UNIK, Suasana Ramadan di Masjid Jogokariyan


Sebagai negara dengan populasi umat muslim terbanyak di dunia, maka perayaan bulan suci Ramadan di Indonesia pasti semarak nih travelovers. Hampir setiap sudut negara ini turut meramaikan datangnya bulan suci umat muslim tersebut. Berbagai bazar dan pasar Ramadan juga hampir tidak pernah absen di berbagai wilayah. Pokoknya kalau di Indonesia travelovers tidak akan kesulitan untuk menemukan takjil. Apalagi di Yogyakarta, keberadaan kampung Ramadan sepertinya merupakan tradisi.


Nah, jika di tarik dari akar sejarahnya, Jogja tentu memiliki hubungan erat dengan salah satu golongan muslim terbesar kedua di Indonesia. Kota pelajar ini merupakan basis utama bagi Muhammadiyah. Sehingga tidak heran tradisi islam cukup kental di kota ini.

Kalau travelovers kebetulan sedang berkunjung ke Jogja pas waktu puasa, kalian tidak usah khawatir kelaparan. Sebab setiap sudut masjid di Yogykarta akan menyediakan menu berbuka puasa. Salah satu yang paling terkenal adalah Masjid Jogokariyan di Kampung Jogokariyan.


3000 Nasi Ludes Tiap Hari


Buka puasa gratis sepertinya sudah manjadi tradisi di semua masjid, tidak terkecuali Masjid Jogokariyan travelovers. Kalau di sini, uniknya porsi piring berbuka puasa sepertinya tidak pernah habis, sebab panitia masjid rutin menyediakan 3000 porsi menu buka puasa setiap harinya. Dan itu selalu ludes tidak tersisa. Sepertinya semua orang dari penjuru jogja mampir ke masjid ini ya travelovers.


Kalau travelovers penasaran untuk ikut berbuka puasa di sini, Travelxism sarankan kalian datang beberapa jam lebih awal dari waktu buka puasa. Karena kalau tidak kalian tidak akan kebagian tempat untuk duduk. Bahkan bisa tidak kebagian makanan juga. Akan banyak sekali kepala yang memenuhi jalan utama masjid.


Kampoeng Ramadan Jogokariyan


Nah travelovers, sebelum sampai di muka masjid, kalian akan dimanjakan dengan deretan tenda makanan yang ada di sepanjang kanan kiri jalan utama masjid. Bertajuk Kampoeng Ramadhan Jogokariyan (KRJ), deretan tenda tersebut menjual berbagai makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Berbagai jajanan dan takjil tersedia di sana. Mulai dari yang manis, gurih, sampai asin semua ada di sini. Jadi siap-siap kenyang ya travelovers karena tahun ini ada sekitar 360 tenda makanan yang turut memeriahkan KRJ.


Dan sekali lagi Travelxism ingatkan kalian untuk datang lebih awal supaya kalian lebih leluasa memilih makanan pembuka. Kalau travelovers datang mepet waktu berbuka dijamin kalian akan kesulitan mencari jalan karena akan sangat macet dan parkiran akan penuh. Lautan manusia di KRJ ini sungguh luar biasa travelovers. Sebab yang datang ke kampung tersebut bukan hanya mereka yang berpuasa saja, saking populernya Kampoeng Ramadhan Jogokariyan semua orang juga ingin menikmati suasana di sana. Jadi tidak heran kalau pengunjungnya membludak.


Ladang Perekonomian Warga


Ledakan pengunjung yang ada di Kampung Jogokariyan ini tentu tidak disia-siakan warga setempat. Ramadan memang membawa berkat bagi warga sekitar masjid. Keberadaan KRJ seketika menghidupkan perekonomian warga setempat. Banyak warga yang juga turut ikut berjualan makanan dan takjil. Beberapa dari warga juga memanfaatkan lahan kosong di sekitar masjid untuk lahan parkir, lumayan kan dapat uang juga travelovers. Jadi pengunjung yang datang juga merasa aman untuk berkunjung. Kendaraan aman, hati tenang.


Kehilangan Ditanggung Manajemen


Memang tidak banyak sih kasus kehilangan di masjid ya travelovers, tapi hati dan niat orang kan kita tidak ada yang tahu ya. Nah untuk masalah hilang kehilangan di area sekitar masjid, travelovers tidak usah khawatir sebab pihak manajemen masjid sudah pasti akan menggantinya. Sekalipun travelovers hanya kehilangan sandal saat berkunjung ke masjid, pasti akan diganti. Biasanya kan kasus paling sering kalau ke masjid kan kehilangan sandal ya travelovers hehe. Tapi, meski kehilangan dalam kategori mahal pun akan tetap diganti kok travelovers. Hal ini merupakan wujud dari pelayanan umat dari pihak manajemen. Jadi kalian tidak perlu khawatir kalau kehilangan, segera lapor, siapa tau pelakukanya ketemu jadi masjid tidak perlu mengganti. Lumayan dana ganti ruginya bisa dialokasikan untuk kepentingan lain.


Nah itu tadi keunikan dan keistimewaan Masjid Jogokariyan yang terletak di Jalan Jogokaryan No.36, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau travelovers kebetulan sedang melancong ke Jogja, sempatkan untuk singgah dan menikmati suasana Ramadan di Kampung Jogokariyan. Jadi, kapan ke Jogokariyan lagi?



#ramadan #ramadhan #puasa #yogyakarta #indonesia #asia #puasa #puasadijogja #jogja #kotajogja #masjidjogokariyan #kampungjogokariyan #wisatareligi #wisatakulinerramadan #kampoengramadhanjogokariyan #takjil #bukabersama #3000nasi #3000porsibuabersama #bukapuasadimasjid #bukapuasagratis #bukagratis #masjidunik #masjidunikjogja #unik #uniksuasanaramadan #uniksuasanaramadandimasjidjogokariyan #unikmasjidjogokariyan #travelovers #takjilhunter #berburutakjil #ramadanberkah #ramadankarem #inforamadan #infobukapuasa #infobukagratis #infopuasa #wisatakulinerjogokariyan #bazarkuliner #bazarkulinerjogokariyan #bazarramadan #wisatakulinerkampungjogokariyan #ramadanunik #ramadhanunik #bukapuasaunik #travelxism #travel #traveling #travelbloger #muslim #islam #kamuharustahu #viral #dolanjogja #wonderfuljogja #wonderfulindonesia #visitindonesia #visitjogja #infotravelxism #travelxismdotcom

0 views