Wisata Bahari, Kunci Ekonomi Negara Kepulauan



Travelovers, tau gak sih kalau Indonesia ini merupakan negara kepulauan yang sangat kaya. Tidak hanya kaya akan gugusan pulau, tapi Indonesia juga diberkahi dengan lautan yang luas. Hamparan biru itu mengelilingi hampir semua pulau di Indonesia.


Keberadaan lautan yang lebih dominan dibadingkan daratan tentu merupakan berkah yang tidak terhingga jika dapat dikelola dengan baik. Laut Indonesia tidak hanya menyimpan minyak yang bisa dieksploitasi dengan penuh tanggung jawab. Tapi, laut Indonesia juga menyimpan keindahan bawah laut dan ekosistem yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri.


Bukan hanya sekali TRAVELXISM menulis tentang laut dan potensi keluatan Indonesia. Banyak artikel sudah TRAVELXISM terbitkan tentang laut Indonesia. Tapi travelovers tahu ngga sih kenapa kita harus giat menggalakkan wisata bahari? Nah, kalau masih bingung, TRAVELXISM akan kasih ulasanya berikut ini.


Garis Laut Terpanjang Kedua


Garis Pantai Ngurtafur Maluku, Indonesia

foto: Referensi Wisata

Nah travelovers, menurut data Perum Perindo Indonesia, dari segi geografis, Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua setelah Kanada. Garis laut Indonesia kurang lebih sekitar 81.000 kilometer. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara kepuauan dengan luas lautan yang lebih dominan, yakni dua pertiga dari luas daratan. Wah sangat amat luas ya travelovers. Maka tidak heran jika banyak ramalan yang meramal bahwa Indonesia akan tenggelam oleh air laut. Semua sudut negara ini memang terdiri dari laut.


Panorama yang Menjual


Sajian panorama di Pantai Kanawa Flores

foto: Trover

Perairan Indonesia tidak hanya luas lho travelovers, tapi juga menjual dari segi panorama. Ini adalah modal utama bagi wisata bahari di Indonesia nih travelovers. Birunya air laut yang terkadang berwarna tosca yang dipadukan dengan cerahnya matahari tentu menambah nilai plus tersendiri. Perpaduan antara iklim dan pantai tropis dengan hamparan biru, tosca dan pasir putih semakin membuat lautan Indonesia menarik untuk dikunjungi. Hal ini juga yang kemudian dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.


Sejauh ini laut juga menjadi salah satu destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism yang dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar pantai. Beberapa warga di kepualaun Indonesia sengaja dipersiapkan untuk menjadi pemandu wisata dan membangun pondok penginapan untuk wisatawan yang datang. Dengan begitu mereka bisa mendapatkan tambahan penghasilan dan meningkatkan taraf hidupnya.


Surga Bawah Laut


keindahan bawah laut Raja Ampat, Papua

foto: Jalan Terus

Selain panorama permukaan laut yang indah, pemandangan bawah laut Indonesia juga tidak kalah menarik untuk dijelajahi. Kalau bab surga bawah laut, Indonesia punya segudang list yang mungkin tidak cukup menghabiskan waktu satu tahun untuk mengunjunginya. Beberapa destinasi bawah laut yang sering dikunjungi adalah Bunaken, Wakatobi, Raja Ampat, dan Gugusan Karimunjawa. Di samping itu masih banyak lagi yang lain, dan itu belum termasuk yang tersembuyi dan belum di-eksplore.


Dukungan Penduduk Indonesia


Dukungan warga Raja Ampat dalam pembukaan Festival Bahari Raja Ampat

foto: Pesona Travel Indonesia

Satu hal yang tidak kalah penting dari suksesnya wisata bahari Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism ini adalah warganya. Dukungan warga pesisir pantai akan program wisata bahari juga menjadi faktor utama kesuksesan. Meski telah menjadi terbuka dengan wisatawan, warga tetap konsisten dan berkomitmen untuk menjaga keasrian alam laut. Bahkan beberapa pariwisata berbasis masyarakat yang digalakan di pesisir pantai memberikan dampak yang positif. Tidak hanya warga setempat, namun wisatawan juga dapat belajar bagaimana cara menghargai, merawat, dan berteman dengan laut supaya hidup tetap seimbang, ekonomi berjalan, dan laut juga tetap terawat.


Maka dengan dua pertiga wilayah laut yang dimiliki Indonesia, tidak mustahil jika wisata bahari bisa menjadi salah satu penyokong ekonomi masyarakat pesisir pantai. Dengan menjadikan pantai sebagai salah satu destinasi pariwista berkelanjutan atau sustainable tourism, maka secara tidak langsung Indonesia sudah turut menjaga alam sembari berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Jadi, ayo ajak sanak keluarga, pacar, atau teman ke pantai yuk! /Ajeng/



#Bahari #WisataBahari #WisataBahariIndonesia #LautIndonesia #Pantai #Luat #Pesisir #PantaiIndonesia #PesisirIndonesia #GarisPantaiIndonesia #NegaraKepulauan #IndonesiaNegaraKepulauan #EkonomiMaritim #EkonomiBahari #PariwisataBahari #PantaiOraMaluku #RajaAmpatIndonesia #AmazingIndonesia #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #IndonesianOcean #BlueOceanIndonesia #TravelingkePantai #SustainableTourism #OceanAsSustainableTourism #VisitIndonesia #DivinginIndonesia #SnorkelingIndonesia #TravelIndonesia #TravelingIndonesia #Travelovers #Travelgram #Travelling #Traveler #infowisata #InfowisatalautIndonesia #Indonesia #Maluku #Papua #Bali #VisitIndonesia #CometoIndonesia #Travelxism #InfoTravelxism #TravelxismDotCom

0 views