Unik! 5 Ikon Pariwisata ini Berasal dari Mitos!

Updated: Jul 26, 2019

Travelovers pernah engga sih ingin mendatangi tempat wisata karena mitos yang dimilikinya. Indonesia yang mempunyai beragam budaya memunculkan banyak sekali mitos lho Travelovers. Sampai-sampai tempat pariwisata yang ada di Indonesia bisa jadi terkenal karena adanya mitos tersebut. Oarang-orang menjadi pensaran akan kebenarannya atau sekedar ini melihat langsung mitos yang ada sehingga menjadikan mitos tersebut ikon dari sebuah tempat pariwisata. Tim TRAVELXISM akan mencoba menjabarkan tempat wisata apa saja yang menjadi terkenal karena mitosnya.


1. Jangan Menoleh ke Belakang!

Di film 5cm saat kumpulan sahabat mendaki Gunung Semeru, ada sebuah tanjakan panjang yang mana hingga saat ini menjadi terkenal akan mitosnya lho. Orang-orang sering menyebut tanjakan yang ada di spot Ranu Kumbolo ini dengan Tanjakan Cinta. Mitos yang beredar dan menjadi sangat populer yang melekat di Tanjakan itu adalah mengenai para pendaki yang melewati tanjakan ini dan mempunyai kekasih hati akan terus langgeng ketika mendaki tanjakan ini sambil focus memikirkan kekasihnya. Eitsss! Namun ingat jangan menoleh kebelakang, kalau menoleh kebelakang maka harapannya yang diinginkan akan menjadi buruk. Hubungan Travelovers dengan kekasih hati akan menjadi berkahir. Boleh percaya atau tidak ya Travelover! Tapi mitos ini yang membuat Tanjakan Cinta menjadi sangat terkenal di kalangan para pendaki.


foto: indonesia360derajat.wordpress.com



2. Si Kembar yang Mewujudkan Harapan

Yogyakarta pasti tidak asing lagi di telinga Travelovers kan? Budaya yang kental di Yogayakarta menjadikan setiap tempat wisata memiliki ceritanya sendiri dan salah satunya yang terkenal adalah pohon beringin kembar yang berada di Alun-alun Kidul Yogyakarta. Pohon beringin ini oleh masyarakat Yogyakarta memang dijadikan lokasi tempat pelaksanaan tradisi Masangin, yaitu berjalan di antara celah pohon beringin dengan mata tertutup. Mitos yang beredar adalah ketika orang bisa melewati pohon beingin itu dengan mata tertutup dan memiliki kebaikkan dalam dirinya, maka harapannya akan dikabulkan. Tim TRAVELXISM mencoba melakukan tradisi Masangin yang sudah cukup terkenal di kalangan travelers lho Travelovers! Ternyata tidak mudah! Setelah mata kami ditutup, ternyata seperti ada tembok besar yang menghalangi kami untuk maju. Oleh karena itu, hal tersebut membuat langkah kami tidak lurus untuk melewati kedua pohon tersebut! Terkadang kami jauh kearah sebelah kanan dari pohon, sebelah kiri maupun berputar-putar di area tersebut. Sulit juga ya Travelovers!


foto: www.kratonjogja.id



3. Warna Hijau dan Pantai Parangtritis

Masih di Yogyakarta mitos ini sangatlah terkenal di kalangan orang yang tinggal di Yogyakarta mengenai warna hijau dan Pantai Parangtritis. Mitos yang tersebar yaitu siapa pun yang menggunakan pakaian yang berwarna hijau bisa hilang diculik oleh Ratu Pantai Selatan. Menurut kabar, ini dikarenakan warna hijau merupakan warna kesukaan Ratu penjaga Pantai Selatan itu. Apalagi ditambah dengan berkata kasar di pantai tersebut. Namun dari segi ilmiah ternyata, ketika kita berenang di pantai selatan dengan baju warna hijau, maka kita sulit terlihat. Hal ini dikarenakan warna hijau tersebut hampir mirip dengan pantulan warna laut selatan. Jadi kalau terjadi apa-apa, kita akan sulit terlihat dan hilang.


foto: pusvitasari.com



4. Membantu Memiliki Keturunan

Kali ini datang dari Pulau Sulawesi, tepatnya di Sulawesi selatan, Kabupaten Luwu Timur. Ada sebuah mitos di salah satu air terjun disana yang bernama Air Terjun Mata Buntu. Disana, ketika orang datang mengunjungi air terjun Mata Buntu, maka orang tersebut akan segera mendapat keturunan. Mitos kesuburan ini sudah sangat terkenal sekali lho Travelovers. Selain bisa menikmati air terjun nan eksotik di kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, percaya tidak percaya mereka yang memiliki harapan mempunyai momongan akan tercapai ketika berkunjung kesini. Travelovers ingin mencobanya?


foto: twitter.com


Travelovers, percaya atau tidak, mitos-mitos yang ada di tempat wisata-wisata tersebut ternyata juga mendatangkan manfaat atau berkah positif bagi masyarakat setempat terutama dari sektor pariwisata. Banyak para turis dan travellers yang terkadang datang karena memang sudah mendengar tentang mitos-mitos dari destinasi yang sudah diuraikan oleh Tim TRAVELXISM diatas. Tidak sedikit juga yang datang karena memang ingin menikmati destinasi tersebut karena tertarik dengan keindahan alamnya. Namun, tidak bisa dipungkiri ternyata mitos juga bermanfaat ya! Bagaimana Travelovers? Travelovers ingin membuktikan mitos-mitos tersebut? Travelovers hanya perlu berkunjung ke destinasi tersebut! Jangan lupa tag kami ya!/Amorita/


#IkonPariwisata #Mitos #Travelovers #GunungSemeru #RanuKumbolo #TanjakanCinta #MitosWisatawa #Malang #SiKembar #yogyakarta #AlunalunKidul #RatuPantaiSelatan #AirTerjunMataBuntu #Sulawesi #LuwuTimur #MitosKesuburan #SulawesiSelata #Beringin #TradisiMasangin #PataiPrangtritis #WarnaHijau #VisitIndonesia #PesonaIndonesia #WonderfulInfonesia #infowisatasolo #infowisata #infopariwisataindonesia #Traveler #Travelxism #InfoTravelxism #TravelxismDotCom

0 views