Virus Corona Menyerang, 5 Negara Yang Menerapkan Lockdown

Tagar #LockdownIndonesia pernah menjadi trending di Indonesia. Banyak orang yang khawatir dan panik akan merebaknya virus korona ini. Namun hingga saat ini Indonesia masih belum menetapkan lockdown. Bagi Travelovers yang masih belum memahami apa itu lockdown, Travelxism akan menjelaskannya. Lockdown bisa dikatakan seperti karantina dimana orang tidak diperbolehkan untuk masuk atau meninggalkan sebuah bangunan atau kawasan dengan bebas karena alasan darurat. Lockdownini bisa diberlakukan untuk mengkarantina sebuah kota, provinsi, hingga sebuah negara.

Merebaknya Virus Corona (COVID-19) yang semakin meningkat ini membuat beberapa negara sudah menerapkan status lockdown di negara mereka untuk memperlambat dan menekan penyebaran virus ini. Negara-negara yang menerapkan lockdown memang negara-negara yang memiliki kasus virus corona yang tinggi. Negara mana saja yang sudah menerapkan status lockdown ini? Yuk, baca lebih lanjut.


1. China


China merupakan negara pertama dan juga menjadi pusat penyebaran virus corona. Lockdown pertama kali diterapkan di kota Wuhan, provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebaran virus corona (COVID-19) ini. Akan tetapi, menurut The Wall Street Journal, penyebaran virus corona yang tidak terkendali membuat China melakukan Lockdown setidaknya di 20 provinsi dan wilayah sekitar provinsi Hubei. China, menerapkan karantina terbesar dalam sejarah manusia untuk mengurangi penyebaran virus corona. Hal ini dikarenakan terdapat 80,860 kasus yang ditemukan di China, dan diketahui bahwa hampir setengah dari populasi China berada dalam karantina.


2. Italia


Italia merupakan merupakan negara kedua dengan kasus terbanyak setelah China. Menurut data dari John Hopkins University, terdapat 24,747 kasus positif virus corona. Melonjaknya kasus virus corona di Italia menyebabkan negara ini menerapkan lockdown di negaranya sejak 10 Maret 2020 lalu. Karantina besar-besaran ini berdampak pada perjalanan yang dibatasi, banyak sekolah dan kantor diliburkan, dan larangan pergi ke tempat umum. Tidak hanya itu, acara yang ramai pengunjung juga dibatasi. Saat ini Italia mendapatkan bantuan dari China dimana China telah mengirimkan tim dan peralatan medis ke Italia untuk membantu menangani pasien corona di negeri Menara Pisa tersebut.


3. Spanyol


Negara kedua di Eopa yang memiliki kasus Corona (COVID-19) terbanyak adalah Spanyol. Saat ini tercatat ada 7,845 kasus yang ada di spanyol. Maka karena itu spayol memutuskan untuk menerapkan lockdown pada negaranya untuk menekan penyebaran Virus Corona. Selama masa lockdown berlangsung, masyarakat dilarang meninggalkan rumah kecuali untuk membeli makanan, obat-obatan, pergi bekerja, ke rumah sakit atau untuk keadaan darurat. Liga spanyol juga ditunda selama dua pecan. Bukan hanya itu, beberapa jam setelah Perdana Menteri Spanyol mengumumkan lockdown, kabar tidak mengenakkan datang dari istrinya dimana istri beliau dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona


4. Norwegia


Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg, mengumumkan bahwa Norwegia akan melakukan lockdown pada negaranya. 1256 kasus akibat Virus Corona ditemukan di Norwegia. Hal ini membuat norwegia menutup instansi pendidikan hingga waktu yang tidak bisa ditentukan. Sedangkan, para pekerja yang bekerja di sektor pemerintahan maupun swasta disarankan untuk kerja dari rumah. Hanya pekerja di sektor kesehatan yang memang tidak memungkinkan untuk libur. Norwegia mulai melockdown negaranya sejak 12 Maret 2020 karena meningkatnya kasus Virus Corona di negara tersebut.


5. Filipina


Satu-satunya negara Asia Tenggara yang saat ini memberlakukan lockdown adalah Filipina. Saat ini terdapat 140 kasus yang ada di Filipina. Pada tanggal 15 Maret 2020, Filipina menerapkan lockdown di Kota Manila untuk mencegah Virus Corona menyebar lebih luas. Segala akses menuju manila ditangguhkan dan dijaga ketat untuk sementara waktu mulai dari akses masuk dari laut, darat dan udara. Sebanyak 12 juta warga Manila dilarang keluar rumah kecuali untuk bekerja, membeli kebutuhan pokok, atau berobat. Presiden Filipina juga mengumumkan akan menutup sekolah sementara dan melarang pertemuan yang dihadiri banyak orang.


Negara-negara ini merupakan negara-negara yang memberlakukan lockdown di negaranya demi menekan tingkat penyebaran virus corona. Virus corona yang sekarang menjadi topik yang sangat panas dan membuat panik seluruh warga dunia ini mampu membuat beberapa negara menjadi gelisah dan akhirya menerapkan status lockdown. Ada kemungkinan besar negara-negara yang akan menerapkan lockdown akan bertambah kedepannya. Tetap Jaga kesehatan dan patuhi perintah-perintah dari lembaga kesehatan ya Travelovers. Semoga Tuhan melindungi kita semua! /Amor/


#Lockdown #ItalyLockdown #ChinaLockdown #NorwayLockdown #SpainLockdown #PhilippinesLockdown #Coronavirus #Covid19 #staysafe #Viruscorona #GodBless #travelxism #travelovers #keepsafe #keeosafeTraveling #quaratine

0 views