TOP 9 Makananan Khas Banjar ini Wajib Cicip



Aloha travelovers, setelah berkelana sekian lama ke berbagai penjuru dunia, rasanya kurang afdol kalau Travelxism tidak isi asupan gizi. Terlalu lama berwisata lama-lama lapar juga ya travelovers. Untuk mengatasi permasalahan perut ini, Travelxism akhirnya menjatuhkan hati untuk mencicipi makanan khas Banjarmasin.


Kota yang masuk di wilayah Kalimantan Selatan ini juga memiliki berbagai olahan yang patut dicoba travelovers. Memiliki cita rasa masakan yang khas dengan rasa gurih, asam, pedas, manis. Kota seribu sungai ini memiliki berbagai olahan ikan sungai yang khas lho. Tapi, tidak hanya olahan ikan sungai, ada banyak juga olahan yang maknyus di kota ini selain soto banjar dan nasi kuning yang sudah terkenal seantero raya. Nah travelovers, berikut ini beberapa kuliner khas banjar yang juga wajib di coba menurut lidah Travelxism.


Gurihnya Patin Baubar


Patin Bakar Khas Banjar

foto: Sumber

Patin Baubar ini merupakan ikan patin pepes travelovers. Yang membuat masakan ini lain dari pepes yang lain adalah bumbu dan cara olahnya. Baluran rempah yang terkandung dalam setiap daging ikan patin ini tidak pelit travelovers, jadi cita rasa gurih bercampur rempah yang kuat akan terasa saat disantap. Ditambah lagi cara masak yang dilakukan dengan cara dibakar yang membuat bumbu semakin meresap, sehingga rasanya tidak perlu diragukan. Aroma pembakarannya saja sudah membuat perut semakin ramai keroncongan.


Segarnya Cacapan Asam


Segar, Cacapan Asam khas Banjar

foto: Tribunews

Cacapan asam ini merupakan cocolan pendamping yang biasa disajikan untuk menemani olahan ikan yang digoreng, bakar, atau diasinkan. Sesuai namanya, asam, olahan yang satu ini pastinya terdiri dari bahan yang asam. Irisan bawang merah, cabai, asam jawa, dan buah-buahan segar seperti mangga dicampur jadi satu kemudian ditambah dengan garam dan penyedap rasa. Hmm, dicocol ikan bakar pasti seger banget ya travelovers.


Sayur Kembang Tigarun


Sayur Kembang Tigarun yang sudah jarang ditemukan

foto: Pictame

Kalau di Jawa bisanya kita mengenal sayur kembang papaya, nah di Banjarmasin juga ada sayur kembang nih travelovers, namanya sayur kembang tigarun. Sayur ini berasal dari tanaman tigarun yang daun, bunga, dan batangnya bisa diolah. Kembang Tigarun ini biasanya diolah menjadi sayur berkuah atau lalapan pendamping. Namun sayang travelovers, karena tumbuhan Tigarun merupakan tumbuhan musiman, maka olahan yang satu ini juga menjadi sulit didapatkan kalau tidak musimnya.


Lontong Orari dan Ketupat Kandangan


Lontong Orari dengan bentuk yang khas

foto: Harivalzakuya

Pecinta olahan santan wajib merapat ke Banjarmasin untuk mencicipi makanan yang satu ini. Dilihat dari kuahnya kedua olahan ini tidak jauh berbeda dengan opor. Bedanya, adalah pada ketupat dan lontongnya. Ketupat Kandangan ini bentuknya sama dengan ketupat pada umumnya, tapi bedanya di dalam ketupat ini ada isian berupa potongan ikan gabus asap travelovers. Kalau lontong orari, bentuk lontongnya yang beda dengan lontong yang lain, dan sajian lauknya pun berupa ikan. Ngga kebayang kan travelovers nikmatnya.


Sate Tulang


Plating Sate Tulang Khas Banjar

foto: Resep Nusantara

Karena namanya tulang jangan jangan dibayangkan kalau yang dijadikan sate ini benar-benar tulang ya travelovers. Sate tulang yang satu ini berasal dari dari kulit ayam, lemak ayam, atau leher ayam yang digiling dan dibumbui dengan bumbu habang khas Banjarmasin yang manis gurih. Wah membayangkannya saja membuat mulut kita berair. Pasti rasanya sedap sekali ya Travelovers!


Nasi Itik Gambut


Masih Tradisional, Nasi Itik Gambut Banjar dibungkus daun pisang

foto: Justin Larissa

Meski banyak olahan itik, namun olahan itik gambut khas Banjarmasin ini yang paling menggoyang lidah. Daging itiknya lembut dan bumbunya meresap sampai ke dalam. Rasanya yang pedas manis membuat penggemar Itik Gambut selalu jadi olahan unggas yang selalu di nanti. Maknyus banget pokoknya travelovers.


Bubur Baayak


Bubur Baayak Banjar disantap dengan santan

foto: Twgram

Bosan makanan manis dan gurih, kita beralih ke masakan manis khas Banjarmasin. Kalau di Jawa ada jenang, di Banjarmasin ada Bubur Bayaak. Penampilannya hampir mirip dengan bubur sum-sum, namun bedanya ada di teksturnya. Tekstur bubur ini lebih kental dan di dalamnya terdapat butiran-butiran tepung. Selain itu, cara masak bubur ini dengan menggoyang-goyangkan atau dalam bahasa banjar disebut dengan ba-ayak.


Mandai


Olahan Mandai yang sudah jadi

foto: Resep Borneo

Terakhir tapi bukan makanan terakhir adalah Mandai. Kuliner khas Banjarmasin yang satu ini terbuat dari dari kulit buah cempedak, buah mirip nangka khas Kalimantan Selatan. Di daerah Kalimantan Selatan buah cempedak biasanya diolah menjadi sayur atau ditumis. Namun, ada olahan camilannya juga. Jadi cocok untuk oleh-oleh. Kalau untuk oleh-oleh, kulit buah cempedak akan diawetkan dengan garam, kemudian disimpan. Nah, travelovers, konon, semakin lama mandai diawetkan, rasa asamnya akan bisa lebih terasa.


Nah, travelovers, gimana? Sudah lapar? Kalau jalan-jalan ke Banjarmasin jangan lupa isi perut dengan rekomendasi kuliner Travelxism ya. Selamat berlibur dan berwisata kuliner. /Ajeng/


#Banjarmasin #Banjar #KalimantanSelatan #SouthBorneo #Indonesia #KulinerBanjar #KulinerIndonesia #Sotobanjar #nasikuningbanjar #olahanikansungai #patinbakar #Cacapanasam #Sayurkembangtigarum #Satetulangbanjar #satetulang #LontongOrariBanjar #LontongOrari #KetupatKandangan #Ketupatkhasbanjar #Nasiitikgambut #Nasiitikgambutbanjar #nasiitikbanjar #Buburbaayak #Buburbaayakbanjar #Baayak #Mandai #Mandaikhasbanjar #MandaioleholehBanjar #Buahcempedak #Olahancemepedak #TOP #Makananan #Khas #Banjar #Wajib #Cicip #TOP9 #TOP9Makananan #TOP9MakananKhas #TOP9MakananKhasBanjar #TOP9MakananKhasBanjarini #TOP9MakananKhasBanjarIniWajib #TOP9MakananBanjarIniWajibCicip #KulinerTravelxism #Travelxism #Travelkuliner #Travelxismdotcom #Infotravelxism #IndonesiaCulinary #BorneoCulinary #Foodies

0 views