Unik! Wisata 4G (Gunung Gentong Gedangsari Gunung Kidul)


Setelah lama tidak membahas tentang desa wisata, kali ini TRAVELXISM akan kembali membahas tentang desa wisata yang sedang happening di Yogyakarta nih travelovers. Desa wisata ini juga merupakan salah satu desa wisata terbaik menurut Kementerian Desa. Keren bukan?


Terletak di wiayah Gunung Kidul Yogyakarta desa wisata 4G merupakan wisata andalan. Terkenal sebagai kawasan yang gersang dan kering, membuat Gunung Kidul kini berinovasi membuat desa wisata yang dapat menarik wisatawan. Penasaran dengan Desa Wisata 4G? berikut ulasannya menurut TRAVELXISM.


Namanya Wisata 4G


Ikon wisata 4G

Foto: Travelingyuk/Bagas Yudhiswa

Nama 4G disini bukan singkatan dari fourth-generation technology dalam telepon seluler ya travelovers. Nama 4G ini merupakan penggalan abjad dari Gunung Gentong Gedhangsari Gunung Kidul. Nah, didalam singkatan itu kan ada awalan huruf G sebanyak 4 buah, jadi kalau digabung bisa menjadi 4G. Nama tersebut sengaja dipilih untuk memudahkan pengunjung mengingat-ingat lokasi wisata ini. Wah cukup eye catching ya travelovers.


Wisata di Atas Awan


Penampakan awan di puncak gunung

Foto: Ksmtour

Karena berada di kawasan Gunung Gentong, maka wisata di desa ini pastinya berada di atas ketinggian ya travelovers. Untuk bisa sampai di puncak Gunung Gentong hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja. Tidak terlalu jauh dan jalan menuju ke sana juga mudah.


Sampai di atas, pemandangan yang menakjubkan akan memanjakan mata setiap pengunjung. Sinar matahari yang berpadu dengan indahnya alam pegunungan menciptakan pemandangan yang spektakuler. Dan tidak lupa, karena berada di dataran atas, maka kabut di bawah terlihat begitu jelas, sehingga menciptkan kesan sedang berada di atas awan.


Bagi travelovers yang gemar berfoto, jangan kuatir kekurangan spot foto. Di puncak Gunung Gentong ini ada banyak sekali spot foto yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Ada perahu yang seolah dibuat melayang di atas awan, rumah terbalik, landasan pacu, dan masih banyak lagi. Travelovers hanya perlu menyediakan kamera dan memori saja ya travelovers.


Semburat Fajar Pagi


Semburat fajar di puncak 4G

Foto: Travelingyuk/Bagas Yudhiswa

Biasanya orang paling sering berburu matahari terbenam ya travelovers. Tapi kalau Desa Wisata 4G ini kalian bisa berburu matahari terbit di pagi hari. Semburat warna merah yang cantik dari ufuk timur akan menjadi pemandangn yang sayang untuk dilewatkan. Biasanya untuk menikmati indahnya fajar dipagi hari para wisatawan melakukan camping, sehingga saat membuka mata yang terlihat adalah pemandangan. Wah kebayang kan gimana bahagianya travelovers.


Nah, untuk lebih memanjakan wisatawan di lokasi wisata ini juga disediakan tempat untuk camping. Jadi kalau dirasa terlalu lelah untuk turun, travelovers bisa membangun tenda di atas gunung. Sembari menunggu fajar, kalian bisa menikmati gemerlap lampu kota nan jauh di bawah di malam hari.


Simbol Sejarah


Gentong bersejarah di kawasan dekat parkiran

Foto: Travelingyuk/Bagas Yudhiswa

Nah travelovers, saat berada di dekat area parkir kendaraan, kalian akan melihat sebah tugu yang memancarkan kilauan emas. Tugu itu berbentuk layaknya tempat pompa air tradisional dengan gentong atau tempat air tradisional berwarna emas. Konon, gentong itu merupakan padasan (wadah air digunakan untuk berwudlu) yang dilemparkan oleh Raden Patah kepada sang ayah, Prabu Brawijaya V yang sedang bersemedi di kawasan Gunung Gentong. Wah lemparnya pakai gentong emas ya travelovers.


Nah, sebagai informasi tambahan, Wisata Gunung Gentong ini merupakan salah satu wisata buatan yang sengaja dibuat oleh karang taruna guna mendapatkan pemasukan pariwisata. Sebelum menjadi kawasan wisata, Gunung Gentong merupakan gunung dan perbukitan biasa. Hingga kemudian karang taruna dan warga sekitar membuka jalan dan membangun fasislitas wisata di sana. Keren dan kreatif ya travelovers. Pariwisata Gunung Gentong ini sedang menuju kea arah pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism. Jadi, tunggu apa lagi, ayo kita berkunjung ke Desa 4G Gunung Kidul! /Ajeng/


#Desawisata #Gunungkidul #Yogyakarta #Indonesia #Wisata4G #Desawisata4G #DesaWisata4GGunungGentongGedangsariGunungKidul #GunungGentong #Wisataatasawan #WisataSejarah #WisataAlamGunungKidul #WisatagunungKidul #Traveling #ExploreGunungKidil #ExploreJogja #ExploreYogyakarta #VisitGunungKidul #VisitIndonesia #VisitYogyakarta #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #TravelingJogja #Travelovers #TravellJogja #TravelIndonesia #IndfoDesaWisata #Infowisatajogja #infowisatagunungkidul #travelgunungkidul #Gunung #Wisataalam #PuncakGedangsari #TravelingJogja #EksplorGunungkidul #Travelovers #Travellers #jejakwisata #Infotravelxism #Travelxism #Travelxismdotcom


125 views