bahkan setelah kita pulang! That happens to us!

8. Minum vitamin C

Percaya ngga sih Travelovers kalau terkadang traveling itu melelahkan (walaupun sangat menyenangkan)? Nah disaat itu pula kondisi tubuh terkadang menurun. Jadi Vitamin C bisa membantu tubuh kita untuk tetap fit agar bisa menikmati traveling kita! Selain itu,kita juga bisa meminum banyak air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena traveling atau selama di perjalanan. Kalau kita terkena dehidrasi, itu juga akan mengganggu waktu traveling kita yang sangat berharga.



Nah, itulah tips dari kami Travelxism ketika Travelovers traveling ke Jepang bersama keluarga terutama dengan membawa anak-anak. Semoga tips ini cukup membantu, jadi tidak membuat kalian stress dan tidak mengganggu keseruan traveling kalian!

Happy traveling Travelovers! /Gilang Fauzi/

#tips #TravelingwithFamily #traveller #traveling #Tsumago #TsumagoJuku #Nagano #Japan #FamilyJapanTrip #Familytrip #TravelingkeJepang #Family #Familyjourney #FamilyinJapan #Jepang #TipskeJepang #Travelxism #Travelovers #Travel #JalanJalan